Launching 4 Aplikasi FLOBAMORA untuk Majukan UMKM

FLOBAMORA ialah penggalan dari beberapa nama daerah Flo untuk Flores, Ba untuk Sumba, Mor untuk Timor dan A untuk Alor, ini semua adalah beberapa pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur.  Dengan lokasi dimana terdapat pulau-pulau Kecil menjadikan banyak tempat di Nusa Tenggara Timur tampak lebih eksotis. Negeri dengan Kekayaan alam yang melimpah ruah seperti perikanan, pariwisata, pertanian dan hasil bumi lainnya yang sayang belum teroganisir dengan baik dan bukan hanya itu saja akan tetapi juga kaya akan seni, budaya, ragam bahasa dan kuliner khas daerah yang menggugah rasa.


Kilaudigitalflobamora, flobamora, 4 Aplikasi FLOBAMORA,
Dokpri emma


Memang Nusa Tenggara Timur terdiri dari banyak pulau-pulau Kecil, dimana salah satunya terkenal dengan hewan buas dan langka yaitu komodo. Flobamora pun kaya akan hasil bumi dan laut yang bila di manfaatkan tentunya akan mengangkat perekonomian domestik khususnya NTT. Untuk ini Pemerintah bekerja sama dengan BUMN dan startup terkemuka untuk mengangkat NTT agar lebih maju dengan pemanfaatan digitalisasi yang bisa merambah keseluruh Sektor kehidupan melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Peresmian Aplikasi FLOBAMORA untuk Majukan UMKM

Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Nusa Tenggara Timur (NTT) mengusung tema Kilau Digital Permata Flobamora (Flores, Sumba, Timor, dan Alor) yang telah menyelenggarakan puncak acaranya pada Jumat, 18 Juni 2021, pukul 08.00 WITA berlokasi di Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT diresmikan secara virtual live oleh wakil presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin.


H. Ma'ruf Amin, kilaudigitalflobamora, flobamora, launching aplikasi,
WapresRI, dok. Emma


Acara puncak Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora tersebut telah dilaksanakan dalam bentuk forum tatap muka (offline) dan online melalui aplikasi Zoom dan akun YouTube Ditjen IKP Kominfo, serta disiarkan juga secara live di TVRI, Metro TV, iNews TV, dan radio RRI.


Beberapa tamu undangan yang hadir baik secara offline maupun online antara lain adalah Luhut Binsar Pandjaitan (Menkomarves), Johnny G. Plate (Menkominfo), Perry Warjiyo (Gubernur BI), Tito Karnavian (Mendagri), Basuki Hadimuljono (MenPUPR), Sandiaga Uno (Menparekraf), Erick Thohir (MenBUMN), Teten Masduki (MenkopUKM), Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT), Viktor Laiskodat (Gubernur NTT), Ririek Adriansyah (Dirut Telkom), dan Edistasius Endi (Bupati Manggarai Barat).


Selain launching ceremonial, acara juga  diisi dengan kegiatan Virtual Expo yang akan menampilkan secara virtual produk-produk UMKM yang telah dikurasi oleh mitra Top Brand seperti Telkom, Bank Indonesia, serta marketplace. Virtual Expo tersebut juga membuka kesempatan untuk seluruh masyarakat di Indonesia untuk membeli produk-produk dari para pelaku UMKM di NTT.


Kain dan aneka Kraft NTT, dok.emma


Dalam kesempatan tersebut para tamu juga akan berbincang mengenai kemajuan UMKM di Indonesia, khususnya di NTT. Ada juga sesi talkshow bersama marketplace yang menghadirkan narasumber Ketua Umum idEA, CEO Ladara, dan CEO Grab yang membahas peluang bisnis.


Keindahan tenun khas Flobamora NTT juga akan ditampilkan dalam acara fashion show yang akan dipimpin oleh Julie Laiskodat (Ketua Dekranasda Provinsi NTT). Selain itu juga ada hiburan musik dan juga Bazaar Expo produk-produk khas NTT dari UMKM.


Fashion show,  4 Aplikasi FLOBAMORA untuk majukan umkm
Acara fashion show, dok. Emma


Keseluruhan acara yang padat di isi juga dengan launching beberapa aplikasi untuk menunjang Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) jadi mau belanja apapun produk-produk daerah, sudah lebih mudah dengan menggunakan aplikasi ini. Dengan menggunakan Laptop, PC, tablet dan Smartphone Kita dapat melihat budaya lokal dan juga berbelanja nah, apa saja yang di luncurkan yuk Kita bahas satu persatu.


Dengan web www.kilaudigitalflobamora.id ini adalah virtual expo flobamora yang berisi 100 UMKM dengan 1000 produk lokal yang di tawarkan, untuk aplikasi ini sebelumnya Kita isi pendaftaran terlebih dahulu dengan mengklik, maka Kita akan masuk ke lobi di sana Kita lihat exhibition hall di Mana terdapat ribuan produk lokal, ada auditorium pameran serta informasi di Mana Kita dapat chat dan belanja secara online. 


Tarian adat NTT, 4 Aplikasi FLOBAMORA untuk majukan umkm
Tarian adat, dok. Emma

Launching 4 Aplikasi FLOBAMORA untuk Majukan UMKM

Seperti kata pepatah "Tak kenal maka tak sayang" Nah, untuk lebih mengenal Flobamora NTT maka ada beberapa aplikasi yang dapat Kita gunakan antara lain:


1. JP Hub (Jaringan Pariwisata) launching oleh Kominfo, Telkom dan MenpareKraft 

Di aplikasi ini menampilkan produk Wisata dan tempat-tempat Wisata serta sarana untuk mempromosikan Wisata yang ingin anda kunjungi atau ingin agar orang dapat mengunjungi tempat Wisata tersebut, dengan cara lebih efektif dan jangkauan yang lebih banyak. 


2. Pikampung.com launching oleh Bank Indonesia (BI)

Pikampung adalah aplikasi yang berisi tentang kampung-kampung unik di NTT yang menunjukkan jati diri daerah, budaya, cinderamata, dan juga aneka kuliner khas daerah 


3. Toko online bumdesmart launching oleh Mendes PDTT dan Kominfo

Adalah aplikasi dengan konsep e-commerce secara lokal, Penjualan produk kebutuhan pokok bahan pangan, hasil pertanian, hasil peternakan dan hasil laut secara online semua di dapat dari pelaku UMKM yang telah melewati proses kurasi.


4. GO NTT (gerbang Online) launching oleh Bank NTT 

Ini juga aplikasi UMKM di NTT dimana terdapat pilihan aneka produk dan layanan seputar NTT.


Kesemua aplikasi ini bisa di unggah melalui play store dengan kemudahan di dalamnya. Launching virtual expo flobamora sudah terintegrasi QRIS bank Indonesia. Pameran virtual ini berlangsung hanya selama 1 bulan (9 Juni - 9 Juli) selain berisi Fashion, Kraft serta Food and beverage juga ada webinar dan konsultasi juga pendamping UMKM untuk melakukan expo.


  FLOBAMORA untuk majukan umkm dok. Emma


Provinsi NTT adalah sinergi antara alam, budaya dan Manusia, kampung adat adalah jati diri dan identitas NTT. Kaya akan suku dan ragam bahasa yang di miliki, ritual adat adalah hubungan antara manusia, alam dan budaya, menjadikan NTT eksotisme yang siap memikat setiap pengunjungnya. Dengan sentuhan digitalisasi menjadikan NTT lebih kekinian dan bermanfaat baik untuk wisatawan maupun penduduknya agar Flobamora berkilau bak permata, Ayo Kita semua bangga Buatan Indonesia.



Komentar

Okti Li mengatakan…
Waktu ikut di zoom, suaranya tidak jelas di saya. Makanya saya buka juga di yutubnya keminfo.
Sekarang kalau mau beli produk dari NTT atau mau tahu seputar pariwisata di NTT cukup dalam ponsel di genggam ya
Moch. Ferry Dwi Cahyono mengatakan…
Terus berkarya melalyi produk berkualitas, dukungan pemerintah diperlukan umkm.
Fenni Bungsu mengatakan…
Kalau udah membicarakan Nusantara memang selalu membanggakan, semoga FLOBAMORA ini terus eksis dan meningkatkan perekonomian
Annie Nugraha mengatakan…
FLOBAMORA memang daerah-daerah yg punya hasil kerajinan tangan yg sangat indah dan sudah mendunia. Semoga dengan didukung oleh pemasaran digital, produk-produk tersebut semakin dikenal dengan tingkat penjualan yang semakin meningkat
Fionaz mengatakan…
Banfga buatan Indonesia salah satunya dengan membeli dan memakai produk buatan dalam negeri salah satunya kain tenun Flores yang udah terkenal kecantikannya. Apalagi sekarang udah bisa dibeli via online
nurul rahma mengatakan…
Wah, keren banget ini program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang sudah diresmikan Presiden Joko Widodo sejak tanggal 14 Mei 2020

Bener2 bisa menjadi upaya mendorong para pelaku UKM dan UMKM bisa bangkit serta bertahan selama pandemi Covid-19.

Gerakan Bangga Buatan Indonesia bertujuan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, dan menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Gerakan yang merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional ini juga mendorong para pelaku UMKM untuk masuk ke ekosistem digital.
Wahid Priyono mengatakan…
Saya pribadi sangat setuju nih dengan adanya aplikasi Flobamora ini, mudah2an ke depannya bisa menjadi wadah bagi pelaku UMKM setempat untuk mudah dalam menjual produk/jasa mereka, sehingga inklusi keuangan daerah dan nasional jadi naik. Masyarakat juga secara finansial makin oke selama pandemi.
Susi Susindra mengatakan…
4 aplikasi ini, saya belum donlot sehingga belum tahu seperti apa Dari bacaan di sini saya bisa membayangkan bagaimana upaya serius pemerintah dalam mempromosikan produk lokal sekaligus mensejahterakan mereka. Say adukung gernas BBI-nya dan semoga aplikasi Flobamora sukses besar
Dee_Arif mengatakan…
dengan adanya pasar digital bisa membuat produk UMKM NTT makin dikenal luas dan berkembang pesat ya mbak
Mutia Ramadhani mengatakan…
NTT semakin Go Digital ya. Saya setuju, untuk wilayah Indonesia yang tergolong jauh, bisa kita unggulkan dengan memanfaatkan teknologi digital, sehingga yang jauh bisa terasa dekat. Saya pernah nih ke Flobamora pas masih ikut suami dinas di Kupang 2014.
Onny Putranto mengatakan…
Semoga aplikasi yang dibuat tidak hanya sebatas proyek belaka, namun bisa benar-benar memajukan UMKM di Indonesia, kalau menurut saya lebih baik mengoptimalkan aplikasi serupa yang sudah ada dan ternama dengan cara membantu membuat program-program yang menarik bagi pelaku usaha dan konsumen.
Dian Restu Agustina mengatakan…
Mbak..itu kain dan craft khas NTT bagus bangets...aku penyuka kerajinan tangan begini. Pas bener ada Flobamora nanti kepoin ah, ga bisa pergi tapi bisa beli karya UMKM-nya , bahagiaaa!
Desi Murniati mengatakan…
Salah satu impianku adalah bisa mengunjungi NTT soalnya kalo liat di TV dan film-film NTT bagus banget. Apalagi setelah baca artikel ini, jadi makin kepengen
Lia Yuliani mengatakan…
Kain dan kraft produknya NTT bagus ya Mba. Pastinya Kita harus bangga dengan kualitas atau produksi dalam negeri. Semoga produksi dalam negeri bisa terus berjaya.
ovie mengatakan…
Baru tahu kalau flobamora itu singkatan nama wilayah di NTT. Semoga makin banyak produk NTT yang terkenal dan digemari masyarakat secara luas.
gemaulani mengatakan…
Keren ya ada 4 aplikasi yang dilaunching pada acara puncak festival Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang temanya Kilau Permata Digital Flobamora ini. Ada Go NTT, Bumdesmart, Pikampung dot com, JP Hub. Jadi semakin mudah untuk mendapatkan produk UMKM lokal dari NTT, teruta Flobamora (Flores, Sumba, Timor dan Alor). Keren
Akarui Cha mengatakan…
Di NTT banyal kampung unik dan bisa dicari tahu melalui pikampong. com ya. Wah penasaran. Semoga dengan Flobamora, kawasan Indonesia bagian Tengah dan Timur makin dikenal luas.
Narasi Nia mengatakan…


Aku naksir sma craft nya kak. Kreatif sekali ya masyarakat flores, sumba dan timor alor ini.

Gak heran kalau hasil kain tenun mereka dijadikan warisan budaya sama UNESCO 😉
Lasmicika mengatakan…
Kain tenunnya nih, bikin mupeng. Langsung ngebayangin dan berimajinasi mau kubikin kombinasi baju kembaran sekeluarga kalau punya kain tenun NTT ini.

Postingan populer dari blog ini

7 strategi menghindari resiko mata kering

Serunya Back to school with home credit Indonesia

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi

[ blog review ] Film anak Indonesia terbaru "koki-koki cilik"

Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan