Ulasan Mantap Melaju dengan Enam Akun Baru Bank Danamon



Mantap melaju? Dua kata tersebut sedang digadang-gadang oleh salah satu bank swasta di Indonesia yang beberapa hari lalu berulang tahun ke -60. Siapakah dia? Tepat sekali! Bank yang mendapatkan penghargaan "Best Mobile Banking Project in Indonesia tahun 2015" dalam event " The Asian Banker Technology Implementation"  memantapkan performanya dengan cara semakin mendakat kepada para nasabahnya melalui media sosial (medsos)



Inilah yang hendak dikemukakan oleh bank yang memiliki 1901 kantor cabang (tahun 2015) di Indonesia, di acara nangkring kompasiana pada tanggal 1 Oktober 2016. Melalui perwakilan Bank Danamon, yaitu Toni Darusman dan Gandhy Inderayana, menginformasikan media sosial baru untuk terus #mantapmelaju. Medsos tersebut adalah akun twitter. Berikut medsos yang dimaksud:
a. @danamon
b. @mydanamon
c. @kartudanamon
d. @danamonDSP
e. @HelloDanamon
f. @danamonbiz

Bagaimana dengan medsos lain, misalnya linkedin, instagram dan facebook? Bank Danamon memilikinya jua. Harapan dengan adanya medsos tersebut, kedekatan dengan nasabah semakin terjalin. Informasi terbaru akan mudah didapatkan. Tak hanya itu, keluhan dari nasabah akan cepat terselesaikan dengan memberikan solusi terbaik.


Namun, terbetiklah pertanyaan yang amat mendasar: 
1. apakah tidak ada risiko dikemudian hari? Sebab dengan kemudahan akses internet, maka memudahkan pula adanya kejahatan cyber. Contohnya saja adalah, munculnya virus atau spam, skimming hingga bobolnya data nasabah.   
Danamon menjawab: kemungkinan itu pasti ada, dan danamon sudah siap dengan risiko tersebut.

2. cara apakah yang digunakan oleh bank yang memiliki gedung baru di Rasuna Said ini untuk meminimalisir hal tersebut?
Sebagaimana yang saya kutip dari website resmi danamon (www.danamonline.com) kemudian saya rangkum menjadi enam cara yaitu, dengan: 
a. Buatlah Password yang tidak mudah ditebak tetapi gampang diingat dan lakukan perubahan Password secara berkala.
b. Jangan tinggalkan komputer saat Login ke situs Danamon Online Banking dan selalu tekan Logout jika sudah selesai menggunakan.
c. Tolak layanan simpan otomatis User ID dan Password pada saat browser internet menawarkan penyimpanan otomatis.
d. Biasakan untuk menghapus browser cache dan history setiap selesai bertransaksi menggunakan Danamon Online Banking, terutama pada komputer milik bersama (bukan komputer milik pribadi).
e. Lindungi komputer dari virus dan program berbahaya lainnya.
f. Segera beritahukan melalui Hello Danamon (twitter : @HelloDanamon atau 1-500-090) jika terdapat masalah atau sesuatu yang mencurigakan.

Demikianlah ulasan dari saya. Mudah-mudahan bersama #mantapmelaju dapat mempermudah masyarakat dalam mengaplikasikan kegiatan perbankan sehari-hari, tanpa disertai rasa was-was. 
Terima kasih.

Tulisan ini ada di blog saya di Kompasiana


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 strategi menghindari resiko mata kering

Serunya Back to school with home credit Indonesia

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi

[ blog review ] Film anak Indonesia terbaru "koki-koki cilik"

Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan