Hidupkan Hati dengan Gelorakan syukur berbagi untuk negeri

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, ketergantungan akan sesama menjadikan kerjasama sebagai pilihan yang tepat. Pemakaian hubungan simbiosis mutualisme yang mempererat ikatan, etos kerja yang berawal dari penyatuan visi dan misi yang hampir serupa membuahkan harapan dengan hasil gemilang.

Sama halnya dengan PT. Adaro Energy Indonesia yang melakukan kolaborasi kerjasama dengan Rumah Zakat, dimana tahun 2023:ini telah memasuki tahun ke 2. Kerjasama baik ini, diawali pada saat PT Adaro Energy Indonesia berulang tahun yang ke 30, pada saat itu PT. Adaro dan Rumah Zakat bersama membagikan 30ribu paket sembako pada masyarakat kurang mampu yang tersebar di beberapa provinsi di tanah air.

Emma-Hidupkan Hati dengan Gelorakan syukur berbagi untuk negeri
Dok by Emma 

Hari ini jatuh pada kamis 15 Juni 2023, PT Adaro Energy Indonesia luncurkan Gerakan Hidupkan Hati yang bermakna mengajak seluruh elemen di perusahaan Adaro dan para penerima manfaat agar lebih bersemangat dan senantiasa merasa cukup serta selalu bersyukur dalam menjalani hidup.

Dalam rangka memperingati ulang tahun PT Adaro Energy Indonesia ke-31, maka Adaro akan mendistribusikan 31.000 paket sembako kepada keluarga pra sejahtera yang akan dilaksanakan sejak bulan Mei hingga September 2023 nanti. Untuk Pendistribusian paket sembako ini sudah mulai dilakukan sejak 14 Mei 2023 di Desa Pangelak Kab Tabalong dan Desa Hukai Kab. Balangan yang dihadiri oleh Bapak Wahyu Sulistiyo selaku Direktur Operasional PT Adaro Indonesia. "Alhamdulillah acara berjalan lancar dan mendapatkan sambutan yang sangat baik dari masyarakat sekitar,” ucap Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) Okty Damayanti.

EmmaHidupkan Hati dengan Gelorakan syukur berbagi untuk negeri-
Ibu Okty Damayanti Ketua YABN Adaro, dok. By Emma 


Sekelumit Tentang Adaro Energy Indonesia 

Adaro Energy Indonesia adalah perusahaan tambang dan energi yang telah bertransformasi diri menjadi tiga pilar yaitu Adaro energi, Adaro Mineral dan Adaro green. Inti dari perusahaan tambang ini adalah mendukung pembangunan serta kesejahteraan masyarakat sekitar menjadi penyempurna yang berkelanjutan dari tata kelola perusahaan.

Emma-Hidupkan Hati dengan Gelorakan syukur berbagi untuk negeri
Pak Soni komisaris Adaro dok. By Emma 

Para pemegang saham berkeyakinan bahwa ada banyak ruang tumbuh kembang yang kuat apabila masyarakat dan negara Indonesia menjadi akan semakin sejahtera, oleh karena itu melaksanakan dan menyempurnaan program yang berkelanjutan untuk memastikan kontribusi anak-anak perusahaan dimana nantinya memberikan dampak positif yang signifikan kepada masyarakat sekitar ungkap pak Budi Bowoleksono yang akrab disapa pak Soni.

Alasan PT Adaro Energy Indonesia Bermitra dengan Rumah Zakat 

1. Melakukan sebuah rogram kemanusiaan, Adaro selalu bekerja sama dengan instansi terbaik. Masih seperti tahun lalu Adaro bekerja sama dan berkolaborasi membuat kegiatan program Hidupkan Hati dengan Gelorakan syukur berbagi untuk negeri bergandengan tangan dengan Rumah Zakat karena visi misi yang sama dan kredibilitas Rumah Zakat yang baik.

2. Rumah zakat adalah organisasi yang mau belajar selain itu juga dari keakuratan data yang dimiliki oleh Rumah Zakat.

3. Inilah alasan penting mengapa Adaro Energy Indonesia Bermitra dengan rumah zakat, Para penerima manfaat yaitu benar adanya dari keluarga prasejahtera dimana catatannya dengan nama penerima manfaat yang akurat dan alamat lengkap si penerima. jadi ada nama dan alamatnya secara jelas insyaallah paket tersebut jatuh kepala orang-orang yang tepat.

Emma-Hidupkan Hati dengan Gelorakan syukur berbagi untuk negeripenyerahan bantuan Adaro, dok. By emma 


Program distribusi 31 ribu paket sembako, Hidupkan Hati dengan Gelorakan syukur berbagi untuk negeri

Okty Damayanti selaku ketua YABN Adaro mengatakan lebih dari 10ribu orang karyawan berkomitmen terhadap program-program CSR (Corporate Sosial Responsibility) mengusung rasa syukur perusahaan yang akan berulang tahun ke 31. Nah sebagai rasa syukur insyaallah kita akan membagikan 31.000 paket sembako untuk keluarga prasejahtera.

Filosofinya itu adalah bagaimana kegiatan ini terus menghidupkan hati dari Adaro warrior atau seluruh 10.000 karyawan Adaro dari tingkat atas hingga ke bawah, mempunyai hati yang penuh rasa syukur setelah mendapatkan amanah dari Allah, ikut berempati serta turut merasakan bahwa keluarga prasejahtera itu dapat bergandengan tangan dengan Adaro, 

Tahun ke 2 kerjasama Adaro dan Rumah Zakat

Kerjasama Adaro dan Rumah Zakat dimulai sejak Adaro berulang tahun ke 30 dengan mendistribusikan paket sembako sebanyak 30.000 buah, sedangkan tahun ini Adaro berusia 31 maka pendistribusian paket sembako pun bertambah menjadi 31 ribu paket. insyaAllah Adaro diberi kemampuan untuk terus berbagi rencananya distribusi akan terus bertambah.

Emma-Hidupkan Hati dengan Gelorakan syukur berbagi untuk negeri
Peta pendistribusian paket sembako, dok by emma 

Untuk lokasi pendistribusian Adaro dan Rumah Zakat untuk saat ini tersebar pada 7 provinsi, yaitu Kalimantab Selatan, Kalimantan Tengah Kalimantan Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau Jawa Tengah dan Jawa Timur dan juga nanti akan ada di Jakarta juga. Titik-titik sebaran 31.000 paket di berbagai provinsi ini, hampir meliputi 160 desa. Hal ini tidak mudah tetapi kekuatan dari kolaborasi Adaro dan Rumah Zakat untuk memastikan bahwa yang menerima itu betul-betul keluarga saudara-saudara kita yang memang membutuhkan dan pendistribusian sudah dimulai sejak bulan Mei 2023 sampai saat ini sudah 23.000 paket setidaknya sudah 23%.

Kegiatan-kegiatan CSR ini diawasi langsung oleh top management dimana ikut langsung ke lokasi yang tidak hanya sekedar menerima laporan saja, direncanakan pendistribusian sembako ini selesai pada bulan September yang bertepatan dengan ulang tahun Adaro Energy Indonesia yang ke 31.

Emma-Hidupkan Hati dengan Gelorakan syukur berbagi untuk negeri
Pak Irvan Nugraha CEO Rumah Zakat, dok. By emma


Sambutan dari CEO Rumah zakat

Mengelola puluhan ribu paket sembako yang akan dibagikan ke provinsi-provinsi yang ditunjuk merupakan sebuah pekerjaan yang tidak mudah, akan tetapi karena bergerak nyata untuk negeri dengan gerakan hidupkan hati ini dilakukan secara bersama-sama maka kuatlah alasan Rumah zakat bersedia bermitra dengan Adaro. Inilah beberapa alasan Rumah Zakat bermitra dengan Adaro seperti yang di ungkapkan oleh pak Irvan Nugraha selaku CEO Rumah Zakat 

1. berapa komitmen dari Adaro Energy Indonesia yang tidak hanya bisnis tapi juga dari program CSR yang terstruktur dan berkelanjutan dan sudah berjalan sehingga menghadirkan kebaikan dan kebahagian.


2. Rumah Zakat lembaga yang pondasinya adalah kepercayaan dapat belajar dari Adaro dimana pilar-pilar mendapatkan kepercayaan dengan tata kelola yang lebih kuat.


3. Kesamaan karyawan Adaro dan Rumah Zakat dimana sebagian karyawan masih muda dengan range usia 29 tahun membawa pengaruh besar pada Rumah Zakat untuk bersama memberikan kebaikan pada masyarakat.

Kemajuan suatu bangsa karena tidak hanya sebagian saja yang maju, akan tetapi berangkulan dalam mengejar suatu kemajuan akan berimbas pada naiknya kemajuan itu sendiri. Semoga ulasan saya saat ini bermanfaat sampai jumpa di ulasan saya berikutnya, sampai jumpa dan wassalam.







13 komentar

Suci mengatakan…
Saat pemerintah banyak "abai" pada rakyatnya, saya mendoakan semoga semakin banyak perusahaan bekerjasama dalam hal-hal kebaikan begini Insyaallah banyak juga warga menerima manfaatnya...

Andai banyak perusahaan dan dilakukan secara rutin kebayang efeknya untuk masyarakat yang membutuhkan.
Rey - reyneraea.com mengatakan…
keren nih kolaborasi PT Adaro dengan rumah zakat, secara rumah zakat kan memang udah terkenal banget kiprahnya dan amanah dalam menyalurkan bantuan umat :)
Semoga dengan kolaborasi ini lbih banyak lagi yang terbantukan
Maria G Soemitro mengatakan…
Adaro Energy Indonesia memang selalu terdepan

Selain berhasil mendapatkan proper emas, juga berbagi bersama Rumah Zakat

sehingga keberadaannya terasa sangat bermanfaat bagi lingkungan
Dian Restu Agustina mengatakan…
Kolaborasi yang sinergis antara Adaro Energy dan Rumah Zakat mampu hidupkan hati dan gelorakan syukur untuk negeri. Sebuah teladan yang mesti diikuti:)
sylvianayy mengatakan…
kalau dipikir-pikir sekarang banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang turut membantu dan berkontribusi dalam hal kemanusiaan dan kesejahteraan masyarakat, salut deh. semoga semakin banyak memberikan manfaat dan menular ke perusahaan lain dan ke pemerintah juga.
Shinta Shyntako mengatakan…
kolborasi yang ciamik nih antara rumah zakat dengan adaro gini, wajib ditiru sih sama perusahaan2 besar lainnya ya, jd lebih banyak masyarakat gak mampu yang lebih terjangkau
Annie Nugraha mengatakan…
ADARO memang mengagumkan kegiatan CSR nya ya. Menjelang Idul Adha seperti ini membuat program yang pas dengan perayaan dan makna dari Idul Adha itu sendiri. Bekerjasama dengan Rumah Zakat adalah pilihan yang tepat menurut saya. Bersinergi mensejahterakan rakyat yang membutuhkan. Salut.
Adi mengatakan…
Salut banget buat PT Adaro yang juga merupakan korporat terkemuka. Program ini semoga bisa menginspirasi insan korporat lainnya untuk bisa terus berbagi untuk negeri.
Tria TR mengatakan…
Panjang umur orang-orang baik, perusahaan-perusahaan dan lembaga-lembaga baik. Memang susaaahhh kalau hanya mengandalkan pemerintah (walaupun sebenarnya itu kewajiban negara sesuai amanat UUD). Semoga semakin banyak orang dan perusahaan yang peduli pada sesama, terutama yang tidak mampu.
Fenni Bungsu mengatakan…
Semoga kegiatan CSR dengan kolaborasi ini terus berkelanjutan, bahkan bisa lebih meluas lagi ya manfaatnya agar banyak penerima manfaat yang merasakan kebahagiaan tersebut
lendyagasshi mengatakan…
Sangat keren sekali kolaborasi antara Adaro dan Rumah Zakat ini.
Semoga program-programnya lancar dan terus berkelanjutan hingga bermanfaat memanjang untuk masyarakat di pelosok terutama.
Bayu Fitri mengatakan…
Semoga kolaborasi ADARO dan Rumah Zakat bisa membawa manfaat buat umat dan kolaborasinya juga berkesinambungan ya kak
Aisyah Dian mengatakan…
keren banget ya kak, kolaborasi pt adaro dengan rumah zakat ini tentu saja dapat memberikan manfaat bagi rakyat yang membutuhkan ya
Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *