Menu Buka Puasa Praktis di Rumahku

Saat kita berpuasa maka banyak keinginan yang akan di lakukan saat berbuka puasa yang ada di pikiran itu banyak banget contohnya pengen berbuka dengan kolak pisang atau minuman buah segar, pengen lontong dan gorengan, pengen berbuka dengan menu resto di sini atau disana dan banyak lagi.


Menu Buka Puasa Praktis di Rumahku
Pic by emma


Padahal sih jika berbuka puasa ketemu dengan kurma dan air putih saja sudah sangat nikmat iya kaann? Sebenarnya sih wajar saja jika ingin ini dan ingin itu, semua terjadi karena hawa nafsu kita saat berpuasa. Intinya bagaimana kita mengendalikan keinginan kita itu.


Hampir semua ibu rumah tangga ingin menyajikan menu berbuka puasa yang spesial untuk keluarga, akan tetapi ketika melihat budget pengeluaran untuk selama bulan Ramadhan menjadi berpikir ulang untuk berbelanja yang lebih, akhirnya kepikiran deh untuk menyajikan menu berbuka puasa yang praktis dan ekonomis.


Untuk membuat menu berbuka puasa yang praktis tentunya tidak mengurangi kadar kandungan gizi dengan tetap memberikan nutrisi yang seimbang. Harus tetap ada sayuran hijau dan buah agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Bukan berarti karena berpuasa lalu manis-manisnya jadi berlebih ya buibuk, karena kelebihan glukosa juga tidak baik untuk tubuh kita.


Bila bulan Ramadhan tiba maka saya dan hampir seluruh keluarga besar saya dirumah, kami adalah tipe yang berbuka puasa dengan Air putih dan langsung makan berat seperti nasi. Jadi seperti kolak, es buah segar dan yang lainnya kami makan setelah sholat tarawih. Kenapa seperti itu jawabannya adalah entahlah. Intinya di keluarga besar saya setelah makan nasi lanjut sholat Maghrib lalu baca Al Qur'an beberapa ayat bahkan 1 juz lalu ketika adzan Isya' sambung dengan sholat tarawih deh.


Untuk ini maka menu berbuka puasa yang praktis sangat kita andalkan, seperti hari ini keluarga saya berbuka puasa dengan sayur tumis kangkung, balado udang dan tahu goreng. Akan tetapi dirumah juga ada lontong dan gorengan (yang boleh beli) serta buah pepaya potong.


SEPERTI APA SIH MENU BUKA PUASA PRAKTIS?


Ingat di tulisan saya sebelumnya bahwa hindari untuk mengkonsumsi ikan asin, karena akan berakibat kita teramat haus di siang hari yang menjadikan tubuh kita lemas dan loyo karena tingginya kadar garam yang terkandung pada ikan asin. Lalu seperti apa menu buka puasa yang praktis?


1. Buatlah menu berbuka yang tidak memerlukan usaha yang berlebih karena sedikit banyak saat berpuasa membuat kita sedikit lemah, misal punya 1 ekor ayam yang dapat kita bumbu ungkep dan siap goreng kapanpun, jika bosan maka lebihan ayam ungkep dapat kita masukkan ke kulkas yang bisa di goreng kemudian.


2. Sama halnya dengan ayam maka kita pun dapat lakukan hal yang sama pada ikan, tahu maupun tempe.


3. Membuat sayuran yang di tumis dengan sedikit minyak atau dengan cara di buat sayur bening.


4. Sesekali bolehlah beli kolak, bubur kacang hijau, dan lain sebagainya.


5. Kalau ingin es campur ataupun asinan sayur/buah ya beli saja sesuai keinginan karena lebih praktis dan pastinya habis serta lebih irit tentunya.


Nah itulah menu berbuka puasa yang praktis ala saya, sebisa mungkin hindari makanan bersantan ya karena akan meningkatkan kolesterol dalam tubuh yang tidak baik untuk jantung kita. Makan buka puasa dengan ini dan itu adalah keinginan kita semua, yang terpenting adalah angka kecukupan gizi dengan makan makanan yang bernutrisi untuk mengembalikan tenaga dan bekal untuk puasa selanjutnya ya. wassalam









Komentar

nitalanaf mengatakan…
Menu buka puasa memang mesti diperhatikan gizi seimbangnya ya. Biar sehat terus sampe selesai Ramadan. Saya pun Ramadan sempet sakit karena pola makan yg gak imbang ini, haha...