Bergerak Nyata bersama Rumah Zakat

Bergerak nyata, secara resmi digaris bawahi sebagai acuan bagi Rumah zakat dalam rangka mencapai keberhasilan program-program kerjanya. Program kemanusiaan yang dijalankan ini terbit atas keprihatinan pada seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini dikembangkan secara nyata dengan cara berkolaborasi dengan beberapa pihak terkait 

Memang harus diakui bahwa bekerjasama lebih cepat menentukan keberhasilan suatu program, lain halnya bila bekerja sendiri tentu hasilnya akan memakan waktu yang agak sedikit lebih lama. Bertahannya suatu kolaborasi adalah karena kepercayaan dan sepemahaman akan tujuan yang baik, dengan begini maka kerjasama akan terjalin dengan harmonis.

Emma-Bergerak Nyata bersama Rumah Zakat
Image by Emma-

Sama halnya dengan kolaborasi Rumah zakat dengan Bappenas, donatur dan pihak swasta yang menargetkan untuk mengentaskan kemiskinan dan mengangkat masyarakat bangsa ini agar lebih baik. Lalu hal-hal apa saja yang dilakukan oleh Rumah zakat dan para rekan kerjanya?

Luncurkan kampanye aksi Bergerak Nyata, Rumah Zakat Targetkan 20% Penerima Manfaat Keluar dari Garis Kemiskinan, dimulai dengan penerimaan zakat yang telah diamanahkan lalu kemudian dibagikan secara merata dihampir seluruh provinsi di Indonesia. Tahun ini bersama mitra dan donatur, Rumah Zakat memiliki target untuk membantu 1,5 juta penerima manfaat, dan 20% dari penerima manfaat program ekonomi, keluar dari garis kemiskinan.

Launchingnya kampanye Gerakan Bergerak Nyata untuk Indonesia, Gerakan ini bertujuan mengajak masyarakat melakukan aksi nyata untuk kebaikan diri sendiri dan sekitarnya. Dalam implementasinya gerakan ini dapat dimulai dari hal-hal kecil yang memiliki dampak besar dalam kehidupan manusia.

Aksi Bergerak Nyata Rumah Zakat 

Pada kesempatan acara di Hotel Bidakara kemarin, Irvan Nugraha selaku CEO Rumah Zakat mengatakan, Dengan mengucap syukur Alhamdulillah di tahun 2022, melalui serangkaian program pemberdayaan dibidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan dan aksi kemanusiaan sebanyak 1,3 juta penerima manfaat dapat terbantu yang merupakan wujud kolaborasi Rumah Zakat bersama para donatur dan mitra.

Emma-Bergerak Nyata bersama Rumah Zakat
Image by Emma 

Di tahun 2022, Rumah Zakat mendapatkan Amanah mengelola 1.732 desa berdaya dari Aceh sampai Papua, 19 Sekolah Juara, 9 klinik pratama, 301 Bummas, 14 kemitraan kampung zakat, dan 6 lokasi KUA. Rumah Zakat pun terjun dalam aksi kemanusiaan di 128 titik di Indonesia dengan menggerakkan 1.643 Relawan.

Aksi kemanusiaan ini, Rumah Zakat menggandeng Bappenas dan Kementerian Agama untuk meminimalisir Stunting, dimana dampak buruk dari stunting bagi masa depan penerus bangsa. Aksi kampanye Bergerak Nyata ini, terlihat dengan memberikan edukasi pada masyarakat agar keluarga yang memiliki anak dengan usia menikah untuk lebih memeriksakan diri ke pusat kesehatan. Tidak hanya untuk anak perempuan akan tetapi juga anak laki-laki.

BKKBN dan Rumah zakat juga bergandengan tangan menjadi orangtua asuh, untuk mengatasi stunting di 14 titik di Indonesia, program mendukung anak stunting dengan edukasi dan pendampingan pada keluarga rentan atau miskin dengan memberikan bantuan asupan makanan bergizi di 1000 hari pertama.

Untuk inilah Harapan dari edukasi ini adalah agar calon pasangan pengantin harus lebih siap, tidak hanya siap secara finansial akan tetapi juga siap dari segi kesehatan. terutama pihak perempuan yang akan mengandung akan tetapi pihak laki-laki pun tidak luput dari pemeriksaan kesehatan karena yang akan membuahi kelak.

Emma-Bergerak Nyata bersama Rumah Zakat
image produk desa berdaya by Emma 

Aksi dari kampanye Bergerak Nyata ini, Rumah zakat juga bekerja sama dengan mitra untuk mengangkat budaya lokal, karena banyak budaya lokal yang bagus akan tetapi belum mempunyai jalan yang tepat untuk memperkenalkan-nya pada dunia luar. Untuk itu mengangkat desa+desa tertinggal di daerah di Indonesia agar lebih berdaya menjadi program lain Rumah zakat.

Adapun Desa Berdaya sendiri merupakan pendekatan program yang bertujuan untuk memberdayakan Indonesia. Caranya yakni dengan mengintergrasikan program pemberdayaan yang disesuaikan dengan potensi masing-masing desa. Setiap desa didampingi oleh seorang fasilitator pemberdayaan yang bernama relawan inspirasi. “Kita mendukung setiap desa dapat memiliki badan usaha masyarakat, sehingga desa-desa tersebut menjadi mandiri dan berdaya,” tukas Irvan.

Emma-Bergerak Nyata bersama Rumah Zakat
Image by Emma 

Bersama Kementerian Pariwisata, Rumah zakat bergerak nyata dalam program pemberdayaan desa wisata dengan pelatihan dan mengoptimalkan desa wisata dalam hal sharing dan traveling yang saat ini sedang berjalan. Harapannya adalah wisatawan dapat berbagi informasi pada orang lain dengan tetap menikmati wisata.

Aksi bergerak nyata dari Rumah zakat ini membuahkan hasil yang gemilang, dimana, Alhamdulillah hingga tahun 2022 yang lalu. CEO Irvan Nugraha mengatakan "Rumah Zakat dipercaya memperoleh 66 penghargaan. Mulai dari dampak program pemberdayaan, service branding dan komunikasi Lembaga baik dilevel nasional maaupun global. Tahun 2022 juga Rumah Zakat memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dalam audit keuangan. Sehingga total 16 kali berturut-turut Rumah Zakat mendapatkan predikat WTP".

Tidak terasa sekarang sudah bulan Syaban ya sebentar lagi Ramadhan tiba, Nah Rumah zakat Luncurkan Aplikasi Transparansi Zakat di Bulan Suci. Jelang bulan suci Ramadhan, Rumah Zakat meluncurkan Rumah Zakat App 2.0. Yang diharapkan dengan aplikasi ini, para donatur dapat melakukan lacak zakat, memperoleh laporan zakat, menghitung zakat dengan kalkulator zakat, hingga kemudahan menunaikan zakat. Rumah Zakat App saat ini dapat diunduh di Google Play dan AppStore.

"Rumah Zakat App pertama kali dirilis bulan Desember 2022 dan alhamdulillah kini sudah memiliki 5000 pengguna aktif. Aplikasi ini hadir sebagai bentuk transparansi zakat dari para donatur sehingga mereka bisa mengetahui laporan dana zakat, infak, sedekah yang diamanahkan kepada Rumah Zakat,” ucap Irvan.
Emma-Bergerak Nyata bersama Rumah Zakat
Image Seluruh narasumber by Emma 
Dalam konferensi kemarin, Kemenag khususnya KUA yang diwakili oleh Maliki mengatakan bahwa 'Rumah zakat merupakan percontohan relawan dan sebagai fasilitator relawan yang di optimalkan untuk pemberdayaan ekonomi umat dan kampung zakat"

Melayakkan penerima manfaat dengan kolaborasi, selain ada keterbatasan tentunya juga ada kelebihan semoga kedepannya program-program dari Rumah zakat lebih sukses dan maju hingga pada akhirnya campaign bergerak nyata untuk Indonesia menjadikan masyarakat yang tangguh dan berdaya tercapai! 






Komentar

Tira Soekardi mengatakan…
Programnya keren ya, tentu masarakat akan banyak ikut berpartisipasi
Mporatne mengatakan…
Alhamdullilah sudah ada play store nih jadi tinggal download dan makin rajin zakat.
Haryadi Yansyah mengatakan…
Walau rasanya belum berkontribusi banyak dan juga nggak rutin, namun jika ada rezeki dan mau didonasikan, aku juga biasa mempercayakan ke rumah zakat. Sampai sekarang juga rutin dikirimin WA ajakan untuk berbuat kebaikan. Ketimbang donasi ke lembaga abal-abal, mending yang pasti-pasti aja ya kan.
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Keren ya, baru aja dilaunching aplikasi rumah zakat di akhir tahun lalu, tapi penggunanya udah ribuan.
Barokallah.
semoga semakin berkah dalam menyalurkan dana dari umat untuk lebih bermanfaat kepada sesama
Maria G Soemitro mengatakan…
hebat ya Rumah Zakat

memberi solusi bagi muslim untuk menyalurkan ziswafnya, karena tepat sasaran dan dapat dipertanggung jawabkan

secara periodik Rumah Zakat selalu memberi laporan pada para muzakki nya
Reza Fahlevi mengatakan…
Menyenangkan mengetahui bahwa saat ini lembaga-lembaga yang mengelola amanah masyarakat berupa ziswaf mengembangkan sasaran pengelolaan tidak hanya penualuran berupa konsumtif dapi lebih ke usaha produktif.termasuk yang dilakukan rumah zakat ini. Menngembangkan usaha kecil dan menengah memberikan pelatihan dan permodalan dan bahkan telahendapat penghargaan.

Semoga kedepan program-program seperti ino lebih banyak umkm yang terbantu.
Bambang Irwanto mengatakan…
Alhamdulillah sekarang mau berzakat, infaq dan Sadoqoh semakin dipermudahkan. Lewat Rumah Zakat, donasi kita bisa disalurkan dengan tepat kepada orang yang berhak menerima dan akhirnya bermanfaat. Soalnya banyak yang langsung WA tanpa permisi dan minta donasi. Padahal tidak jelas dari lembaga mana.
Annie Nugraha mengatakan…
Luar biasa. Gerakan yang menyentuh langsung kepada mereka yang membutuhkan. Ini jadi salah satu bentuk kontribusi nyata yang bermanfaat dan sangat berguna bagi para UKM. Semoga program pembinaan seperti ini bisa terus berlangsung dengan tata kelola yang semakin baik dari waktu ke waktu.
www.kisahsejati.com mengatakan…
Wow luar biasa ya, dapat 66 penghargaan.Sebuah prestasi yang membanggakan.Semoga kedepannya semakin banyak yang tergerak untuk berzakat ya
Salam: Dennise Sihombing
DokterTaura mengatakan…
Wah... Rumah Zakat benar-benar bergerak nyata ya dalam menjalankan program-program kemanusiaan. Programnya nyata, kerjanya nyata... Semoga hasilnya juga nyata...
Two tumbs up buat Rumah Zakat ya
lendyagasshi mengatakan…
Ada banyak sekali program yang dilakukan Rumah Zakat. Semoga senantiasa memberikan manfaat untuk ummat. Senang sekali bahwa stunting termasuk dalam ranah perhatian Rumah Zakat.
Ida Wahyuni mengatakan…
Saya sangat setuju dengan beberapa program yang telah dilakukan oleh Rumah Zakat, seperti program pendidikan, kesehatan, ekonomi produktif, dan pemberdayaan masyarakat. Program-program tersebut berfokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat dan memberikan solusi bagi masalah sosial dan kemanusiaan.
Fenni Bungsu mengatakan…
Dukung selalu untuk aksi baik dari Rumah Zakat ini.
Apalagi kolaborasinya dengan berbagai pihak, sehingga bisa menjangkau lebih banyak lagi kepada yang menerima manfaat
Irawati Hamid mengatakan…
terimakasih buat rumah zakat yang sudah banyak membantu masyarakat yang membutuhkan. semoga rumah zakat semakin jaya, amiin
fanny_dcatqueen mengatakan…
Naah harus transparan memang, jadi para donatur zakat bisa tahu bahwa zakat mereka benar2 dimanfaatkan secara benar. Ada laporannya. Nanti saya coba download aplikasinya mba. Selama ini zakat saya salurin ke lingkungan sekitar rumah yg masih banyak membutuhkan, sebagian ke Dompet D*uafa. Kalo rumah zakat ini sama2 transparan, saya juga mau salurin kesana
Annisa Rizki Sakih mengatakan…
Rumah Zakat reputasinya sangat baik hingga saat ini dan saya baru tahu loh bahwa sekarang sudah ada aplikasinya juga. Memudahkan sekaligus semoga bisa menjangkau lebih banyak orang yang ingin menyalurkan zakatnya agar bisa dimanfaatkan dengan lebih optimal dan tepat sasaran

Postingan populer dari blog ini

7 strategi menghindari resiko mata kering

Serunya Back to school with home credit Indonesia

[ blog review ] Film anak Indonesia terbaru "koki-koki cilik"

Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi