11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi

Entah rahasia apa dibalik derasnya hujan yang turun ke bumi, tapi keinginan untuk menghadiri acara 11 tahun KEB, pada hari Sabtu, 28 Januari 2023 yang berlokasi di Bali Notes Terrace, Jl. Prof. Joko Sutono SH No.15, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tidak dapat terbendung lagi.

Iya benar sekali, faktanya adalah saya-lah yang tidak ingin ketinggalan untuk mengikuti acara yang tidak biasa itu, karena kemungkinan tidak semua emak-emak seberuntung saya, berkesempatan untuk dapat menghadiri kemeriahan bertambahnya usia komunitas yang menaungi seluruh emak-emak Indonesia yang suka menulis.

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi
Source pic design canva by Emma 

Bertepatan pada tanggal 18 Januari 2023 saat ini KEB memasuki usia remaja awal yaitu 11 tahun, Alhamdulillah tahun ini saya mendapat kesempatan untuk menjadi saksi kemeriahan acara. Dalam hal ini saya akan menuliskan ulasannya dan berkisah tentang program-program kerja para Makmin kece yang telah berlangsung, seperti apa sih rekam jejak dan berbagi KEB ini? yuk bersama kita lihat secara lengkapnya tapi sebelum itu acara diawali dengan makan bersama.

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi
Nasi Mandy dan ayam Chiking Balinote terrace 

Berjejak dan Berbagi versi KEB

Setiap komunitas mempunyai program-program tersendiri yang akan menunjukkan eksistensinya, baik berupa karya, kreativitas maupun dukungan. Nah begitupun dengan KEB untuk lebih jelasnya yuk kita simak satu persatu.

✔️Dukungan KEB terhadap Gerakan Nasional Literasi Digital - Siberkreasi. Untuk ini menitik beratkan pada penyebaran informasi yang akurat dan disertai fakta terkait sehingga memungkinkan untuk dapat meminimalisir atau bahkan meniadakan hoax. Oleh sebab ini maka sebagai emak-emak blogger harus cermat akan suatu informasi dan menjaga jempol kita untuk tidak lekas ambil keputusan untuk turut menyebarkan.

✔️ Peluncuran e-book yang ditulis oleh para makmin Kumpulan Emak Blogger dengan tajuk “Warna-warni Dunia Blogging dan Cerita di Balik Dapur Komunitas” merupakan bagian kumpulan kisah nyata yang diabadikan dari berjejak dan berbaginya komunitas emak-emak blogger ini.

✔️Dukungan KEB terhadap komunitas PPBN atau Perempuan Pelestari Budaya Nasional untuk terus berkarya di ruang digital dengan karya-karya yang positif dan menyebar informasi kebaikan tentang kain dan kebaya kepada masyarakat luas melalui media sosial

✔️Lalu yang belum lama berselang adalah event charity dengan Run 11K, periode larian tanggal 5-18 Januari 2023 direkam via strava dengan titik kumpul di FX sudirman Jakarta dan tentunya berlangsung pula open Donasi.  Acara larian ini dilakukan bisa secara dicicil 3 kali ataupun secara langsung. #KEBPeduli melalui kampanye #KEBCharity11KRun dalam rangka KEB 11 Tahun dengan Dana yang terkumpul sebesar Rp. 2.500.000 penyerahan secara simbolis  pada RA Miftahul Jannah, Noborejo, Salatiga yang diberikan oleh Ketua umum Mak Elly Nurul dan diterima oleh Ketua KEB Solo Mak Ranny Afandi.

✔️Mini workshop dengan narasumber Ali Muakhir – Penulis. Disini mas Ali muakhir memaparkan tentang contoh menulis kisah inspiratif dengan menggunakan metode EMAK, yaitu:

- Endapkan rasa, saat kita mendapatkan ide atau gagasan maka ada baiknya kita renungkan atau diendapkan agar kita menemukan sari Pati dari ide tulisan tersebut.

- Memantapkan ide tersebut dengan cara membuat struktur kisah inspiratif yang akan ditulis.

- Apa pesan yang akan disampaikan dalam tulisan tersebut sehingga dapat ditulis sebagai penutup

- Kapan tulisan tuntas? ini kembali pada diri kita sendiri juga ya Mak, ada baiknya agar dibuat jadwal dan harus memastikan tulisan tuntas.

✔️Selanjutnya pada kesempatan yang sama narasumber lain pada ultah 11 tahun KEB yaitu, Oktora Irahadi CEO INFINA memberikan tanggapannya bahwa, bila konsumen suka akan suatu produk maka acap kali melihat produk tersebut hingga 2 kali atau bahkan mungkin bisa lebih, setelah itu mereka akan mencari informasi lengkapnya dari sumber lain seperti Media sosial, dan untuk meyakinkan dirinya mereka akan melihat review atau ulasan dari para blogger untuk bahan acuan. Nah Sebagai perempuan apalagi sudah jadi emak-emak bisa mengambil kesempatan ini, untuk memanfaatkan media sosial dan blog yang kita punya agar mendapatkan tambahan cuan.

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi
Source by Mira Sahid 

Keseruan acara 11 tahun KEB mencapai puncaknya saat pemotongan tumpeng dan tentunya ada banyak bagi-bagi hadiah, seperti kejutan mencari kata hoki di bawah kursi yang kita duduki. Alhamdulillah 20 orang menerima hadiah hoki termasuk saya hehe.. tidak sampai disana ya Mak, karena beberapa kuis kecil-kecilan dengan menanyakan sedikit soalan dari mak Mira Sahid yang berhadiah e-wallet tunai hingga ratusan ribu lho! tapi sayang saya kalah cepat oleh peserta yang lain hiks.

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi
Pic by Emma 

Hujan pun berhenti ketika acara selesai, biarkan rahasia hujan itu tetap menjadi rahasia sang pencipta. Kita sebagai manusia dalam wujud emak-emak, hanya bisa menjalani takdir yang telah tertulis dengan meletakkan jejak yang baik dan terus Berbagi untuk sesama. Akhirnya ucapan terima kasih kepada kumpulan emak-emak blogger yang telah menjadi wadah bagi kita semua agar perempuan Indonesia lebih berdaya dan bermanfaat, Syukuran KEB 11 Tahun ini didukung oleh Siberkreasi, Kominfo RI, INFINA dan Bali Notes Terrace.


Komentar

fanny_dcatqueen mengatakan…
Seru banget acara KEB kemarin ya mba... Saya nyesel juga ga bisa ikutan, padahal masih di JKT lokasinya. Pengen ih ketemu langsung dengan makmin keb, selama ini kenal di grub doang 😄, kecuali Ranny yang pernah ketemuan

Semoga kalo THN depan diadain lagi saya bisa ikut

Postingan populer dari blog ini

7 strategi menghindari resiko mata kering

Serunya Back to school with home credit Indonesia

[ blog review ] Film anak Indonesia terbaru "koki-koki cilik"

Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan