Resep Bola-bola Ubi Ungu ala Emma

Hai sebagai ibu, kita nih bukan hanya multitasking dalam hal mengatur rumah akan tetapi juga harus lebih kreatif dalam hal menu hidangan di rumah agar lebih variatif. Bersyukur banget deh tinggal di bumi Indonesia yang konon katanya lagu koesplus "tongkat kayu dan batu jadi tanaman" begitulah suburnya negera tercinta kita ini. Salah satu sumber pangan yang dapat menjadi bahan makanan pengganti nasi adalah Ubi, ada banyak jenis umbi-umbian yang bisa di jadikan bahan pangan, contohnya saja adalah Ubi ungu.


Terdapat banyak varietas umbi-umbian yang termasuk dalam keluarga kentang. Selain ubi ungu juga ada ubi merah dan ubi kekuningan semua memiliki rasa yang sama yaitu manis dan memiliki tekstur yang lembut, dikarenakan ubi ini memiliki cita rasa yang manis maka cocok untuk semua jenis hidangan. Cara memasaknya ada beragam, baik itu cara sederhana seperti di bakar, rebus, kukus atau dapat di olah dengan cara lainnya dengan memberikan tambahan bahan pangan lain.


APAKAH UBI UNGU MENGANDUNG LEMAK? 


Ubi ungu yang kaya akan manfaat ini cocok bila di jadikan bahan pangan yang sedang ingin melakukan diet, ingat ya diet itu bukan berarti tidak makan, akan tetapi mengurangi jumlah asupan makan kita terutama karbohidrat yang tinggi kandungan glukosa seperti nasi. Menurut ahli gizi kandungan karbohidrat pada nasi 39g dan lemak 0,30g  sedangkan ubi ungu mempunyai kandungan karbohidrat 20g dan lemak 0,03g. Jadi boleh di katakan bahwa kandungan lemak pada ubi ungu rendah sekali dan ini cocok bagi yang ingin melakukan diet.


Aneka olahan dengan memakai bahan utama ubi itu ada banyak olahan seperti, kolak ubi, ubi goreng dengan tambahan tepung tentunya, gethuk ubi, keripik ubi stik ubi dan lain sebagainya. Cita rasa ubi ini dapat di terima oleh semua jenis usia mulai dari balita sampai orang tua.

Alhamdulillah nya keluargaku terutama Anak-anakku dalam hal makanan gak pilih-pilih sih yang penting Enaak, jadi ya bikin dengan bahan yang ada di rumah aja, murah meriah berbahan ubi dan higienis tentunya.

Ubi ungu, resep sederhana, enak dan lezat


Resep bola-bola Ubi Ungu

Kali ini saya punya ubi yang akan di olah dengan manis dalam bentuk bola-bola ubi ungu dengan cita rasa yang lezat, karena anak-anak saya bosan dengan sajian ubi yang itu itu saja. Nah jadi nih saya share resep bola-bola ubi ungu isi SKM jangan lupa untuk mempraktekannya ya 


Bahan

Ubi ungu 1 kg ( kukus lalu lumatkan )

6 Sdm tepung tapioka/kanji

3 Sdm tepung maizena

6 Sdm gula pasir

1 Sdt baking powder

Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

SKM untuk isian dan topping


Cara membuat

Ambil wadah untuk menjadikan satu semua bahan lalu aduk² hingga merata. Setelah ambil adonan bentuk mini mangkok pada telapak tangan lalu isi dengan Kental Manis kurang lebih 1 sdt, perlahan bentuk bulatan seperti bola ( Bentuk bisa disesuaikan ya ) kemudian Setelah rapi boleh di goreng pada minyak panas hingga matang lalu sajikan.


Makan bola² ubi ini selagi hangat bersama keluarga enaak banget lho, apalagi dengan tambahan topping SKM (susu kental manis) diatasnya dan melting isiannya di dalam mulut hmm yummy..bikin lidah gak berhenti bergoyang dan klo belum habis belum berhenti memakannya hehee di cobain resepku ya 


Nah ngiler deh pasti lihat tampilannya kaan, makanya tunggu apalagi yuk aah kita buat kreasi masakan favorit keluarga. Ubi ungu bukan hanya cocok sebagai makanan pengganti nasi, akan tetapi kandungan gizi dari ubi hampir sama seperti nasi yang berisi karbohidrat tapi rendah lemak..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 strategi menghindari resiko mata kering

Serunya Back to school with home credit Indonesia

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi

[ blog review ] Film anak Indonesia terbaru "koki-koki cilik"

Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan