7 strategi menghindari resiko mata kering

Mata adalah jendela kehidupan kita, sebuah pemandangan kepada dunia yang indah dan menarik. Mata juga merupakan sarana untuk mendapatkan informasi dan melihat hal-hal yang seharusnya kita lihat. Jadi, perlukan kesediaan dan ketatan untuk menjaga mata kita sehat dan siap untuk melihat dunia dengan mata yang siap melihat segala hal yang indah dan menarik.

Untuk menjaga kesehatan mata, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan:

1. Melakukan aktivitas fisik seperti jogging, olahraga, dan latihan otot selayaknya dapat membantu menjaga kesehatan fisik tubuh, seperti mata.

2. Makanan yang kaya akan vitamin A, C, dan E dapat membantu menjaga kesehatan mata. Contoh sayur-sayuran dan buah-buahan tersebut adalah brokoli, spinach, paprika, melon, dan strawberry.

3. Kontak lensesa dapat membantu memperbaiki kecakapan mata dalam menemukan hal-hal yang tidak terlihat secara langsung. Namun, kontak lensesa juga memiliki risiko untuk memicu keroposasi mata. Untuk menghindari risiko tersebut, harus dilakukan pemeriksaan ophthalmologi secara berkala.

4. Pemeriksaan ophthalmologi secara berkala dapat membantu menjaga kesehatan mata dan memantau perubahan secara berkala. Pemeriksaan ini juga dapat membantu menemukan masalah mata sebelum masalah tersebut menjadi masalah yang serius.

5. Cairan mata merupakan fluida yang melindungi cornea dan lensa mata. Jika cairannya tidak cukup atau tidak baik, maka akan memicu keroposasi mata dan kerusakan cornea dan lensa mata. Untuk menghindari kerusakan tersebut, harus dilaksaukan pengawasan cairannya secara berkala.

6. Tekan darah tinggi dapat memicu kerusakan capilary fragile (CF) di sekitar cornea dan lensa mata. Untuk menghindari kerusakan tersebut, harus dilaksaukan pengawasan tekan darah secara berkala.

7. Diabetes dapat memicu kerusakan capilary fragile (CF) di sekitar cornea dan lensa mata. Untuk menghindari kerusakan tersebut, harus dilaksaukan pengawasan gula darah secara berkala.

8. Obesitas dapat memicu kerusakan capilary fragile (CF) di sekitar cornea dan lensa mata. Untuk menghindari kerusakan tersebut, harus dilaksaukan pengawasan obesitas secara berkala.

9. Asam urat dapat memicu kerusakan capilary fragile (CF) di sekitar cornea dan lensa mata. Untuk menghindari kerusakan tersebut, harus dilaksaukan pengawasan asam urat secara berkala.

10. Hipertensi dapat memicu kerusakan capilary fragile (CF) di sekitar cornea dan lensa mata. Untuk menghindari kerusakan tersebut, harus dilaksaukan pengawasan hipertensi secara berkala. 



✅Beberapa gejala-gejala pada mata yang kerap terjadi dan Resikonya jika tidak diatasi 

Gejala mata kering 

Merupakan sekumpulan simptom yang menimbulkan rasa kesakitan dan tidak nyaman di mata. Mata kering, yang juga


disebut dengan keratitis sicca, terjadi ketika lubang hidung di mata tidak mencukupi kadar yang cukup, sehingga membuat mata menjadi kering dan susah untuk melihat.

Sedangkan mata pegel 

Gejala mata kering yang paling sering dialami oleh orang dewasa dan laki-laki. Pegel adalah sebuah sakit di bagian bawah mata yang menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Pegel juga dapat menyebabkan rasa sakit di bagian luar mata, seperti pembengkahan dan pembentukan cairan di bagian luar mata.

Mata sepet  

Gejala mata kering yang sangat parah dan dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di bagian luar mata. Mata sepet terjadi ketika lubang hidung di mata tidak mencukupi kadar yang cukup, sehingga membuat mata menjadi kering dan susah untuk melihat. Mata sepet juga dapat menyebabkan rasa sakit di bagian luar mata, seperti pembengkahan dan pembentukan cairan di bagian luar mata.

Resikonya mata kering jika tidak diatasi 

Jika tidak diatasi, resiko mata kering dapat meningkatkan ketidaknyamanan, mengganggu penglihatan, dan menyebabkan iritasi mata. Kondisi ini juga dapat meningkatkan risiko infeksi pada mata karena kurangnya pelumasan yang normal, menyebabkan mata lebih rentan terhadap kerusakan akibat gesekan. 

Selain itu, jika tidak diatasi, mata kering juga dapat berkontribusi pada kerusakan mata jangka panjang dan pengaruh negatif pada kualitas hidup seseorang. Penting untuk mencari penanganan medis jika Anda mengalami gejala mata kering, seperti perasaan gatal, kemerahan, atau sensasi terbakar di mata, atau jika Anda merasa bahwa mata Anda terasa kaku atau kering.


✅Bahaya mata kering 

Adalah bahwa gejala ini dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman di mata, serta dapat menyebabkan kerusakan pada struktur mata, jika gejala tidak dirawat secara tepat. Mata kering juga dapat meningkatkan risiko terkena infeksi bakteria dan virus di mata, seperti konjunktivitis.

✅Penyebab mata kering terdapat banyak faktor, antara lain:

1. Keringat merupakan salah satu penyebab utama dari gejala mata kering. Keringat membuat lubang hidung di mata lebih kecil, sehingga membuat lubang hidung lebih susah untuk menghalusi cairan di dalamnya.

2. Debu merupakan salah satu penyebab utama dari gejala mata kering, terutama jika debu masuk ke dalam lubang hidung di mata. Debu dapat mempercepat kerusakan lubang hidung di mata dan membuat gejala mata kering lebih parah.

3. Angin merupakan salah satu penyebab utama dari gejala mata kering, terutama jika angin sangat parah atau berawal dalam waktu yang lama. Angin dapat membuat lubang hidung di mata lebih susah untuk menghalusi cairan di dalamnya.

4. Perubahan hormonal, seperti hormonal ovarian yang berkurang setelah menopause, dapat mempercepat kerusakan lubang hidung di mata dan membuat gejala mata kering lebih parah.

Insto dry eyes (IDE) adalah salah satu #SolusiMataKering yang sangat efektif. IDE merupakan produk farmasi yang digunakan untuk menghaluskan gejala mata kering secara efektif dan aman untuk digunakan oleh semua orang, termasuk anak-anak dan orang dewasa. 

Insto dry eyes bekerja secara efektif untuk menghaluskan gejala mata kering dengan cara memperbaiki rasa kering di mata dan membuat mata lebih basah. Untuk meluruhinya secara efektif, IDE juga bekerja untuk menghilangkan gejala pegel dan sepet, sehingga memberikan rasa ringan dan nyaman kepada pemakainya saat mereka sedang menghilangkan gejala yang tidak enak pada mata

Meningkatkan penglihatan tanpa menggunakan kacamata atau lensa kontak. Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim bahwa pengobatan alami dapat meningkatkan penglihatan, ada beberapa perubahan gaya hidup dan olahraga yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan penglihatan.

Insto dry eyes dokpri emma 


Berikut beberapa strategi yang bisa dicoba untuk menghindari resiko mata kering

1. Konsumsi makanan yang kaya vitamin A, C, dan E, serta asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan mata. Beberapa contohnya termasuk sayuran berdaun hijau, buah jeruk, kacang-kacangan, dan ikan berlemak seperti salmon.

2. Olahraga teratur dapat meningkatkan aliran darah ke mata, sehingga dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia. Usahakan untuk melakukan setidaknya 2 jam aktivitas aerobik intensitas sedang atau 75 menit aktivitas aerobik intensitas kuat per minggu.

3. Merokok dapat meningkatkan risiko degenerasi makula terkait usia dan katarak. Berhenti merokok dapat mengurangi risiko ini secara signifikan.

4. Kenakan kacamata hitam dengan pelindung UV saat berada di luar ruangan untuk mencegah kerusakan mata akibat radiasi UV.

5. Ada beberapa senam mata yang bisa dilakukan untuk memperkuat otot mata dan meningkatkan fokus. Beberapa contohnya termasuk latihan telapak tangan, berkedip, dan fokus dekat-jauh.

6. Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan mata. Usahakan tidur 7-8 jam per malam.

7. Stres kronis dapat menyebabkan masalah mata seperti mata kering dan ketegangan mata. Temukan cara sehat untuk mengelola stres seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan dalam.

Konsistensi adalah kunci untuk meningkatkan penglihatan secara alami, hal ini penting untuk dilakukan agar penglihatan selalu sehat. Jangan lupa untuk selalu gunakan #InstoDryEyes ketika merasa mata kering, berapa indahnya menatap dunia dengan mata yang sehat. see you 

Komentar

Suci mengatakan…
Ngeliat yang hijau2 terutama pagi hari itu bener2 terbukti ngga cuma bikin badan segar tapi mata juga ikutan segar.

Emang paling bener deh alam itu sebaik2nya obat.
Tapi tetep kudu stook insto dimanapun berada. Di rumah dan di kantor juga selalu ada, nih
Ainun mengatakan…
aku banget ini sebagai penderita mata kering, dan selalu sedia obat tetes mata.
Hampir tiap hari, hampir 24 jam sehari juga, mantengin layar komputer, selain di kantor tentu aja pas balik kerja masih buka laptop di rumah
Beruntung sekarang ada obat tetes mata yang praktis seperti insto dry eyes ini
DokterTaura mengatakan…
INSTO adalah salah satu obat yang selalu tersedia di mobilku. MAklum, sepanjang perjalanan, mobil selalu ber AC yang sering banget bikin mata kering dan pedih. APalgi kalau lagi pakai lensa kontak. Dengan Insto Dry Eyes, sekali tetes saja sudah terasi khasiatnya…. Bikin adem di mata, penglihatan pun jadi lebih cerah…
Annie Nugraha mengatakan…
Kalo saya perhatikan ya. Menjaga kesehatan mata tidak boleh hanya fokus pada obat atau penanganan sisi luarnya aja. Tapi juga wajib memperhatikan kesehatan tubuh (dari dalam). Karena keduanya saling berhubungan dan mendukung satu sama lain. Usia juga gak boleh dianggap enteng ya. Seiring dengan bertambahnya usia, tentu saja semua panca indera akan makin berkurang kemampuannya. Dan itu juga harus kita sadari.
Maria G Soemitro mengatakan…
Selalu punya nih Insto Dry Eyes

Gak tau kenapa, mata sering gatal dan kerasa kotor

Sesudah pakai Insto Dry Eyes jadi nyaman kembali
Alif Kiky Listiyati mengatakan…
Sering banget ngerasain mata kering dan sepet . Apalagi kalau keasyikan main game. Untung sekarang sudah ada Insto Dry Eyes
Bayu Fitri mengatakan…
Kondisi mata kering ini mengganggu banget ya apalagi kalau sedang dateline wuih panik sendiri heheh untung ada solusi Insto Dry Eyes ini
Lia Yuliani mengatakan…
Kerasa banget ya sekarang ini sama saya kalau lama pakai laptop atau lihat hp mata cepat lelah dan terasa kering. Memang paling enak pakai Insto dry Eyes biar mata lebih fresh dan ngga kering
YSalma mengatakan…
Insto dry eyes selalu ada dalam tas karena sangat membantu banget mengatasi mata kering selama melakukan aktivitas. Bikin adem penglihatan.
Fenni Bungsu mengatakan…
daku acap kali nih mata pegel dan merah karena keseringan menatap gawai. memang harusnya disiasati agar tidak merah lagi ya, dan menyiapkan insto dry eyes ini
Triani Retno A mengatakan…
Aku selalu sedia Insto di rumah sih, karena setiap hari berjam-jam kerja di depan laptop. Emang nggak enak banget kalau mata sampai terasa kering. Periiih. Tapi asli baru tau kalau asam urat pun bisa berpengaruh pada mata.
Deeva Collection mengatakan…
kalau sudah berurusan dengan mata, memang harus diberikan perhatian. Apalagi kalau suka aktivitas berkendara di luar. Salah satu yang bisa dilakukan selain mengistirahatkan dan menjaga kebersihan mata adalah dengan sedia insto. Kemasannya mungil bisa dibawa ke mana saja.
Sendy Yunika mengatakan…
Tipsnya bagus nih. Kadang mata lelah sering di abaikan, apalagi kalo lama-lama menatap layar. Pas bgt ada insto, sensasi ademnya bikin kalem.
khairiah mengatakan…
insto andalan keluargaku kalau ada masalah mata dari mata merah hingga mata kering. Nyaman aja kalau pake insto mata nggak kerasa perih kalau lama-lama main hape , apalagi kalau main hape dalam gelap
Lia Lathifa mengatakan…
Tipsnya benar-benar lengkap supaya kita terhindar dari masalah mata kering yang ternyata berbahaya jika diabaikan, untung ada Insto Dry Eyes ya
Desi mengatakan…
mata kering atau mata gatel memang sangat mengganggu aktifitas harian. Pekerjaan yang biasanya dikerjakan dalam waktu singkat, bisa jadi terhambat karena mata kurang sehat.
Nita Juwithafina mengatakan…
Jaman masi sering wara wiri naik motor ke tempat jauh aku selalu tak lupa sedia ini di tas. Karena abis berkendara tu mata kering banget. Thank to Insto
Manda Dea mengatakan…
wah pantes nih, ibuku yang juga kena diabetes beberapa waktu lalu ngeluh matanya ga nyaman,ternyata berpengaruh ya.
aku pakai insto juga adem banget di mata

Postingan populer dari blog ini

Serunya Back to school with home credit Indonesia

[ blog review ] Film anak Indonesia terbaru "koki-koki cilik"

Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi