5 Tips Bermedia sosial di Tengah Pandemi

Semenjak pandemi terjadi 2 tahun yang lalu, maka total seluruh aktivitas beralih ke internet untuk pekerja kantoran pun melakukan kegiatannya melalui work from home atau bekerja dari rumah. Kebijakan pemerintah yang menerapkan sistem PPKM agar dapat menekan laju pandemi merupakan langkah yang tepat, dengan begitu pentingnya penggunaan media sosial di tengah pandemi pun sangatlah tinggi dan internet menjadi andalan untuk mencari informasi dari sumber yang benar.


Tidak semua informasi dari internet itu baik dan benar ya bro, sebagai blogger penting untuk kita memfilter berita yang beredar di masyarakat, bahkan jika di perlukan kita harus meluruskan suatu info atau berita yang rancu agar hoax  tidak menjadi acuan atau bahan untuk orang lain menyebarkan berita, nah untuk ini di perlukan penelusuran sumber berita yang akurat ya. Banyak informasi penting dan bermanfaat yang bisa kita dapat dari bermedia sosial apalagi untuk blogger dan influencer yang menjadikan media sosial sebagai sarana dan prasarana untuk menghasilkan pundi-pundi keuangan.


PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI TENGAH  PANDEMI

Media sosial yang kita ketahui seperti :  Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn dan masih banyak lagi aplikasi lainnya yang dapat kita gunakan baik untuk berinteraksi dengan orang, sarana hiburan bahkan untuk mencari uang lho!

Untuk melancarkan aktivitas harian kita maka penggunaan media sosial di tengah pandemi menjadi sangat tinggi dan penting, Mengapa demikian? karena mulai dari pendidikan, pekerjaan kantoran bahkan sampai yang sudah berhenti bekerja karena pandemi untuk memulai kegiatan mencari penghidupan yang baru pun menggunakan media sosial. Lalu apa saja sih manfaatnya 


1. media sosial baik digunakan saat pandemic karena tidak berdekatan dengan orang lain. Yup saat lock down kita tidak dapat berinteraksi dengan orang lain, nah momentum ini kita gunakan sebaik mungkin. Apabila kita ingin berniaga secara online,  maka penggunaan media sosial adalah langkah yang tepat. 


2. lebih mudah dipahami dan mudah untuk dijangkau. Untuk hal ini media sosial yang kita buat semenarik mungkin akan lebih mudah di mengerti oleh orang lain, selain itu penggunaan internet saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup semua orang.


3. lebih efektif  dan mudah dimengerti.

Dibutuhkan kreativitas, design yang baik untuk menumbuhkan daya saing dalam mendapatkan hasil sesuai dengan yang kita inginkan makanya penggunaan media sosial lebih efektif dan mudah di mengerti


4. Walau di media sosial tapi dapat berinteraksi dengan cepat. Media sosial menciptakan ruang yang semula jauh menjadi dekat, yang awam jadi cerdas.


5. modal tidak terlalu besar karena kalau kita memulai usaha dengan menyewa tempat maka itu akan kan membuat budget lebih besar sedangkan media sosial tidak.


6. membuat kita lebih kreatif karena apapun yang kita buat harus dapat menyentuh orang lain sehingga ingin berinteraksi dengan kita.


7. lebih ramah lingkungan karena misalnya kita menggunakan media cetak untuk mempublikasikan karya kita maka hasilnya kurang efektif media cetak itu akan menjadi sampah dan itu dapat mengotori lingkungan.


Pastinya masih banyak lagi hal-hal bermanfaat lainnya yang bisa kita dapat dari media sosial, point' pentingnya adalah selalu bijak dalam bermedia sosial jangan sampai membuat kita memberikan informasi yang tidak sesuai, jadilah konten kreatif yang menggunakan hasil karya sendiri atau original milik pribadi.


WFH-kerja-dari-rumah
Design by EmmaMalika


5 TIPS BERMEDIA SOSIAL DI TENGAH PANDEMI

lalu apa aja sih yang perlu diperhatikan saat kita bermedia sosial di tengah pandemi? hal ini penting sekali untuk kita terapkan karena nantinya apapun yang kita lakukan dengan media sosial akan berimbas pada diri kita sendiri. Untuk ini yuk sama-sama kita simak apa aja sih 5 tips bermedia sosial di tengah pandemi versi saya dan juga selanjutnya kita bahas satu persatu ya

1. Tulisan original buatan kita sendiri, Ini pastinya penting sekali karena kita tidak boleh mencontoh atau mencontek dari hasil karya orang lain yang tentunya sudah dilindungi oleh hak cipta, lagipula kalau kita mencontek karya orang lain berarti kita sudah plagiat dan tidak kreatif.


2. Menulis apa adanya dan bukan hoax. Dalam hal dunia tulis menulis di media sosial kita harus menyampaikan hal yang benar dari buah pemikiran atau karya pribadi kita sendiri dengan apa adanya dan tidak boleh menyampaikan hal atau ide yang tidak jelas sumbernya atau disebut dengan hoax.


3. Memiliki ciri khas, Agar orang lain lebih mudah mengetahui hasil karya kita, maka gunakan ciri khas yang kita miliki selain hal ini baik untuk karya kita juga dapat mempermudah orang lain untuk lebih mengenal kita.


4. Isi dari tulisan kita mudah di pahami. Membuat hasil karya yang mudah dipahami orang lain itu akan lebih baik, karena kalau terlalu sulit untuk di pahami maka orang akan malas untuk melihat media sosial kita boro-boro untuk membeli atau melihat produk/informasi yang akan kita tawarkan.


5. Menginspirasi orang lain dengan cara yang kreatif.  Buatlah media sosial itu seperti yang kita mau, akan tetapi dapat menginspirasi orang lain untuk mengikuti kita atau umpamanya media sosial untuk berniaga maka buatlah agar orang lain tertarik dengan apa yang kita tawarkan.


Nah, pandemi kan masih belum berakhir kita harus memanfaatkan keadaan ini dengan cara yang kreatif dan bijaksana mungkin saat ini berkumpul ataupun bertemu orang lain seperti teman masih belum dapat dilakukan, tapi paling tidak  selama kita di rumah se-efektif mungkin memberdayakan media sosial yang dimiliki agar bermanfaat untuk kita dan keluarga.


Sejatinya media sosial adalah hiburan yang menyenangkan bagi diri kita baik itu untuk sekedar mencari informasi seperti di https://www.indozone.id/ atau juga digunakan untuk sekedar mencari ide-ide baru, tapi jika media sosial dapat di kreasikan sebagai mesin pencetak cuan kenapa tidak iya kaan? sekian dulu aah celotehan dari saya, oh iya lebih kurangnya tolong di maafkan semoga tulisan saya ini bermanfaat ya wassalam.


Komentar

Maria G Soemitro mengatakan…
tulisan original emang segalanyaa

apalagi tulisan organik.

banyak manfaat bagi penulisnya, insyaallah juga untuk pembacanya
Triani Retno A mengatakan…
Bener nih, media sosial memungkinkan kita memulai usaha dengan modal kecil. Sisi buruknya, banyak toxic people berkeliaran di media sosial.
Moch. Ferry Dwi Cahyono mengatakan…
Penting tips dan panduan tulisan diatas, seperti saya ketika membaca reviewnya bermanfaat
Mutia Ramadhani mengatakan…
Sering mengakses media sosial di masa pandemi sekarang ini kadang suka menyulut emosi. Makanya harus lebih efektif mengaksesnya. Jangan berlebihan. Kalo kita mau menulis, ya jangan sampai menjadi bahan propaganda dan hoax, justru harus informatif bagi pembaca.
Fenni Bungsu mengatakan…
Kudu manfaatkan media sosial untuk hal yang bijak. Dari pada menyebarkan hoax, lebih baik buat media kerja, jadi menghasilkan cuan kan
Wahid Priyono mengatakan…
Wah, salah satu hal penting bijak bersosmed yaitu memang bisa kita manfaatkan untuk mencari peluang usaha dan mempromosikan bisnis yang digeluti. Thanks for sharingnya kak..
Sabrina mengatakan…
Menginspirasi orang lain ini paling menyenangkan kalau tulisan kita bisa bermanfaat orang lain atau dibaca orang lain, rasanya senang banget ya mba
Triani Retno A mengatakan…
Tossss. Paling asik emang sih pakai media sosial buat menghasilkan cuan :D Di mata orang-orang kayak cuma main-main, wasting time, padahal ... insya Allah mah itu pintu rezeki kita ya.
Yayu Arundina mengatakan…
Media sosial emang jadi sohib sejati di kala pandemi nih. Postingan yang menarik jadi banyak dicari orang, bikin hidup kita jadi seru deh
Blognya Yuni mengatakan…
Media sosial kalau digunakan secara bijak manfaatnya banyak. Banyak juga lho orang salah kaprah, dipake sebar hoax, nyinyir, jelek2in orang. Sekarang kalau mau upgrade diri kreatif ajalah ya
Tukang jalan jajan mengatakan…
Selama pandemi, sosial media memang lebih banyak digunakan. Ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan termasuk untuk jualan dan mecari new and potential costumer sih ya
diane mengatakan…
Kita makin akrab dengan media sosial selama pandemi ya..Karena kita pas juga gak bisa kemana-mana..memantau semua perkembangan lewat medsos
Farahdjafar mengatakan…
Alhamdulillah yah Kak dengan bersosial media dapat manfaat yang lebih banyak yah
tuty saca mengatakan…
selama pandemi malah jadi makin ketergantungan sama hp, aku lagi asik banget liatin reels di ig karena skrg banyak konten yang sangat informatif dan bermanfaat
Elva Susanti mengatakan…
Alhamdulillah di tengah pandemi gini media sosial sangat membantuku utk menambah penghasilan dari rumah

Postingan populer dari blog ini

7 strategi menghindari resiko mata kering

Serunya Back to school with home credit Indonesia

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi

[ blog review ] Film anak Indonesia terbaru "koki-koki cilik"

Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan