Asinan Betawi Makanan Sehat Asli Indonesia

Asinan adalah makanan yang populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa Barat dan Jakarta. Makanan ini terdiri dari berbagai macam sayuran dan buah yang diiris tipis-tipis, seperti mentimun, wortel, kubis, daun singkong, nenas, dan mangga muda. Sayuran dan buah-buahan ini kemudian dicampur dengan bumbu yang asam, manis, pedas, dan segar, seperti cuka, gula, garam, cabai rawit, dan air jeruk nipis.

Asinan memiliki rasa yang unik dan segar karena kombinasi bumbu yang digunakan. Makanan ini sering disajikan sebagai hidangan penutup atau camilan di tengah hari. Selain rasanya yang lezat, asinan juga mengandung banyak serat dan vitamin dari sayuran dan buah-buahan yang digunakan, sehingga baik untuk kesehatan.

Asinan juga memiliki variasi yang berbeda-beda, tergantung daerah asalnya. Misalnya, ada asinan Betawi yang biasanya menggunakan tauge dan semangka, serta ditambahkan kacang tanah panggang. Ada juga asinan Bogor yang menggunakan bahan-bahan yang lebih beragam, seperti petis, kacang panjang, bengkuang, dan taoge.

Emma-Asinan Betawi Makanan Sehat Asli Indonesia
Asinan betawi

Secara keseluruhan, asinan adalah makanan yang segar, menyegarkan, dan menggugah selera. Kombinasi sayuran dan buah-buahan yang kaya dengan berbagai bumbu membuatnya menjadi hidangan yang lezat dan bergizi. Asinan bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi rasa lapar atau sebagai hidangan penutup yang menyenangkan.

Berikut adalah resep asinan sayur Betawi yang bisa Anda coba:

Bahan-bahan:

- 200 gram kubis, iris tipis

- 200 gram kol, iris tipis

- 100 gram tauge

- 150 gram timun, iris tipis

- 100 gram kacang panjang, potong-potong

- 1 wortel, iris tipis

- 1/2 buah nanas muda, potong dadu kecil

- 2 sendok makan air asam jawa

- 3 sendok makan gula merah, serut halus

- 4 sendok makan air jeruk nipis

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok makan cabai rawit, iris halus (opsional)

- 2 sendok makan bawang goreng sebagai topping

- 2 sendok makan kacang tanah panggang sebagai topping

Cara membuat:

1. Rebus air dalam panci besar hingga mendidih.

2. Masukkan kubis, kol, dan wortel. Rebus selama 2-3 menit atau hingga sayuran sedikit layu.

3. Tiriskan sayuran dan rendam dalam air dingin agar tetap segar. Tiriskan kembali.

4. Campurkan air asam jawa, gula merah, air jeruk nipis, dan garam dalam mangkuk kecil. Aduk hingga gula merah larut.

5. Masukkan sayuran, tauge, timun, kacang panjang, dan nanas ke dalam mangkuk besar. Tuangkan bumbu yang sudah dibuat tadi ke dalam mangkuk dan aduk rata.

6. Tambahkan potongan cabai rawit (jika suka) dan aduk kembali.

7. Diamkan asinan dalam kulkas selama minimal 1 jam agar bumbu meresap.

8. Sajikan asinan sayur Betawi dengan taburan bawang goreng dan kacang tanah panggang di atasnya.

Jadi jelas dong kalau asinan adalah makanan yang segar dan enak dengan perpaduan berbagai macam sayuran yang diolah dengan bumbu yang khas. Asinan dapat menjadi pilihan yang baik untuk menyegarkan dan memuaskan selera Anda dalam mengkonsumsi sayuran. Selain itu, asinan juga dapat ditemui dalam berbagai variasi, seperti asinan buah, asinan sayur Betawi, atau asinan Jakarta.

Asinan Makanan yang sehat karena kaya akan Nutrisi 

Asinan Betawi termasuk makanan yang sehat karena mengandung banyak sayuran dan buah-buahan yang kaya akan nutrisi. Berikut beberapa alasan kenapa Asinan Betawi menyehatkan:

1. Kaya akan serat

Sayuran dan buah-buahan yang digunakan dalam Asinan Betawi mengandung banyak serat, yang sangat penting untuk pencernaan yang sehat dan mengurangi risiko sakit perut, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya.

2. Vitamin dan mineral

Asinan Betawi juga kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin K, magnesium, dan potassium. Nutrisi penting ini dapat membantu membangun sistem imun yang kuat, menjaga tulang dan gigi yang kuat, dan mendukung fungsi otot yang sehat.

3. Rendah lemak dan kalori

Asinan Betawi rendah lemak dan kalori, sehingga sangat cocok untuk mereka yang ingin mengurangi berat badan. Sayuran segar juga memiliki kalori rendah tetapi mengandung banyak nutrisi.

4. Menurunkan risiko penyakit

Makan Asinan Betawi secara teratur dapat membantu menurunkan risiko beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan beberapa kanker.

Dengan mengonsumsi Asinan Betawi yang sehat dan seimbang, kita mendapatkan manfaat kesehatan yang baik dan merasa lebih baik dari dalam dan luar tubuh.

Asinan juga dapat dijadikan sebagai camilan sehat yang mengandung banyak nutrisi dan serat. Dengan mengolah sayuran dalam bentuk asinan, kita dapat menikmati sayuran dengan cara yang berbeda dan lebih menarik. Jadi, asinan adalah salah satu makanan yang patut dicoba dan sangat pas untuk dinikmati dalam waktu yang panas atau sebagai camilan sehat sehari-hari. kuy lah bikin dan Selamat mencoba! 🤩🥰 

23 komentar

Haryadi Yansyah mengatakan…
Inilah unik dan kayaknya kuliner nusantara ya. Walau sama-sama bernama "asinan" antara Asinan Betawi dan Asinan Palembang beda banget.

Aku seneng makan makanan kayak gini, sebagaimana yang ditulis kalau kandungan seratnya banyak. Bantu banget untuk memperlancar pencernaan dan jaga kesehatan usus. Sebab kalau usus kotor gitu, efeknya kadang bangun tidur badan pegel-pegel banget.

Semoga nanti bisa icip langsung asinan Betawi ini kalau ke Jakarta lagi.
DokterTaura mengatakan…
Ini dia makanan yang membuatku kehujanan malam-malam demi memenuhin keinginan istri yang lagi ngidam.... Kalau diingat2 sudah belasan tahun yang lalu ya... Untung di Surabaya Kota ada penjual asinan betawi... Kalau gak ada, bisa nyesel nih...
Shinta Shyntako mengatakan…
duh, asinan betawi tuh favoritku banget, langgananku tuh ada dulu temen kantor mamaku yang suka jualan gitu, enak banget rasanya seger
Ajenghimme mengatakan…
Aduh aduh aduh, aku baca judulnya aja langsung kepikiran sama asinan boghor. Kebetulan yang jualan agak jauh dari rumah dan suka habis gitu kalau sore-sore aku datang. Asinan salah satu menu yang aku pilih untuk disantap kalau aku ngerasa kurang makan sayur. Enak, seger, dan kriuk-kriuk. Both, asinan betawi or asinan bogor are delicious!
Dani Ristyawati mengatakan…
Aiih aku baru tau lho kalau Betawi juga punya asinan tapi beda sama asinan Bogor. Jadi ga sabar pengen nyobain sendiri, makasih udah di sahre resepnya semoga kapa-kapan bisa meluangkan waktu untuk bikin sendiri di rumah
Guritno Adi mengatakan…
Wuih ternyata selain enak juga banyak banget ya manfaat dari asinan Betawi ini, jadi kangen masa-masa waktu masih di JKT nih.
Annie Nugraha mengatakan…
Aduh aduh aduuhhh mendadak jadi kepengen makan asinan betawi. Salad tradisional yang sudah lama banget gak saya temui. Setiap beli asinan betawi, saya selalu mborong kerupuk kuningnya. Gak klop rasanya kalau gak pake kerupuk hahahaha. Ngetik ini sambil ngelap air liur nih. Beneran ya, jajanan otentik daerah di tanah air tuh selalu bikin kangen.
Suci mengatakan…
Sekilas mirip gado2 atau lebih mirip toge goreng ya, mbak
Saya ngga nemu toge goreng di daerah lain, cuma pertama kali makan itu di Bogor.
Enaknya minta ampuun
Bentukannya mirip banget sama asinan betawi ini.
Maria G Soemitro mengatakan…
Makanan kesukaanku nih

apalagi di bulan puasa, asyik banget buka puasa dengan asinan

dan tentu saja bikin sendiri supaya puassss hahaha

juga ada beberapa jenis buah/sayuran yang saya gak suka

dengan bikin sendiri, bisa memilih hanya buah/sayuran yang disukai
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Aku belum pernah nyobain makan asinan. Dalam bayanganku asinan adalah makanan yang diawetkan pake garam gitu. Semacam ikan asin. Jadi kalau pun itu sayuran ya rasanya asin.

Eh lha kok malah di resepnya garam e sauprit yak. Malah seger kayaknya. Hehehe...
YSalma mengatakan…
Makasih banget resep Asinan Betawinya, Mba. Bisa dipraktekkan membuatnya di rumah.
Biasanya suka ada yang buka jastip beli asinan Betawi Rawamangun, sekarang ini udah lama yang gak buka jastip, padahal udah kangen nyicipin asinan Betawi.
Matius Teguh Nugroho mengatakan…
Asinan Betawi ini seperti karedok atau lotek gitu ya. Memang nampak segar dan bergizi. Aku sendiri belum pernah makan asinan betawi meski sudah sering ke Jakarta.
Okti Li mengatakan…
Ya ampun, seger banget nih makan asinan di jam makan siang kek gini. Asinan Betawi tuh khas banget setiap lebaran saya suka bikin meski gak selengkap resep disini. Soalnya kadang bahan gak semua ada. Tapi beneran enak banget lho... Terimakasih resepnya...
Deeva Collection mengatakan…
Asinan Betawi salah satu asinan yang terkenal. Bsberapa waktu kalu sempat bikin asinan buah khususnya rambutan. Bener kata Kakak. Asinan setelah didiamkan beberapa saat di dalam lemari pendingin jadi terasa lebih segar dan nikmat saat dikonsumsi. Next kakau bikin asinan lagi, mau apply nih resep yang ada di artikel ini.
Mporatne mengatakan…
Asinan Betawi gak pakai ebi ya. Mpo suka nih makan asinan Betawi apalagi pakai kerupuk mie yang banyak.
Lila mengatakan…
Makanan yang enak banget nih asinan asem2 nyegerin apalagi Ake kerupuk kuningnya. Jadi kangen sama Almarhum Bapak suka banget beli kerupuk kuning gini dlu. Makasih mba resepnya nnti kapan2 mau coba recook deh nih kayaknya enak.
Triani Retno A mengatakan…
Wadooow...asinan! Seger banget ituuu! Di tempatku kalau bulan puasa nih banyak sore-sore jual asinan. Enak dimakan malam hari sih, setelah makan nasi. Dimakan langsung pas buka puasa mah pasti bikin perut unjuk rasa.
Nanik nara mengatakan…
Kalau ke Bogor, selalu tak lupa bawa asinan buat oleh-oleh. Ternyata ada juga asinan Betawi.

Oh jadi triknya supaya sayuran tetap segar walau sudah direbus tuh, ditiriskan lalu direndam air dingin ya. Noted banget ini.
Lia Lathifa mengatakan…
Aku beberapa kali bikin asinan sendiri, entah kuah bening atau pun diberi bumbu kacang seperti asinan betawi, memang gemar banget makan asinan maupun rujak, seger aja rasanya buat ngilangin pusing, apalagi manfaat serat pada buah dan sayur baik untuk tubuh
Tian Lustiana mengatakan…
favorite banget asinan betawi, namun belum bisa bikin sendiri nih.
Desi mengatakan…
saya termasuk yang kurang suka dengan asinan sayur. Tapi klo udah asinan buah, siap2 diabisin sendiri. serat nya yang lebih banyak dan banyak kandungan gizi lainnya tentu jadi sumber gizi yang baik bagi tubuh. semoga semakin banyak yg suka melestarikan makanan khas daerah agar masi tetap terjaga dengan baik
Retno Kusumawardani mengatakan…
Aku senang makan makanan yang segar segar begini, tapi aku belum pernah nyobain asinan betawi karena di sini ga ada yang jual..
Inez Dwijayanti mengatakan…
Suka banget asinan betawi. Rasanya unik dan menyegarkan. Pernah makan asinan betawi enak banget, tp lupa makan dimana.
Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *