5 Tips Cara Berinvestasi, No 2 Prioritaskan

5 Tips Cara Berinvestasi, No 2 Prioritaskan 

    
Mengatur keuangan di masa pandemi tidaklah mudah apalagi kejadian tidak terduga, kemungkinan apapun bisa saja terjadi. Banyak hal baik dan hal tidak baik di masa Sekarang, hal baik misalnya kita bekerja dari rumah jadi bisa lebih irit pengeluaran dan mungkin saat yang tepat untuk berinvestasi, sedangkan kurang baiknya juga ada seperti kita tidak dapat silarurahmi baik dengan teman maupun keluarga besar.

5tipscaraberinvestasi,no2prioritaskan
Lokasi, gedung fatahillah


Keuangan di masa pandemi, tentunya jadi lebih terkontrol dimana ada beberapa pos-pos keuangan kita yang jadi lebih aman. Misalnya saja seperti kulineran di tempat-tempat tertentu yang menjadi favorit keluarga atau teman sejawat tidak dapat dilakukan atau untuk sementara tidak melakukan kunjungan tempat wisata dan lain sebagainya yang biasa kita lakukan sebelum pandemi terjadi.

Pencatatan pos-pos keuangan di masa pandemi tetap perlu dilakukan agar kita tetap dapat mengetahui apakah pengeluaran kita tidak lebih besar dari pendapatan, soalnya gak asik kan kalau lebih besar pasak dari pada tiang jangan sampai ya😃

⁣⁣Lalu kepikiran gak sih dimasa pandemi seperti ini memikirkan investasi, rasanya agak gimana gitu ya.⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Lha wong lagi resesi, duit langka boro-boro mau investasi, tertutup saja untuk kebutuhan dapur sudah alhamdulillah kan? Tapi, Sebenarnya keadaan apapun investasi tetap harus menjadi fokus utama, kenapa begitu? Karena kita bisa melakukan investasi baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang yang tentunya dapat kita rasakan di kemudian hari.⁣⁣⁣⁣⁣⁣
⁣⁣⁣⁣⁣⁣
5tipscaraberinvestasi
Fantalk@homecredit
Nah bagaimana caranya? Tentunya dengan melihat Dari jumlah penghasilan kita dalam sebulan, lalu kurangi dengan pengeluaran sebulan, bayar hutang jika berhutang, sisihkan untuk dana darurat dan sisihkan juga untuk investasi meskipun hanya sedikit.
⁣⁣⁣⁣⁣⁣
, fan talk
Sekarang, Investasi apa yang cocok? Tentunya di sesuaikan dengan budget dan yang tentunya investasi yang dapat kita pahami, dengan begini gak ada alasan lagi dong untuk tidak berinvestasi. Fan talk seru ini ada di IG live Rabu 2 September 2020 jam 19.00 wib di IG @homecreditid dengan narasumber Dipa Andika.⁣⁣

Melawati masa pandemi ini tidaklah mudah tapi jalan keluar selalu ada. Maka dari penjelasan diatas ada beberapa kesimpulan yang dapat menjadi tips menarik bahwa,

1. Masa pandemi belum berakhir tapi Pencatatan pos-pos tentang pendapatan dan pos-pos pengeluaran tetap penting, paling tidak kita mengerti bagaimana alur keuangan kita.

2. Penting dilakukan Kalau bisa bayar hutang dan membuatnya menjadi nol adalah fokus utama.

3. Tetap sisihkan sedikit untuk investasi karena kita tidak dapat menebak apa yang kelak akan terjadi di kemudian hari.

4. Teliti dan pahami apa yang menjadi tujuan dan keinginan kita dalam berinvestasi termasuk kredibilitas perusahaan yang akan menjadi tempat kita berinvestasi dan ini dapat kita Cek melalui OJK atau Otoritas Jasa Keuangan

5. Investasi memang penting karena untuk masa depan kita, tapi jaga kesehatan diri dan keluarga lebih penting di saat ini jadikan prioritas utama.

5caraberinvestasi
Image pixabay

Itulah 5 tips cara berinvestasi versi saya dengan tetap memprioritaskan yang nomor 2 atau membayar hutang. Keluar masuknya uang dalam keluarga kita, adalah hal yang sangat penting di masa sekarang. Akan tetapi merencanakan investasi jangka pendek maupun jangka panjang adalah hal yang harus kita jadikan prioritas.

Masa depan kita adalah kita sendiri yang merencanakannya, di butuhkan perencanaan yang matang tapi cepat untuk di lakukan karena waktu tidak menunggu tapi bersama waktulah kita menyongsong masa depan yang cerah.



⁣⁣
#AYOMAJUBERSAMA ⁣⁣
@homecreditid⁣⁣
 

Komentar

Setuju banget poinnya, masa depan kita yang merencanakan, mau disiapin kapan kembali lagi ke masing-masing ya. Tetep nutrisi ilmunya penting banget untuk membuat dompet nyaman ya kak.
Mugniar mengatakan…
Jangan sampai berutang ya pesannya. Kalaupun ada utang, cus segera lunasi. Ok, noted.
Nurul bukanbocahbiasa mengatakan…
Beneran d masa pandemi ini kita sungguh2 harus memberikan atensi utk pengelolaan keuamgan yg lebih baik dan disiplin. Semangaaat semuanyaaa
Sinta Legian Wulandari mengatakan…
Setuju. Aku lebih suka investasi LM aja yang aman. Seenggaknya gak kena dampak inflasi. Kalau investasi yang lain belum berani.
nurul rahma mengatakan…
Memang dibutuhkan kedisiplinan tingkat tinggi untuk financial planning.
Juga KESADARAN bahwa hal ini urgent, untuk masa kini dan masa depan yg lebih baik.
Semangaaatt semuanya!
lithaetr mengatakan…
MasyaAllah, terima kasih sudah diingatkan kembali untuk membayar hutang. Saya pun berusaha untuk melunasi hutang dan kewajiban. Bismillah semoga segera lunas. Keren tulisannya, kakak
Reyne Raea / Rey mengatakan…
Pencatatan itu penting banget Mba, kadang kita kira udah hemat, pas dicatat baru deh keliatan, di post mana kita bisa tekan lagi.
Dan yang jelas, sebisa mungkin jangan hutang ya :)
Maria G Soemitro mengatakan…
Setuju banget, penting untuk prioritaskan invest
Karena pandemic pun pengeluaran kerap tak tertahankan, hemat di sini bolong di sana
Dian Restu Agustina mengatakan…
Investasi penting untuk masa depan, tapi jaga kesehatan lebih penting jadi prioritas utama. noted, bener banget ini. Tips investasi yang jleb dan bisa dijadikan pembelajaran
sumiyati sapriasih mengatakan…
5 poin yang sangat penting dalam hal keuangan, salah satunya hindari berhutang kalau ingin keuangan sehat ya
Anggraeni Septi mengatakan…
aduh jujur aja aku blom melakukan pencatatan pengeluaran nih, hiks. Memang pandemi mengajarkan pentingnya melakukan investasi dan mengatur keuangan dengan bijak ya mba. Semangat buat kita semua. Seru banget materinya mba :)
Melina Sekarsari mengatakan…
Betul, Kak. Masa depan tuh kita sendiri yang merancang. Boros di masa kini, maka jangan berharap hidup sejahtera dan nyaman di hari tua. Adakalanya kita memang harus berkorban sih, ya. Sekarang prihatin dulu, tetap kerja keras, agar di hari tua nanti bisa hidup nyaman tanpa menyusahkan.
Fenni Bungsu mengatakan…
Betul banget itu kak, jangan tambah hutang. Harus di nol kan, biar hidup lebih tenang tanpa hutang
Dee_Arif mengatakan…
Investasi mrmang penting ya mbak, skrg juga banyak ya pilihan investasi...
Tinggal pilih mana yg sesuai kebutuhan
Annie Nugraha mengatakan…
Setuju banget Mbak. Aplikasikan dan prioritaskan No. 2. Bebaskan diri dari hutang. InshaAllah kehidupan keuangan kita akan lebih sehat
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
investasi adalah hal penting zaman sekarang, aplagi dengan keadaan ekonomi yang ngga menentu seperti ini. Kejadian masa datang ngga pernah tahu ya kak... Harus dirancang dengan seksama sekarang
Raja Lubis mengatakan…
Membayar utang, dan nggak ngutang lagi memang penting. Stop ngutang adalah bagian dari gaya hidup, ehhe
Amelia Pratami mengatakan…
Sedikit investasi memang sangat berguna disaat pandemi ini. Aku udah ngejual beberapa logam mulia untuk tetap bertahan selama pandemi. Apalagi aku baru punya bayi, dobel2 efek pandemi ini terasa..
Fenni Bungsu mengatakan…
Nah setuju pake banget, hutang jangan dijadikan gaya hidup. Lunaskan, lalu menabung
Yudha mengatakan…
Setuju banget dengan artikel ini bahwa investasi menjadi hal yang sangat penting selain pemasukan rutin kita
Okti Li mengatakan…
Saya langsung fokus fokus sama nomor dua. Tapi emang bener. Hutang itu bagi saya sendiri seperti pantang. Sekali mampu dan bisa bertahan jangan sampai memilih ambil hutang....
Ratna Kirana mengatakan…
Hutang konsumtif sebisa mungkin sekarang saya hindari sih, tapi kalau hutang cicilan rumah susah juga yah melunasinya sekarang hehe.. bertahap aja deh
Triani Retno A mengatakan…
Nah ini. Soal investasi aku sempat stuck saat pandemi. Terusin apa jangan. Sempet mau narik dana investasi dong. Tapi pas ikut bincang keuangan, disarankan untuk tetap jalan aja.
lrdailyroutine mengatakan…
investasi itu beneran penting banget sih menurut aku jg. krn emng kita harus benar2 mempersiapkan dana tsb untung pegangan klo2 ada kejadian yg mengharuskan kita berhenti dr pekerjaan sebelumnya. nauzubillahiminzalik
Nia K. Haryanto mengatakan…
Nah bener, aku nomor 2 sedang dalam tahap me-nol-kan utang. Simpelnya, walopun pas-pasan, tetap lega dan bahagia karena gak punya utang. Apalagi di masa pandemi kayak sekarang. Pendapatan rumah tangga banyak berkurang. Kalo banyak tersita untuk bayar utang, pasti repot.
Susi Susindra mengatakan…
Iya, saya fokus membuat 0 hutang dulu yang utama. Ini penting. Setelah itu jadi lebih mudah menabung. Meski diambil juga nanti, tabungannya.
Masih jelek ya. Huhuhu
Pringadi mengatakan…
Kalau saya berinvestasinya di P2P lending.cari yang dijamib asuransi.selain syarat keamanan yg lain
steffifauziah mengatakan…
yes saya setuju, hutang itu yang utama untuk dilunaskan. kalau saya pribadi jika masih ada hutang, rasanya enggak nyaman. pengen banget cepet-cepet lunas. untuk itu kita juga harus pintar mengatur keuangan dengan baik. makasih mba sharingnya.
Tian Lustiana mengatakan…
Kalau masih ada hutang, suka pusing. Perasaan tabungan gak nambah - nambah hehe
nurul rahma mengatakan…
Beneran deh, kudu hemat, tertib, disiplin.
Termasuk dalam hal budgeting dan pencatatan arus kas keluar masuk.
Dian Restu Agustina mengatakan…
Tetap sisihkan sedikit buat investasi, karena kita tidak tahu yang terjadi di kemudian hari. Setuju sekali
Reminder buat saya nih tipsnya
Katerina mengatakan…
Setuju poin 2, bebas hutang. Ayo di nolkan, agar hidup damai dan tentram. Kalau tidak terdesak dan tak ada pilihan, berhutanglah dengan penuh perhitungan :)
Gita Siwi mengatakan…
Tersentil.sangat dengan poin 2. Tapi insya Allah cicilan lancar hahahah jadi curcol
Auda Zaschkya mengatakan…
Bayar utang, memang jadi prioritas utamaku sih.. aku selalu tanya ke teman2 dekat, apa aku punya utang? Klo enggak ya aku pakai lagi uang yg ada sama aku utk sendiri.
Annie Nugraha mengatakan…
Membebaskan diri dari hutang tentunya melegakan dan memudahkan kita dari pengaturan keuangan
Maria G Soemitro mengatakan…
tos iya banget
Sering lho kita terjebak pada pengeluaran yang ternyata ngga penting
alias ngga belipun ngga papa
Cuma ya itu dia, sebagai konsumen kita sering lupa
Terlebih ada homecredit yang memberi kemudahan
Jangan sampai ngga bisa bayar pada waktunya
http://kakilasak.com/ mengatakan…
Kadang pinjam uang ga bisa dihindarkan. lalu kesulitan dalam membayar. Resiko yg harus di ambil. Huhu
Aisyah Dian mengatakan…
Saat ini lagi rame banget invest emas LM mbak, tapi entahlah saya mending keep uang di tabungan. Apalagi dengan keadaan seperti saat ini ya mbak.
Siti Nurjanah mengatakan…
Meskipun tengah mengalami Pandemi, tetap harus bisa menjaga keseimbangan antara pengeluaran dan pemasukan. Tentunya, tanpa melupakan pentingnya investasi sebagai cara strategis agar dapat lebih teemanage keuangan dan lebih bermanfaat ketika dibutuhkan
Mirza Pradita mengatakan…
Investasi solusi tepat sih di kala pandemi gini. Resikonya kecil dengan biaya yg kecil pula jadi semua bisa investasi
Michella mengatakan…
Kalau yang belum punya penghasilna gimana dong bunda :( belum ada pemasukan buat investasi huhu
Emma Malika mengatakan…
Tapi kan uang jajan punya coba di sisihkan sedikit biar nanti klo kamu menua dengan bahagia
Emma Malika mengatakan…
Betul sekali jadi paling tidak kita punya pegangan dalam hidup.
andyhardiyanti mengatakan…
Bismillah..semoga semuanya dimudahkan ikhtiar untuk bebas hutang yaa, me-nol-kan hutang. Supaya bisa memulai berinvestasi :)
Emma Malika mengatakan…
Yes kita anggap saja sebagai tabungan berjangka.
Emma Malika mengatakan…
Iya klo ragu bisa investasi dalam bentuk yang lain yang tentunya kamu lebih aman dan nyaman
Emma Malika mengatakan…
Iya tapi klo kita punya tekad dalam pengembalian pasti bisa deh.
Emma Malika mengatakan…
Begitu juga baik banget mbak.
Emma Malika mengatakan…
Aku juga seperti itu mbak tapi ya harus di lunasi hahahaa
Emma Malika mengatakan…
Yup setuju mbak.
Emma Malika mengatakan…
Terima kasih mbak ku
Emma Malika mengatakan…
Iya jadi kita tahu kemana alur keuangan kita
Emma Malika mengatakan…
Sama-sama kakak
Emma Malika mengatakan…
Ini oke banget deh
Emma Malika mengatakan…
Iya mbak bener sekali
Emma Malika mengatakan…
Harapannya seperti itu kakak
Emma Malika mengatakan…
Yes harus semangat dong
Emma Malika mengatakan…
Pilihan tepat mbak.
Emma Malika mengatakan…
Ayo dong semangat
Emma Malika mengatakan…
Terima kasih, insyaAllah manfaat ya
Emma Malika mengatakan…
HahhAaa iya ambu, setuju
Nurul Dwi Larasati mengatakan…
Meskipun keteteran cari uangnya, mesti tetep menyisihkan buat tabungan atau investasi. Disesuaikan juga dengan penghasilan yang kita dapat ya.
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Sering sih aku dapat pertanyaan mengenai investasi teraman. Kalau menurutku sih investasi aman sekarang ini lbh ke emas. Tapi jika memang bentuk barang, bisa kredit asal budget sesuai ya Mba hehe
Rika Amelina mengatakan…
Setuju banget nih. Emang harus lebih strict atur keuangan di masa pandemi. Yap bener, lunasi utang yang utama ya
Yurmawita mengatakan…
Penting banget ya membayar hutang investasi dan tabungan agar masa depan kita bisa baik bebas masa sulit
Nyk Mlg mengatakan…
Tercerahkan mb baca artikel ini. Hiya hutang kudu dikikis biar cpt lunas dan jgn buka kran hutang lgi. Setuju...
Sugi Siswiyanti mengatakan…
Investasi penting banget ya,Mbak. Ini sama seperti menata masa depan. Untuk investasi, saya masih main aman. Pilih yang risikonya paling minimalis meski hasilnya memang ga bisa meledak sih.
lendyagasshi mengatakan…
Asik banget berbicara mengenai literasi keuangan, membuatku sadar bahwa selama ini pencatatan keuangan belum aku lakukan dengan sungguh-sungguh.
Siti Nurjanah mengatakan…
Yups..tabungan berjangka bisa menjadi pilihan untuk belajar berinvestasi. Setidaknya belajar berkomitmen untuk terus menabung. Dan harapan untuk meringankan beban berat di masa mendatang bisa terpenuhi
Marfa Umi mengatakan…
Betul kak masa depan adl kita yang persiapkan mau sebagaimana sebebasnya namun tentu saja penting sekali persiapannya ya kak krn bukan lagi butuh pos tabungan namun sudah merambah ke investasi :D
Farahdjafar mengatakan…
Event digital yang diadain sama home Credit itu seru banget selain informasi yang didapat kita juga bisa ikutan kuisnya hahaha
Mirza Pradita mengatakan…
Bener banget kak, susah gampang, yg paling susah catet keuangan ma bayar hutang, hutang kalo ga langsung dibayar ya lupa