Cek 8 Bagian ini, Motor Rasa Mesin Baru

Memiliki Kendaraan roda dua itu harus dirawat dengan baik, karena sama halnya dengan tubuh kita yang membutuhkan perawatan begitu juga motor. Kalau tubuh membutuhkan perawatan seperti skincare maka begitupun dengan kendaraan bermotor kita. Kenapa demikian? karena agar usia pemakaian kendaraan lebih awet, tetap aman dan berjalan lancar.

Ada beberapa orang yang rajin untuk memelihara atau menservis motornya sendiri, tapi hal ini kalau kurang ahli dikhawatirkan akan berdampak kurang baik oleh sebab itu untuk perawatan bagian kendaraan yang penting haruslah diserahkan pada ahlinya untuk Cek 8 Bagian ini, Motor Rasa Mesin Baru

Design pic Emma source by Instagram planet ban 

Inilah Bagian Penting dari Motor yang harus dirawat.

Setelah motor mencapai jarak tempuh tertentu, maka Service motor atau pengecekan kondisi motor secara berkala haruslah dilakukan, adapun pengecekannya seperti: memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Lalu pengecekan apa saja sih yang penting dilakukan untuk menjaga mesin motor kita? mari kita cermati bersama.

1. Oli Mesin

Cairan penting untuk kendaraan bermotor ini, berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin kendaraan. Oleh sebab itu kita perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang telah tercapai, dimana rata- rata pabrikan motor merekomendasikan penggantian Oli mesin pada jarak 2500 Km. Untuk penggantian ini umumnya biaya yang perlu di bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek ya) dan ongkos jasa ganti olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Oli motor source pic by Instagram planet ban

2. Oli Gardan

Bagi pemakai motor matic harus rutin ganti oli gardan. Mengingat kegunaan oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). untuk Waktu penggantian oli gardan menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan. ingat! Jangan sampai berwarna gelap ya 

3. Busi

Untuk pengapian mesin maka Busi adalah bagian penting di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Kalau busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

Busi source by planet ban 

4. Kampas Rem

Bagian vital kendaraan motor ini yang akan menjamin keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan yaitu sistem pengereman. Kalau kampas rem sudah menipis, rem pun jadi kurang pakem, dan hal ini dapat menyebabkan kecelakaan. Itulah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5. Filter Udara

Kegunaannya untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, sehingga menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Umumnya tegangan pada Aki berada antara 12,3-12,6 Volt dalam keadaan mesin mati. Jika mesin menyala, maka tegangan aki berada antara 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, Tentunya mesin motor tidak menyala. Kondisi aki yang sudah tidak baik harus segera diganti agar motor tetap bisa digunakan dengan nyaman.

7. Ban

Bagi saya pengecekan ban sebelum pergi sangat penting lho misalnya saja pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban dan juga kondisi ban secara keseluruhan seperti, bannya botak atau tidak dan lain sebagainya.

Design pic by Emma source planet ban 

8. Tune up Motor Rutin

Hal pengecekan rutin pada motor lainnya adalah service motor tune up yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Umumnya pemeriksaan berfokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Agar pemeriksaan berkala motor lebih paripurna adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Tapi santai saja, sebelum melakukan perbaikan mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepada kita.

Serahkan pada Ahlinya, Bengkel Servis Motor Terbaik

Mendapatkan tempat servis motor yang bagus agak susah-susah gampang, akan tetapi ada satu bengkel motor yang bisa di andalkan yaitu Planet Ban. Dengan sistem servis terpadu, maka kita akan merasakan mesin motor terasa seperti mesin baru. Tujuan dari melakukan service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor, dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus mekanik dalam pemeriksaan dan perbaikan servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel secara berkala.

Source pic by planet ban 

Inilah Manfaat Melakukan Servis motor di Planet Ban 

1. Planet ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet alias jarang rusak ya.

2. Manfaat lainnya adalah penggunaan sparepart asli yang dipadu padankan sehingga pemakaian motor menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng untuk ini ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja atau sekitar 4-6 bulan sekali laah, sehingga tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, ongkos servis jadi lebih hemat.

3. Selain itu manfaat baiknya kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup, karena emisi buang kendaraan dan polusi dari motor jadi lebih berkurang. Senang kan ikut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Perbedaan Servis Motor Planet Ban dengan Tempat lain

Pada saat servis motor di tempat lain, biasanya masih banyak terdapat kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan acap kali ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Lain halnya dengan melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka semua bagian atau part mesin motor akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, seluruhnya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran hingga terlihat seperti mesin baru. 

Hasil yang didapatkan setelah servis motor di Planet ban adalah

✔️Tarikan mesin motor jadi lebih enteng, 
✔️Emisi buang turun lebih dari 70%, 
✔️Lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih menyeluruh.

Untuk harga service motor di Planet Ban selengkap itu sangat ramah di dompet Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan untuk service throttle body cuma hanya Rp20.000,- tuh kan bikin tenang hati dan dompet hihii😃

Jelas ya pilihan untuk servis motor yang tepat adalah ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru. Tunggu apalagi ayo rawat kendaraan bermotor kita dengan cara yang tepat dan hemat, semoga bermanfaat dan see you😉


22 komentar

Maseko Sakazawa mengatakan…
servis motor harus rutin supaya kondisi motor tetap siap siaga setiap saat. butuh bengkel terpercaya dengan layanan yang memuaskan. kalo dah nemu yang kayak gini, enak kitanya juga..
Mister Blangkon mengatakan…
Makasih dah diingatkan, Kak. Rem kanan motor kudu segera dicek kampas remnya karena ga pakem. Memang rutin service itu ga bisa disepelein, bisa gawat kalau telat.
Retno Septyorini mengatakan…
Rahasia motor yang awet dan enak dipakai emang wajib diservis secara berkala. Toh sekarang tempat servis pilihannya udah banyak banget juga. Termasuk yang ramah di kantong kaya Planet Ban ini. Udah murah, pilihan servisnya juga ga kaleng-kaleng. Mana gerainya udah ada dimana-mana pula. Di deket rumahku juga ada. Wajib dicobain biar belalang roda duanya tetep oke buat nemenin aktivitas sehari-hari.
Haryadi Yansyah mengatakan…
Wah tarifnya beneran murah dan jauh di bawah bengkel bawaan. Untuk 8 aspek itu aku setuju. Ini motorku agak berat dan lampu indikator aku udah nyala, kudu diganti nih. Sayangya jauh, coba kalo deket aku mau ke Planet Ban biar motorku kembali kincloong :D
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Saya paling gak ngerti otomotif. Jadi biasanya memang serahkan aja ke ahlinya yang udah dipercaya. Planet Ban gak diragukan lagi. Percayain aja supaya kendaraan yang dipakai tetap sehat.
www.kisahsejati.com mengatakan…
Wow ternyata banyak ornamen dari motor ya kak yang haru diperhatikan agar si roda dua awet alias tidak banyak pengeluaran. Aku selama ini tahunya mengendarai.Thanks ya tipsnya.

Salam:
Dennise Sihombing
Joko Jogja mengatakan…
servis motor menjaga kendaraan tetap baik-baik saja dan bagi saya paling penting oli mesin itu lho g bs yg asal2an dan untung kini ada x ten ya
Setuju sekali. Motor harus dirawat dengan baik supaya usianya lama. Sebagai pengguna motor, kita juga tetap perlu tahu bagian mana saja yang wajib dirawat secara rutin. Untuk teknisnya, kita serahkan kepada ahlinya.
nurul rahma mengatakan…
planet ban sangat recommended

harga terjangkau
service nya ulalaaa top!! noted
deamerina mengatakan…
hihi motor yang rutin diservice emang kerasa banget ya tarikannya. jadi berasa mesin baru terus. aku pernah ngerasain waktu rutin dan lupa haha
Adi mengatakan…
Keren. Emang harus rajin periksa 8 bagian itu kalau ga mau kecolongan motor rusak parah tiba-tiba. Thanks for sharing.
Annie Nugraha mengatakan…
Dengan rajin, rutin dan konsisten merawat, mesin dan performa motor tentunya akan lebih baik. Efeknya tentunya akan berakhir kepada kenyamanan dan keamanan dalam penggunaan.
Maria G Soemitro mengatakan…
Jadi inget anak-anakku yang rajin banget ngurusin oli dll

"daripada mogok di jalan" demikian jawab mereka kalo ditanya

dan saya setuju banget

sepeda motor jangan hanya digeber, tapi juga harus diurus
Dee_Arif mengatakan…
Jika ingin motor senantiasa baik mesinnya, harus rutin di servis ya
Planet Ban adalah tempat terbaik untuk servis motor
Aprillia Ekasari mengatakan…
Planet Ban ini emang banyak ya bengkelnya, deket rumahku juga ada. Biaya servisnya pun terjangkau ya dan gak ngadi2 kudu merembet ke servis yang lain hehe. kalau ganti oli mereka punya oli sendiri ya, jadi udah disediakan produk yang akan merawat mesin dengan baik.
Okti Li mengatakan…
Emang bisa dibedakan kalau udah cek motor dan ganti oli, baik suara mesin maupun laku kendaraan, itu terasa lebih mulus dan nyaman. Pantas kalau pengecekan rutin bikin kendaraan awet ya
Fenni Bungsu mengatakan…
Nah penting ini buat memerhatikan gas emisi buang biar gak menumpuk polusi. Makanya perlu servis motor secara berkala ya kak
Ida Wahyuni mengatakan…
Sama mom, Aku biasa ke Planet Ban di Kediri yang menjual berbagai jenis ban kendaraan. Mereka menyediakan berbagai merek dan ukuran ban untuk kendaraan roda dua.Planet Ban di Kediri menyediakan pilihan ban yang lengkap, mulai dari ban untuk penggunaan sehari-hari hingga ban khusus untuk keperluan tertentu,
lendyagasshi mengatakan…
Punya kendaraan ini memang sangat membantu mobilitas sehari-hari banget ya..
Tapi beneran kudu inget merawat. Dari mulai mesin hingga kebersihannya. Kalau untuk detilnya, uda serahin ke Planet Ban aja sih ya.. hihihi..
sutanto prabowo mengatakan…
Service di planet ban memang yahud. Selain kualitas mekanik handal, juga produk oli yang digunakan mantab. Harga terjangkau dan daya tahan nya 2x lebih lama dari oli lain.
Bai Ruindra mengatakan…
Penting sekali menjaga motor dengan service motor rutin ya kak karena itu bagian yang nggak boleh ditinggalkan kalau sudah kena biaya mahal baru bingung ya kan
Ainun mengatakan…
Dulu aku mengira kalau Planet Ban cuman buat ganti ban aja, ternyata bisa buat servis juga
Dan aku sendiri termasuk agak lambat kalau soal servis motor, kadang sampe olinya mau abis, kadang busi ga diperhatikan
Pas udah diganti semua partnya, motor terasa enak buat dikendarai
Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *