Sambut Cuan dengan Metode Affiliate

Hai emak-emak dimanapun anda berada, bagaimana kabarnya? insyaAllah semua baik-baik saja ya. Senang deh rasanya bila kita sebagai seorang ibu tapi tetap bisa memanfaatkan waktu luang kita untuk hal-hal yang berguna, apalagi sampai menghasilkan cuan, hmm bahagia dong.


Lalu bagaimana nih cara mendapatkan cuannya? tentu saja dengan memanfaatkan dan memaksimalkan website dan media sosial yang kita miliki. Alhamdulillah kan kalau kita menulis terus tulisan kita bermanfaat untuk orang lain atau malah mendatangkan cuan untuk kita, ini tuh terasa sesuatu banget iya kan mak hehee.

Emma-Sambut Cuan dengan Metode Affiliate
Image by emma 

Belum lama berselang saya ikut menghadiri acara Arisan ilmu bersama KEB atau Kumpulan Emak Blogger dan Accesstrade Indonesia, dimana dalam acara tersebut membahas tentang "Mempersiapkan diri di tahun 2023" bertempat di Bellagio Mansion Mega Kuningan Jakarta Selatan.


Mari kita berkenalan dengan Accesstrade


Tak kenal maka tak sayang, untuk ini mari kita berkenalan dengan Accesstrade ya. ACCESSTRADE adalah jaringan affiliate marketing terbesar di Asia Tenggara yang dioperasikan oleh Interspace Co., Ltd. Sejak tahun 2001 dan telah hadir di beberapa negara seperti Indonesia, Vietnam, Thailand, Malaysia dan Singapore.


Menghadirkan “Japanese spirit”, ACCESSTRADE bangga akan standard yang tinggi, dan selalu mengutamakan kejujuran, transparansi, dan kepentingan publisher. Nah untuk lebih memahami, ayo kita berkenalan juga dengan affiliate marketing,

Emma-Sambut Cuan dengan Metode Affiliate
Image by Emma 

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing ialah metode digital yang memakai cara mempromosikan produk atau layanan (Advertiser) melalui pemilik website (Publisher) kepada end-users. Publisher yang menghasilkan uang secara online akan menerima komisi ketika users mengunjungi websitenya (website, blog atau social media) dan melakukan action seperti pembelian, install atau pendaftaran.


Untuk pelaku affiliate marketing adalah orang-orang yang terlibat dalam affiliate ini seperti :

1. Advertiser

sebagaimana yang kita ketahui advertiser ialah pemilik produk atau layanan yang bersedia membayar biaya iklan melalui online marketing channels.


2. Publisher

Lebih dikenal sebagai Seorang individual atau perusahaan yang mempromosikan produk Advertiser melalui website, blog, atau media sosial dan mendapatkan komisi dari Advertiser


3. Customer

Ini yang paling menentukan dimana seseorang yang melihat iklan dari Publisher dan melakukan action seperti pembelian, install atau pendaftaran dan, 


4. Affiliate Network

Sebagai penghubung Advertiser dengan para Publisher. Affiliate network akan menyediakan platform teknis, mengumpulkan uang dan membayar komisi ke Publisher.


Jadi keempat lingkaran ini sangat menentukan agar cuan mengalir dengan baik ke rekening kita dan Accesstrade Indonesia menjadi jembatan agar kita dapat meraihnya.  Untuk lebih jelasnya posisi kita sebagai konten kreator adalah di nomer 2, ya benar sebagai publisher.  Nah langkah penting selanjutnya adalah kita terlebih dahulu registrasi atau mendaftar ke platform affiliate Accesstrade Indonesia.


Setelah registrasi berhasil kemudian kita dapat membuka dashboard Accesstrade yang merupakan platform publisher untuk melakukan aktivitas terkait dalam pembuatan link afiliasi, materi campaign, pengecekan laporan konversi dan pembayaran.

Emma-Sambut Cuan dengan Metode Affiliate
Image by KEB

Tahapan  awal jalani bisnis affiliate marketing di Accesstrade adalah melalui beberapa tahapan yang harus dilakukan, untuk ini mari kita bahas bersama satu persatu.

✅ Login melalui dashboard publisher 

✅ Kita dapat melihat  semua Campaign yang tersedia pada menu Campaign dan tentunya ini dapat kita lihat setelah kita di setujui ya.

✅ Sebelum kita apply Campaign yang dipilih harus dibaca baik-baik agar kita paham dengan apa yang akan kita lakukan.

✅ Untuk apply Campaign boleh lebih dari 1 ya, setelah ini kita tunggu persetujuan pihak affiliate setidaknya 3 hari kerja.

✅ Apabila campaign telah disetujui, lalu cek menu Campaigns > Affiliated Campaigns. Saatnya mempromosikan campaign deh, tuh gampang banget kan.


Nah tunggu apa lagi mari berdayakan diri dengan menggunakan platform website dan media sosial yang kita miliki bersama Accesstrade, lumayan lho untuk tambahan uang jajan atau membantu perekonomian keluarga. Semoga ulasan singkat saya kali ini dapat bermanfaat ya mak, yuk semangat menyambut cuan.

















Komentar

Okti Li mengatakan…
Betul jaman sekarang ini asal kita jeli dengan peluang, kerja keras dan disiplin sebenarnya peluang usaha itu banyak sekali ya. Saya juga saat ini lagi coba masuk di afiliate aplikasi design nih. Semoga saja ada yg nyantol hehehe
Fenni Bungsu mengatakan…
Peluang bloger raih cuan makin banyak nih.
Bisa ikutan juga, apalagi daftarnya gak pakai susah ya kak. Mau ah join
Annie Nugraha mengatakan…
Menarik banget keliatannya. Semoga kita-kita, para blogger ini, bisa bermanfaat di titik publisher ya Mbak. Tahun depan bukan tak mungkin banyak usaha yang mulai aware untuk sering memanfaatkan jasa blogger sebagai salah satu dari rangkaian penting promosi dan brand image.
Annisa Rizki Sakih mengatakan…
Saya baru inget bahwa sudah lama punya akun di accestrade, tapi ga pernah sempat belajar cara menanyangkan iklannya di blog. Sayang juga ya.. jadi keinget lagi karena baca tulisan mbak Emma ini..demi 2023 yang lebih cuan saatnya belajar dan aktif. Semangaatt
andyhardiyanti mengatakan…
Dulu tuh kayaknya pernah deh saya daftar Accesstrade. Tapi gak pernah diapa-apakan lagi, padahal penawarannya banyak banget. Habis baca ini, jadi pengen kepoin lagi akun saya di sana. Siapa tahu bisa dimaksimalkan.
Maria G Soemitro mengatakan…
kayanya saya pernah daftar di accesstrade deh

tapi gak tahu bagaimana caranya

Jadi tau setelah membaca tulisan Mbak Emma

terimakasih ya
Dee_Arif mengatakan…
Sekarang ada banyak peluang untuk menambah cuan ya mbak
Tergantung apakah kita bisa memanfaatkan atau tidak