[ blog review ] nobar film '5', Pancasila menurut pandanganku

Dok. Google image

Sejak dari sekolah SD kebanyakan dari kita Sudah diperkenalkan dengan Pancasila yang berisi 5 dasar, ditetapkan bukan hanya sebagai lambang negara akan tetapi sebagai panduan tatanan bernegara. Hal ini dikarenakan Indonesia terdiri dari banyak Agama, suku-suku, pulau-pulau, dan adat tradisi di masing masing daerah.

Lambang pancasila yang disandingkan dengan burung garuda mempunyai makna yang dalam. Burung dapat diartikan sebagai makhluk Tuhan yang bebas terbang kemanapun tanpa batas, seperti rakyat Indonesia yang merdeka karena sebelumnya dijajah oleh beberapa negara. Pancasila yang asli kata adalah panca yang artinya '5' dan Sila yang artinya 'dasar'.
Berikut isi Pancasila.

1. Ketuhanan yang maha Esa.
 
Indonesia terdiri dari beberapa agama seperti Islam, Katholik, Protestan, Hindu dan Budha yang walaupun banyak perbedaan akan tetapi tetap mengacu pada Tuhan yang maha Esa sesuai dengan ajaran agama yang diikuti. Dapat kita lihat pada film '5' dimana saat ibu Maryam wafat, anak - anaknya yang berbeda agama dapat bersatu dalam menguburkan jasad ibunya dengan doa cara Islam dan Kristen sehingga tidak ada yang tersakiti.

2. Kemanusiaan yang adil dan                    beradab

Apakah kita sudah berbuat adil kepada orang lain?? Banyak dari kita sering lupa bahwa tidak hanya orang lain yang harus adil pada kita akan tetapi kitapun harus berbuat adil pada orang lain tentunya dengan cara yang beradab bukan biadab seperti yang dilihat Adi salah satu tokoh dalam film '5' seorang lelaki yang kedapatan mencuri buku dipukuli dan biadabnya dibakar hidup - hidup, hal ini sering terjadi dalam kehidupan kita, karena sedikit perbedaan pendapat, merasa diri benar lalu berbuat anarkis, mudah-mudahan kedepannya apabila menemukan hal seperti ini akan lebih baik jika kita serahkan pada yang berwajib.

3. Persatuan Indonesia

Kita dapat melihat indahnya persatuan dalam banyak hal seperti pekerja Indonesia diluar negeri yang di vonis hukuman mati kita ramai - ramai mendukung saudara kita untuk dibebaskan. Lain lagi dengan olah raga seperti perhelatan Bulutangkis yang sering mengharumkan nama Indonesia, lalu olympiade, dan yang akan segera berlangsung yaitu Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang yang akan didukung oleh seluruh rakyat Indonesia.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh            hikmah kebijaksanaan dalam                permusyawaratan perwakilan

Banyak demonstrasi karena ketidak puasan dengan kebijakan yang dibuat oleh pemimpin yang dirasa kurang bijaksana akan tetapi ada baiknya jika hal ini dapat dibicarakan dengan duduk bersama untuk menyimpulkan hikmah yang baik.

5. Keadilan sosial bagi seluruh                  rakyat Indonesia.

Dalam film '5' hal ini dapat kita lihat dimana fara yang ditekan atasannya agar memasukkan Andre asli pribumi namun prestasi belum mumpuni sedangkan disisi lain ia memperjuangkan Kevin yang kebetulan berdarah tionghoa dengan prestasi baik untuk ikut kejuaraan dengan konsekuensi fara dipecat. Tapi keadilan selalu ada dihati semua orang, fara dipanggil untuk masuk Pelatnas melatih renang Kevin dan Andre untuk membawa nama Indonesia di Asian games.



Film '5' produksi Lola Amaria dengan 5 tokoh utamanya yaitu: ibu Maryam, Fara, Aryo, Adi dan bi Ijah yang disponsori oleh shopbackid ini https://m.shopback.co.id/, kita dapat memetik hikmahnya bahwa kehidupan kita tidak jauh dari tatanan pancasila yang dibuat oleh pendahulu kita. Dengan 5 dasar ini seharusnya seluruh rakyat Indonesia menerapkan dalam kehidupan Berkemasyarakatan, keluarga, dan bernegara.
Akan tetapi masihkah kita menerapkan Pancasila dalam kehidupan pribadi kita??
Kenyataannya  banyak diantara kita yang lupa dengan pancasila.

Pancasila sebagai dasar pemersatu rakyat Indonesia yang diperjuangkan dengan darah dan air mata oleh pejuang pendahulu kita. Marilah kita terapkan dalam kehidupan keseharian dilingkungan sosial kita jangan sampai perjuangan para pahlawan menjadi sia sia, ya walaupun masih terlihat beberapa orang memaksakan kehendak kepada orang lain.

Ayo mulai dari lingkungan keluarga kita sendiri untuk menerapkan pancasila yang masih eksis mengikuti zaman, Sebenarnya dengan memahami pancasila kita dapat hidup rukun, aman, dan tenteram baik itu beragama, berkemanusiaan, dan berkeadilan semua menyatu dalam Pancasila dengan semboyan bhineka tunggal ika yang walaupun berbeda-beda tapi satu jua.

Komentar

Vita Pusvitasari mengatakan…
Pancasila dan bhinekka tunggal ika persatu bangsa ya mbak em ��
Fenni Bungsu mengatakan…
Mudah-mudahan melalui film Lima ini, dapat membuka pikiran kita untuk bisa lebih baik dalam hubungan bermasyarakat dan keluarga
Risma Aksara mengatakan…
Wah, filmnya ternyata bagus dan menginspirasi anak zaman now ya mbak. Semoga bisa menonton film ini supaya rasa penasarannya hilang..
Inka Amalia mengatakan…
Filmnya bagus ya mba, anak zaman now kayaknya gak ada rasa pancasila nya pisan ya. Ditanyain sila ke tiga aja mungkin pada gak tau, karena udah terlalu cinta dengan kebarat-baratan. Thanks ya mba sharing nya
Emma Malika mengatakan…
Ini penting adik, harus ada nilai nilai pancasila dimanapun kita berada agar bisa saling menghargai
Emma Malika mengatakan…
Iya udah tayang dibioskop seluruh Indonesia, cepetan biar hilang rasa penasarannya
Emma Malika mengatakan…
Karena guru gurunya belum mengingatkan siswanya dengan berkesinambungan.semoga dengan film ini bangkit lagi rasa pancasilanya.
Indri mengatakan…
Jarang bgt ada film edukasi ttg Dasar negara kita, semoga para orangtua antusias untuk mengajak anak-anak menonton film ini
ade uny mengatakan…
semangat pancasilaaa.... terakhir nonton film yang tema begini Indonesia tanah surga katanya.. itu dibikin nangis sesenggukan.. kayaknya film 5 ini juga bakalan begitu .. tiap nonton beginian selalu merinding dengan semangat semangat nasionalisnya
Mporatne mengatakan…
Mpo hapal pancasila. Initial unik sekali tulisannya. Butir butir pancasila di masukan dalam cerita fim
Ade UFi mengatakan…
Utk poin 1 ketuhanan yg maha esa.. cerita yg diambil lewat cara menguburkan mayit. Jadi penasaran penguburannya pakai cara agama apa dan yg menjadi kesatuan itu bagaimana. Poin 1 itu sara banget ya. Karena kalau salah penyampaiannya bisa fatal akibatya buat yg nonton.
Yayah_R mengatakan…
Memang sepertinya nilai-nilai luhur Pancasila mulai hilang dari masyarakat kita. Semoga dengan film ini ada sedikit pengingat buat kita untuk kembali menghidupkan Pancasila dalam kehidupan kita bermasyarakat dan bernegara.
Firsty Ukhti Molyndi mengatakan…
Pancasila menyatukan rakyat Indonesia dengan berbagai macam latar belakang ya mbak? Bagus sih isi pesannya yg terkandung dlm film ini. ^^
Elva susanti mengatakan…
Saya pun sedih melihat aksi kekejaman yang masih terjadi saat sekarang ini mbak yang mana hal itu tercermin dari aksi yg dilihat tokoh Adi. Moga ank bangsa tergerak hatinya untuk dapat menerapkan pancasila dalam kehidupan sehari2
Antin Aprianti mengatakan…
Sepertinya film LIMA ini bagus ya, duh saya belum sempat nonton.
Natra rahmani salim mengatakan…
Aku jadi kepengen nonton film ini. Jarang film indonesia yang mengangkat tentang pancasila. Indonesia memamg indah dan beragam ya.
CatatanRia mengatakan…
Hidupp pancasila. Semoga film ini bisa menginspirasi kita dan generasi muda untuk selalu ingat dengan pancasila. Pengen bisa nonton juga
Pancasila harga mati, jgn sampai ada yang obrak-abrik. Btw sayang review filmnya gak dituliskan mbak, maksudku plotnya kyk gmn, yaaa bocoran2 dikit lha hehehe, pdhl ku penasaran lho sama jalan ceritanya hehe :D
Windah mengatakan…
Pengen nonton karena banyak banget yang sharing dan pro kontra sama film ini. Pengen buktiin sendiri apakah aku ada di tim pro atau kontra. Tapi kalo liat sutradaranya sih udah ketebak kalo film ini keren banget
VHAranie mengatakan…
wah ini nih, film yang bikin aku penasaran.. udah banyak banget yang bilang film LIMA ini pasti penuh dengan pro dan kontra! tapi yang pasti sih, PANCASILA HARGA MATI! merdekaaaa
Anisa Deasty Malela mengatakan…
Pancasila merupakan ideologi Indonesia, semoga tetap terjaga dan generasi muda Indonesia bisa memjaga kemurnian Pancasila. Ga sempat nonton film ini :(
Azzura Lhi mengatakan…
Tema yang diangkat di film ini menurutku bagus banget. Pas dengan situasi kita saat ini yang perlahan kehilangan ruh pancasila itu sendiri.
titi mengatakan…
jadi pnasarn niii banyak banget tmn2 yg posting udh mmton film ini. kok kyanya keren ya
Wian mengatakan…
Pelajaran mengenai pancasil ini penting banget mengingat neberapa kasus kemarin rasanya kurang pemahaman mengenai pancasila.
ruziana ina mengatakan…
pancasila
waktu SD dihapal banget beserta nilai nilai yang terkandung di dalamnya
begitu juga di SMP dan SMA
bener-bener direcoki tentang pancasila
tp sekarang saya melihat anak-anak kurang paham ya
apa karena pelajaran PMP ga ada lg ?

Postingan populer dari blog ini

7 strategi menghindari resiko mata kering

Serunya Back to school with home credit Indonesia

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi

[ blog review ] Film anak Indonesia terbaru "koki-koki cilik"

Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan