5 HIKMAH YANG DAPAT DI PETIK KETIKA PUASA SAAT PANDEMI

Pandemi sekarang Alhamdulillah sudah benar-benar melandai akan tetapi belum hilang sepenuhnya, ini membuat kita harus tetap waspada dengan menjaga kesehatan diri dan keluarga. Teringat tahun lalu pandemi dengan dahsyat nya melanda dunia, aktivitas seperti untuk beribadah pun tidak di izinkan, yang merantau tidak dapat bertemu dengan kerabat keluarga. begitu memukul perasaan dan kebahagian.


Puasa saat Pandemi lebih banyak berdiam di rumah semua aktivitas di lakukan di rumah masing-masing, sedih memang karena seperti diriku yang biasa ada bukber alias buka bersama baik dengan keluarga besar maupun teman-teman jadi di tiadakan untuk sementara. Begitupun dengan sholat Tarling alias Tarawih keliling dan mendatangi pusat-pusat kajian ceramah untuk menyirami kalbu untuk mempertebal iman jadi hanya dapat dilakukan via zoom atau streaming.

Design Emma by canva


5 HIKMAH YANG DAPAT DI PETIK KETIKA PUASA SAAT PANDEMI


Puasa saat Pandemi tahun-tahun sebelumnya membawa hikmah besar bahwa kebebasan saat beribadah begitu penting. Menunggu adzan Maghrib bareng handai taulan itu luar biasa nikmatnya, Selain itu berburu takjil dengan aneka penganan menggugah selera tidak tampak, yang ada hanyalah rasa kekhawatiran akan kesehatan diri dan keluarga. Dari kejadian pandemi ini maka terdapat 5 hikmah yang dapat di petik puasa saat Pandemi ini yang dapat saya rangkum antara lain:


1. Ikatan kekerabatan baik dengan keluarga besar lingkungan kita tinggal dan bekerja maupun dengan teman-teman begitu sulit untuk kita jauhi karena memang manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang butuh keterikatan satu sama lain.


2. Hikmah yang kedua puasa saat pandemi adalah begitu kurang lengkapnya atau sangat berbeda ketika beribadah ataupun mendengar kajian islami dengan datang ke masjid secara langsung dengan hanya melalui televisi maupun streaming.


3. Kesehatan sangatlah mahal dan begitu berharga karena dapat menjauhkan kita dari kebersamaan baik dengan keluarga maupun teman-teman.


4. Menjaga Kebersihan tetaplah segalanya baik ketika puasa saat pandemi maupun tidak. Dan hikmah yang terakhir adalah


5. Selalu berdoa dan berharap tidak ada lagi virus atau apapun yang bisa membuat jadi pandemi di dunia terulang lagi, semoga aamiin


Mungkin masih banyak hikmah-hikmah lain yang tidak dapat saya sebutkan akan tetapi itu semua dapat menjadi pelajaran bahwa karena virus bisa merusak tatanan sosial kita  dalam bermasyarakat dan beragama. 


Tapi InsyaAllah puasa saat pandemi tahun 2022 ini sudah lebih baik kita sudah dapat melakukan ibadah bulan puasa hampir seperti dulu lagi, kayak berbuka bersama keluarga, berburu takjil kembali, beribadah di masjid dengan lebih maksimal. Semua Wajib kita syukuri dengan mengucap Alhamdulillah, Nah saya Emma dan keluarga  mengucapkan Selamat berpuasa bagi yang menjalankan semoga lancar hingga hari kemenangan tiba aamiinn yaa robbal alamiinnn.

5 komentar

Diah Agustina mengatakan…
sudah tiga kali puasa dengan keadaan pandemi ya mbak, alhamdulillah di tahun ini lebih longgar daripada tahun sebelumnya. tapi tetap ya harus memperhatikan prokes
Sapa Dunia mengatakan…
Challange banget dua kali puasa pas pandemi, saya taraweh imaman sama anak lanang.
www.grandysofia.com mengatakan…
Insya Allah kita dapat melewati puasa di masa pandemi ini ya. Memang kondisi pandemi ini membuat sedih kalau harus berjauhan sama keluarga dan dibatasi kalo mau berkumpul atau ngerasa ngga sebebas dulu
Susi Susindra mengatakan…
Puasa di masa pandemi terasa tidak sama jika dibandingkan dengan puasa sebelum-sebelumnya. Dan ada yang selalu harus disyukuri.
kataresi mengatakan…
Alhamdulilah banyak hikmah dibalik puasa di bulan pandemi. Semoga smakin banyak jg pahalanya ya. Aamiin.
Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *