Bagaimana Cara Agar Tidak Lemas Saat Berpuasa, Cobalah 8 Tips Ini

Marhaban yaa Ramadhan..Bahagia banget ya ketika bulan ramadhan tiba, semua umat muslim seluruh dunia menyambutnya dengan limpahan doa dan harapan, termasuk diriku tentunya. Banyak hal yang ingin di lakukan ketika bulan puasa tiba nanti, ingin membuat ini atau memasak itu terutama saat puasa Hari Pertama tiba hmm rempong deh yaa..


Tapi memang sebagai ibu membuat hidangan istimewa saat puasa hari pertama tiba mempunyai kebahagiaan tersendiri lho, karena setiap anggota keluarga mempunyai makanan favoritnya masing-masing. Disaat seperti inilah manajemen waktu untuk seorang ibu harus di gunakan sebaik-baiknya. Inii semua di karenakan perubahan jam makan.


bukan hanya mengenai makanan akan tetapi perlengkapan untuk beribadah saat bulan puasa seperti salat tarawih pun  juga sangat diperhatikan, ini karena nggak mau dong kalau kita memakai alat ibadah yang sudah kotor kebersihan pada perlengkapan ibadah sangat perlu diperhatikan terutama mukena dan sajadah nya, apalagi virus-virus bertebaran yang bisa mengganggu kesehatan kita dan keluarga.


Berpuasa, lemas, 8 tips,
Design canva by emma


Nah untuk asupan nutrisi seperti sayur, buah dan vitamin pada saat bulan puasa, hal ini sangat penting untuk jadi perhatian lebih agar aktivitas saya, suami dan anak-anak tetap lancar, aduh jangan sampai lemes-lemes deh iya kaan. Untuk ini saya ada beberapa tips agar menu makanan sahur yang kita santap menjadikan kita tidak lemas ataupun loyo di siang hari.


8 TIPS AGAR TIDAK TERLALU MERASA LEMAS ATAUPUN LOYO DI SIANG HARI SAAT BERPUASA


1. Usahakan santap sahur tidak dengan ikan asin, karena kandungan kadar garam pada ikan asin membuat kita lebih haus di siang hari saat kita berpuasa. Kalaupun ingin santap sahur makan ikan, maka makanlah selain ikan asin ya


2. Saat santap sahur usahakan jangan terlalu banyak mengkonsumsi sambal apalagi yang sangat pedas, karena efek samping dari pedasnya sambal membuat tenggorokan kita kering saat berpuasa di siang hari selain itu dapat mengganggu pencernaan. Belum lagi bila makan terlalu pedas akan membuat mulut dan lidah seperti terbakar hal ini dapat memicu timbulnya sariawan ataupun bibir pecah-pecah.


3. Jauhi makanan ataupun minuman manis saat sahur misalnya kolak, sirup ataupun teh manis. Hal ini berakibat siang harinya kita merasa sangat haus dan ini membuat kita lemas.


4. Perbanyak Makan sayur saat santap sahur  terutama sayur bening, di kukus ataupun sayur yang di lalap, hal ini baik sekali di lakukan karena baik untuk pencernaan kita selain itu kandungan air pada sayur membuat kita tetap bugar sekalipun sedang berpuasa.


5. Makanlah banyak buah-buahan karena sama seperti sayur buah-buahan pun menyimpan kadar air maupun Karbo yang baik untuk tubuh kita saat sedang berpuasa.


6. Olahraga ringan di pagi hari pun baik di lakukan, tidak perlu dengan menggebu tapi olahraga santai saja  seperti senam ringan, naik dan turun tangga beberapa saat ataupun jalan santai sekitaran rumah kita, dan semua itu tidak perlu di lakukan terlalu lama cukup sekitar 10-15 menit saja.


7. Minum vitamin atau susu, ini juga membantu kita agar tetap bugar dan jauh-jauh dari lemes dan loyo.


8. Cukup minum air putih, maksudnya tidak hanya seperti yang dianjurkan medis yaitu 8 gelas akan tetapi cukup untuk tubuh kita jadi lebih dari 8 gelas masih oke yang penting tidak berlebihan ya, air putih ini dapat menjaga kita agar siang hari kita tetap terhidrasi dengan baik.


Inilah 8 tips agar tidak terlalu merasa lemas ataupun loyo ketika menjalani ibadah puasa di siang hari, Setiap diri ataupun keluarga mengharapkan ibadah Ramadhan lancar kesehatan pun terjaga dengan baik, Nah semua yang saya paparkan berdasarkan pengalaman pribadi saya, jika berkenan silahkan di coba lho, semoga bermanfaat ya atau jika kalian ada masukan yang baik boleh di tambahkan di kolom komentar ya














Komentar

Unknown mengatakan…
Sip sippp
Tipsnya siap dipraktekin mba
Yg terpenting kita memang kudu bener2 NIAT ya.
Supaya ALLAH beri kekuatan dan berkah.

nurul bukanbocahbiasa(dot)com
laila dzuhria mengatakan…
Wah aku perlu pakai tipsnya nih. Soalnya yg dulu2 klo puasa pas siang hari selalu lemes dan tidak bersemangat. Keinget sih klo sahur kdg suka makan sisaan buka yg kmrnnya, spt kolak. Mungkin ini yg bikin lemas. Th ini harus ikuti tips di atas ah biar puasa tetap bersemangat.
Suci mengatakan…
Jangan banyak tidur atau rebahan biar ngga lemes. Banyakin mengerjakan aktifitas ringan. tidur siang secukupnya mudah2an puasanya gas pol sampe berbuka ya mbk hehe
Selamat menjalankan ibadah puasa
trlitha11 (lithaetr) mengatakan…
Mohon maaf lahir dan batin ya kakak. Semoga ibadah puasa tahun ini diberikan kemudahan saat menjalankannya dan bisa mendapatkan pahala yang berlimpah, aamiin
Handiko Rahman Pebrianto mengatakan…
Thank you tipsnya bermanfaat banget, baru tahu loh ternyata sahur nggak boleh makan/minum manis karena bikin haus pas paginya
juliapasca mengatakan…
Baru tahu saya mbak untuk tidak makan ikan asin dan sambel saat sahur. Ok noted! Untuk tips lainnya masih aman dan harus dipraktekkan ini. Thankiss ya mbak
Fenni Bungsu mengatakan…
Tadi daku sahur pakai ikan kak.
Bukan ikan asin memang. Semoga puasa kita di bulan Ramadhan lancar dan berkah ya kak
Desi mengatakan…
waah tipsnya bermanfaat bgt nih kak, udah rencana mau buka pake buah2an saja, biar terhidrasi dengan baik, dan dapet segernya juga krn juga lg hot bgt
Wahid Priyono mengatakan…
Wawwwww, barusan aja semalem sahur makan peyek ikan teri, hahaha...asin sih, yaudah terlanjur. Baca artikel ini ternyata bermanfaat, dan ternyata rasa asin berlebih itu bisa bikin kita dahaga ya.
Nanik nara mengatakan…
yup, berpuasa jangan dijadikan alasan untuk menguragi aktivitas di siang hari. Dengan menerapkan tips tips di artikel ini, puasa lancar, aktivitas pun jalan terus tanpa kendala badan lemes
Maria G Soemitro mengatakan…
waaa.....yang dilarang itu yang enak enak banget

berbuka dengan yang manis2, sahur dengan ikan asin

(gak hanya sahur sih)

yang penting banyak minum air putih ya?
Annie Nugraha mengatakan…
Urusan haus tuh memang paling berpengaruh selama puasa ya. Mending kelaparan daripada kehausan menurut saya hahahaha. Dicatat nih trik-triknya. Terutama untuk saya yang penggemar ikan asin dan sambal hahahaha.
Malihadafi mengatakan…
Tips oke banget nih, apalagi aku baru tau ternyata makan ikan asin bisa pengaruh ya puasa bisa cepat lemas,kalo aku palingan bikin sayur timun aja paling simple
Okti Li mengatakan…
Ya ampun Mbak saya malah menu berbuka atau sahur itu tidak enak kalau ga ada ikan asin lalap dan sambal. Mungkin karena saya udah terbiasa kali ya. Semoga gak terlihat lemas meski emang setiap hari bawaannya rebahan mulu, hahaha
I'm Blogger mengatakan…
Betul kak, referensinya penting buat pembaca bagi yang sedang menjalankan Ramadhan agar puasa menjadi lancar dan diterima Illahi.
SHOVYA mengatakan…
Poin nomor satu bener banget kak, aku sering dikasih tau kalau sahur jangan makan makanan yg asin-asin gitu. Apalagi yang manis-manis, sangat ga sehat untuk tubuh. Biasanya aku harus cukup Karno, protein, serat dan air putih. By the way, Thanks tipsnya kak ❤️
Ice Cream mengatakan…
Wah,, nomor satu sampai tiga nggk bisa ketingglan kalau ada nih. Eh, sahur malam ini pakai sambal ikan asin,, siapsiap auto lemes kayaknya,, hehehe
Ainun mengatakan…
Kadang aku sendiri heran, misal pas sahur makna kenyang, ehh jam 7 merasa lapar. Padahal habis subuhan ditinggal tidur beberapa jam aja
Minum air putih yang banyak perlu juga ini, cuman kadang aku ga sampe segelas penuh
Rafahlevi mengatakan…
Aku tim gak suka olahraga apalagi puasa ngebayanginnya aaduduh kaya bakalan cape banget keluar energi. Tapi di tips nongol olahraga... mindsetku kudu di restart ini mah kayanya hehehe
Fionaz mengatakan…
Duh aq masih belum bisa menghindari minum teh manis saat sahur, bawaannya kalo gak minum teh manis hangat tuh kayak mual gitu mbak. Sepertinya pelan2 harus dibiasakan minum air putih aja ya
Lia Yuliani mengatakan…
Terima kasih tipsnya Mba, kadang emang suka lemes bawaan puasa. Mungkin pas sahur mesti dibetulin lagi menu makanan dan minumannya.
fanny_dcatqueen mengatakan…
Berasa banget memang kalo sahur pakai menu pedas, pasti tenggorokan cepet kering siangnya. Akupun menghindari yg pedas kalo sahur mba. Banyakin air putih juga pasti nya biar ga batuk. Dan daripada yg manis2, akupun lebih milih madu pas baru bangun tidur, sebelum sahur. Ngerasa aja jadi ga terlalu lemas kalo minum madu.