3 Cara inspiratif versi saya untuk Menjaga Lingkungan Hidup

Menjaga lingkungan hidup agar tetap lestari adalah dengan cara melakukan hal terkecil sekalipun yang tentu bermanfaat besar nantinya. Hal ini menjadi penting karena mengingat bumi yang kita diami ini sudah tua, belum lagi polusi udara yang kian memburuk dan yang terparahnya ialah masih enggannya kita untuk peduli akan lingkungan sekitar kita.

Jika hal ini dibiarkan, maka dampak buruk yang akan kita rasakan dikemudian hari seperti gunung es yang apabila mencair maka akan melumatkan apa saja yang dilewatinya. Selain itu kualitas udara yang kita hirup sudah mengandung polutan yang dapat menghancurkan kehidupan indah kita duh duh ngeri banget ya. 

Emma-3 Cara inspiratif versi saya untuk Menjaga Lingkungan Hidup
Design by Emma 

Dampak buruknya adalah kian banyaknya orang yang menderita sakit hingga berujung kematian, belum lagi gelombang panas bumi yang sudah dirasakan di beberapa negara luar atau cuaca ekstrim dingin yang hingga membawa ajal pada manusia dan juga hewan. 

Untuk mencegah semua hal buruk itu terjadi maka bersama kita melakukan upaya untuk bergerak dan berdaya menjaga lingkungan hidup, misalnya saja kita mulai dari keluarga kecil kita dengan cara membuang sampah pada tempatnya, naik kendaraan umum, membawa tempat minum sendiri dan mengurangi pemakaian plastik.

Kita dapat melihat fakta dan kondisi terkini tentang lingkungan di Indonesia dengan kualitas udara yang sudah memprihatinkan. Bila kita lihat dari ketinggian maka terlihatlah kota Jakarta yang kita huni ini seperti diselimuti oleh kabut. Akan tetapi jangan salah hal tersebut adalah polusi udara yang tidak baik untuk kesehatan kita. 

Emma-i3 Cara inspiratif versi saya untuk Menjaga Lingkungan Hidup
Pic by Emma 

Inilah cara untuk meminimalisir dampak darii emisi karbon pada perubahan iklim terhadap lingkungan. 

Setelah kita mengetahui kualitas udara Jakarta Lalu langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dampak tersebut? Untuk mengurangi dampak perubahan iklim yang telah terjadi ini, maka kita dapat merubahnya dengan cara berperilaku yang baik pada semesta dalam menjaga alam diantaranya adalah:

1. Kurangi penebangan pohon yang berlebihan karena hutan adalah paru-paru bumi yang harus kita lindungi dan juga sebagai penyeimbang alam agar tetap terjaga.

2. Jangan melakukan pembalakan hutan secara brutal ataupun pembakaran hanya karena untuk membuka lahan, selain asap pembakaran yang tidak baik untuk pernafasan juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, dan lebih buruknya ialah apabila hujan turun maka akan terjadi banjir serta tanah longsor.

3. Cek secara berkala gas emisi buangan kendaraan pribadi maupun angkutang umum yang sesuai dengan peraturan pemerintah.

4. Usahakan mengikuti anjuran pemerintah daerah untuk menggunakan moda transportasi yang telah disediakan, hal ini baik untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara. Selain itu juga jalan kaki maupun menaiki tangga membuat tubuh kita bergerak dan ini baik untuk kesehatan tubuh kita.

5. Jaga kebersihan lingkungan, buanglah sampah pada tempatnya dan kurangi penggunaan plastik dilingkungan rumah tangga karena sulitnya mengurai sampah limbah plastik.

Emma-3 Cara inspiratif versi saya untuk Menjaga Lingkungan Hidup
Salah satu moda transportasi umum, pic by Emma 

Sedangkan untuk tindakan nyata apa yang dilakukan untuk mewujudkan bumi berdaya dan pulih lebih kuat versi saya adalah seperti, melakukan penghijauan dengan menanami pohon secara berkala, mengurangi pemakaian air secara berlebih-lebihan dan tidak melakukan pembakaran baik sampah maupun lahan.

Apabila saya memiliki kesempatan untuk membuat kebijakan dalam menjaga alam yang bertujuan untuk mengurangi mitigasi risiko perubahan iklim ini. Tentunya saya akan berbuat yang terbaik untuk semuanya hingga membuat orang lain setidaknya memahami bahwa ini untuk kebaikan bersama.

Maka inilah kira-kira kebijakan versi saya yang akan saya terapkan.

1. Berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait untuk membatasi pemakaian bahan bakar kendaraan dan menyerukan agar memilih bahan bakar kendaraan yang lebih ramah lingkungan, minim polusi dengan harga terjangkau.

2. Secara intens dan lebih dekat segera melakukan program bergerak dan berdaya bersama dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga alam untuk generasi selanjutnya.

3. Menggunakan media sosial yang kita miliki untuk lebih menyebar luaskan pentingnya menjaga kelestarian alam, dalam hal ini kolaborasi yang intensif antara pihak swasta, masyarakat dan tentu saja dukungan pemerintah dengan cara yang inspiratif.

Bila kita #BersamaBergerakBerdaya #UntukmuBumiku maka tidak ada yang mustahil akan terjaganya alam untuk lebih lestari dan ini dapat kita lakukan dari lingkungan terkecil dirumah kita sendiri. Pemerintah dengan kebijakan yang telah dibuatnya tidak dapat bekerja sendiri, disinilah perlunya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat.

Setiap masalah pasti ada solusinya, yang diharapkan sebagai masyarakat tentunya adalah kita mengikuti anjuran dan kebijakan pemerintah secara bijaksana. Itulah ulasan saya mengenai3 Cara inspiratif versi saya untuk menjaga Lingkungan Hidup, nah kalau versi kalian apa nih? Boleh dong tulis di kolom komentar ya!” 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 strategi menghindari resiko mata kering

Serunya Back to school with home credit Indonesia

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi

[ blog review ] Film anak Indonesia terbaru "koki-koki cilik"

Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan