Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan

Virus selalu beredar dimana-mana, baik lingkungan bersih apalagi lingkungan yang tidak terjaga kesehatannya alias jorok. Jika kita kembali dari lingkungan seperti itu maka usahakan agar selalu membersihkan diri dengan cara mandi dan mengganti seluruh pakaian kita. Hal ini menjadi penting dilakukan agar kita terhindar dari kuman dan bakteri yang nantinya akan membuat kita sakit.

Seperti sakit influenza, mungkin penyakit ini terlihat ringan tapi jangan salah duga ya karena penyakit influenza ini juga masuk dalam kategori penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian juga lho! ughh ngeri banget ya. Menurut prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi Sp.PD, K-AI - Satgas Imunisasi Dewasa, angka kematian lansia yang disebabkan oleh influenza yang tercatat di WHO sudah cukup tinggi. 

Emma-Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan

Berdasarkan hasil riset Centers for Disease Control and Prevention (CDC)1 di Jakarta Timur, Indonesia, sekitar 31% kasus Influenza Like Illness dan 15% kasus Severe Acute Respiratory Infection terbukti positif karena virus Influenza. Selain beban penyakit, beban ekonomi dari biaya rawat inap serta rawat jalan (direct cost) pun tinggi, mencapai Rp1.396 triliun di Indonesia.WHO menyatakan, vaksinasi merupakan cara paling efektif untuk mencegah penyakit infeksi Influenza.

Program pencegahan melalui vaksinasi influenza setiap tahunnya menjadi sangat penting untuk dilakukan, guna untuk melindungi diri dan keluarga terutama kelompok rentan serta sekaligus dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksinasi influenza quadrivalent. Harapannya dapat memotivasi masyarakat agar lebih menjaga kesehatan dari risiko penyakit yang disebabkan oleh virus influenza.

Apa Perbedaan Influenza dan Selesma?

Banyak diantara kita yang mengira bahwa influenza dan Selesma adalah penyakit yang sama, gejalanya seperti, demam, nyeri otot, menggigil, letih, lesu, bersin-bersin, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, sakit kepala, sakit dada dan batuk seperti yang acap kali kita rasakan, tapi pada kenyataannya influenza dan Selesma adalah dua penyakit yang berbeda.



Emma-Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan
Para narasumber dok by emma 

Untuk Salesma atau pilek biasa umumnya adalah munculnya ini secara bertahap, sakit tenggorokan, merasa tidak enak badan, biasanya bersin-bersin lalu hidung tersumbat dimulai dari yang ringan sampai sedang, tidak selalu atau bisa dibilang jarang untuk sakit kepala maupun demam. Gejala seperti ini bila segera beristirahat dan kita obati dengan minum obat warung saja lalu kita sudah menjadi lebih baik.

Sedangkan influenza gejala yang sama dengan Selesma akan tetapi munculnya influenza ini datangnya secara mendadak. Inilah yang harus diwaspadai karena apabila tidak segera ditangani dengan baik akan berbahaya, karena dapat mengakibatkan komplikasi seperti radang paru (Pneumonia), infeksi telinga, infeksi Sinus dan memburuknya kondisi kesehatan kronis antara lain: Gagal jantung kongestif, asma dan diabetes.

Jika sampai terkena penyakit influenza seperti ini bila dibiarkan, maka akan sangat berbahaya karena mudahnya terkena resiko komplikasi serius, bisa di rawat inap bahkan sampai kematian dan yang terberat adalah kehilangan waktu produktif, dimana yang seharusnya kita dapat bekerja menghasilkan uang jadi sebaliknya yaitu mengeluarkan uang untuk membayar dokter atau rumah sakit duh.. jangan sampai deh ya.

Dalam sambutannya drg. Ani Ruspitawati MM-Pit selaku Kadinkes DKI Jakarta menjelaskan tentang betapa pentingnya vaksin influenza dalam program pekan imunisasi dunia yang harus didapatkan oleh seluruh tenaga kesehatan. Ini di karenakan tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam menerima dan membantu para pasien, itulah mengapa tenaga kesehatan mendapat prioritas utama penerima vaksinasi influenza quadrivalent.

Tenaga kesehatan rentan terhadap virus oleh sebab itu harus di vaksin secara berkala, penyebab kemungkinan tertular dari pasien sangatlah besar hingga dikhawatirkan setelah sampai di rumah masing-masing dapat menyebarkan virus tersebut pada keluarganya. Yang menjadi perhatian penting adalah Tenaga kesehatan 4x lipat mudah tertular bila tidak di vaksin sedangkan yang sudah di vaksin menurun menjadi 2x lipat itulah Pentingnya Vaksin Influenza untuk Jaga Diri dan Keluarga.


Apa sih Vaksin influenza Quadrivalent itu?

Sebagai garda terdepan, tenaga kesehatan perlu di vaksin influenza quadrivalent yakni vaksin yang mengandung dua subtipe virus influenza A dan dua subtipe virus influenza B. Vaksin ini dibuat untuk meningkatkan perlindungan terhadap virus influenza B yang tidak tercakup oleh vaksin trivalent.

Sebenarnya, ada dua jenis vaksin flu yang digunakan, yaitu vaksin trivalent dan quadrivalent. Vaksin trivalent adalah vaksin yang mengandung dua galur virus flu jenis A, (H1N1 dan H3N2), dan satu virus flu B. sementara vaksin quadrivalent memiliki kandungan virus flu jenis A dan B masing-masing 2 galur.

Emma-Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan
Virus influenza dok by emma 

Selain tenaga kesehatan, kelompok rentan tertular virus influenza lainnya adalah populasi diabetes,ini di karenakan memiliki gangguan sistem imunitas sehingga mudah tertular infeksi influenza. Itulah mengapa kelompok diabetes ini disarankan untuk di vaksinasi.

Pemberian vaksinasi untuk populasi diabetes ini aman dan sangat direkomendasikan dan berdasarkan penelitian maka respon yang didapatkan adalah pasien diabetes dapat merespon antibodi terhadap vaksinasi influenza yang sebanding dengan dewasa sehat, yang akan melindungi mereka dari infeksi influenza yang parah dan komplikasinya. 

Jadi intinya vaksinasi influenza quadrivalent untuk orang dengan diabetes adalah aman dan sangat disarankan untuk tetap menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh dari bahaya komplikasi maupun kematian yang diakibatkan oleh infeksi influenza.

Dalam acara Konferensi pers dan CSR vaksinasi influenza quadrivalent untuk tenaga kesehatan yang berlangsung Di RSUD Pasar Minggu beberapa waktu yang lalu, selain dihadiri oleh narasumber yang kompeten dibidangnya juga dihadiri pula oleh perwakilan beberapa rumah sakit untuk wilayah Jakarta Timur.

Emma-Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan
Para Nakes dan I Wayan yang di vaksin, dok by emma 

Pada acara tersebut dilakukan juga vaksinasi influenza quadrivalent untuk tenaga kesehatan yang diawali oleh I Wayan Darwane petugas Nakes dari RSUD Pasar Minggu Jakarta Selatan dan dilanjutkan oleh tenaga kesehatan dari rumah sakit lainnya dari wilayah Jakarta Timur.

Dari informasi di atas jelaslah pentingnya melakukan vaksin influenza quadrivalent untuk jaga diri dan keluarga termasuk kelompok rentan dari bahaya infeksi virus influenza. Melihat betapa mahalnya harga kesehatan alangkah baiknya bila kita mengikuti anjuran pemerintah terutama dokter untuk segera vaksinasi.

Menjaga imunitas tubuh agar selalu sehat adalah hal utama, dengan kesehatan yang prima kita dapat melakukan aktifitas harian dengan lancar dan bahagia untuk mencapai masa depan yang diharapkan dan diimpikan, semoga bermanfaat dan wassalam.




Ucapan terimakasih kepada:

Siaran pers Kadinkes DKI Jakarta

Semua narasumber yang hadir pada acara.

Komentar

Aisyah Dian mengatakan…
betul sekali kak penderita diabetes memang agak mengkhawatirkan ya, kondisinya suka up & down jadi memang harus divaksin agar lebih kebal dengan berbagai virus
Yayu Arundina mengatakan…
Aku baru tahu nih ada vaksin influenza. Ngeri juga yah kena influenza itu bisa kemana-kemana. Miga kita semua sehat yah
Fenni Bungsu mengatakan…
Sebaiknya memang divaksin ya untuk menjaga ketahanan tubuh serta juga menjaga keluarga dan lingkungan
Lia Lathifa mengatakan…
Hmm ternyata berbeda ya selesma pilek dan influenza ya. Anakku berarti sering flu karena mendadak batuk ingusan, padahal gak bersin. Penting juga ya vaksin influenza mencegah hal hal yang tak diinginkan
Fenni Bungsu mengatakan…
Daku sering nyebut lagi flu, eh yang daku alami itu bukan flu ya, tenyata selesma kalau lihat dari gejalanya.
dessy achieriny mengatakan…
Idealnya setahun sekali harus vaksin influenza ya mbak, krn Virus tiap tahun berkembang. Insha Allah kita selalu diberikan kesehatan ya. Penting banget emang vaksin sekarang,selain influenza, vaksin DBD juga nggak kalah penting.
Maria G Soemitro mengatakan…
Jadi ingat sewaktu anak sulung saya

semula hanya influenza, tapi kok gak sembuh sembuh, padahal udah ke dokter

beberapa hari kemudian semakin berat dan sesak nafas

untung segera dibawa ke rumah sakit

Anak saya didiagnosa pneumonia dan harus rawat inap
Imawan mengatakan…
Adanya vaksin influenza ini bagus juga ya, supaya meminimalisir berbagai dampak yang serius bagi orang-orang yang rentan terkena influenza termasuk mereka yang mengalami obesitas. Makanya, mending cepat vaksin daripada menyesal nantinya ya.
lendyagasshi mengatakan…
Dengan vaksin, diharapkan tubuh mampu membaca kode virus sehingga bisa segera membentuk daya tahan tubuh yang baik. Ilmu terus berkembang, semoga edukasi mengenai vaksin ini semakin disadari dan dijalankan oleh masyarakat Indonesia.
hani mengatakan…
Orang-orang tuh suka menyepelekan flu. "Paling flu aja..."...
Padahal buat komorbid dan usia rentan, bisa merembet kemana-mana.
Aku tahunya vaksin ini cuma buat haji & umroh. Ternyata bisa juga ya kita request mandiri ke klinik. Sip lah...lebih mencegah kan...
Dian Restu Agustina mengatakan…
Kedua anak saya saat balita dapat vaksin influenza saat tinggal di Amerika, wajib untuk usia ,18 tahun dan free. Memang penting ya vaksin ini, apalagi untuk nakes dan kelompok rentan
Utie Adnu mengatakan…
Vaksinasi intinya buat jaga2 ya mba ..jadi mau coba juga deh vaksinn buat seluruh keluarga aku...buat tameng juga intinya
Aisyah Dian mengatakan…
biarpun hanya flu ternyata kalau ada komorbid bisa bahaya ya kak, sedih karena beberapa orang terkadang menyepelekannya, eh setelah parah baru deh paham. vaksin begini memang harus diusahakan
hiqudsstory mengatakan…
Vaksin flu tuh membantu banget lho, apalagi buat yang emang daya tahan tubuhnya kurang atau gampang cape.
Stefanny Fausiek mengatakan…
Aq baru tau ternyata batuk pilek itu belum tentu influenza. Dan baru tau juga pilek itu yg mulai dari sakit tenggorokan bersin2 itu salesma. Thanks infonya ya
sari widiarti mengatakan…
Ternyata influenza lebih parah daripada pilek biasa, sepertinya setelah covid, bnyk yang flunya gak kayak biasa, lama sembuhnya dan temenku ada yg sampai sakit badannya
Akarui Cha mengatakan…
Baru eungeuh nih soal perbedaan flu dan pilek. Rupanya sama tapi beda, apalagi bahayanya ternyata lebih mengancam jika terkena flu. Rasanya kalau menjadi orang yang rentan terserang flu, juga bekerja di dunia kesehatan sih, penting ya untuk mendapatkan vaksinasi dari flu yang memang mudah juga penularannya.
Ika Maya Susanti mengatakan…
Oalah, jadi tahu kalau salesma sama influenza itu beda. Jadi yang kadang saya atau anak-anak alami itu ternyata bisa jadi bukan langsung influenza.
Alfia D. Masyitoh mengatakan…
Wah jadi inget anakku dulu pernah pneumonia. Ya gitu, tiba2 bapil, terus demam, sampe seminggu demam naik turun. Udah dikasih obat, gak ngefek. Langsung ke IGD, cek lab ternyata memang pneumonia. Opname lah akhirnya..

Ternyata emang penting juga vaksin influenza ini. Biar nggak sampe parah kejadian kalo kena flu...
Raja Lubis mengatakan…
Sepakat. Tenaga kesehatan garda terdepan, jadi perlu jadi yang pertama divaksinasi influenza ini. Secara nggak langsung juga ikut serta mendukung kesehatan masyarakat pada umumnya.
Latifah Kusuma mengatakan…
Penderita diabetes memang harus ekstra hati-hati dalam hal menjaga kesehatan ya mbak. Makanan, gaya hidup, sampai waktu istirahatnya harus selalu diperhatikan. Soalnya rentan kena penyakit lain.
Aprillia Ekasari mengatakan…
Orang2 kerap meremehkan influenza krn dikiranya cuma batpil aja ya mbak. Vaksin influenza sangat dibutuhkan terutama buat yang rentan akan penyakit biar tidak merembet ke memperparah kondisi penyakit lainnya. Apalagi setelah covid kmrn, vaksin influenza ini sangat disarankan.
Dayu Anggoro mengatakan…
Menarik nih, vaksin influenza ini sasarannya buat garda terdepan yaitu nakes, dan juga orang yang rentan. Jujur saya baru tau ada vaksin ini.

-Dayu Anggoro
Fenni Bungsu mengatakan…
Jadi tahu kalau yang pernah daku alami itu bukan flu melainkan pilek. Soalnya ternyata cara penanganannya berbeda ya kak
Fitri | Matchadreamy.com mengatakan…
Influenza itu mgkn sering dianggap remeh, tp klo udah kena badan auto gak enak dan gak bisa ngapa2in, bawaannya mau istirahat aja, hehe. Vaksin influenza ini sepertinya memang diperlukan, terutama utk nakes dan org yg rentan.
Fitri | Matchadreamy.com mengatakan…
Influenza itu mgkn sering dianggap remeh, tp klo udah kena badan auto gak enak dan gak bisa ngapa2in, bawaannya mau istirahat aja, hehe. Vaksin influenza ini sepertinya memang diperlukan, terutama utk nakes dan org yg rentan.
Atisatya Arifin mengatakan…
Wah aku baru tahu kalau influenza sama selesma ternyata beda. Soal vaksin influenza to be honest aku masih belum ngerasa butuh banget, soalnya ya masih bisa diakalin dengan istirahat dan minum obat warung. Tapi kalau emang ada penyakit bawaan lainnya, vaksin influenza ini jadi penting ya agar kondisi badan tetap prima dan tidak bikin penyakit lainnya muncul.
Fitri | Matchadreamy.com mengatakan…
Bener banget mbak, influenza itu kelihatannya sepele, tapi bisa mengganggu produktivitas. Bawaannya mau tidur aja, waktu buat cari cuan jadi terhambat hehe.
Ahmad Dzikrullah mengatakan…
Sebelum membantu orang sakit, nakes perlu banget membentengi diri dengan virus influenza ini
Niwanda mengatakan…
Aku sama anak-anak baru weekend kemarin nih ambil vaksin influenza lagi. Memang agak lumayan ya jadinya apalagi kalau bertiga begini dan mesti diulang tiap tahun, tapi sebanding lah ya sama manfaat yang insya Allah diperoleh.
Nurul Dwi Larasati mengatakan…
Jadi vaksin jenis ini memang khusus diperuntukkan bagi penderita diabetes dan nakes ya. Soal vaksin influenza, anak ke-3 ku sudah pernah dvaksin, memang sampai sekarang jarang banget batuk pilek sampe meler. Kerasa manfaatnya.
Endah Kurnia Wirawati mengatakan…
Sudah lama sebenarnya pengen banget divaksin influenza ini. Tapi Masih belum sempat-sempat juga datang ke puskesmas terdekat euy. Soalnya dengan mobilitas saya yang tinggi, perlu banget vakson yang lengkap biar daya than tubuh terhadap penyakit jadi lebih baik, terutama influenza ini ya.
Priyani Kurniasari mengatakan…
Ngeri juga ya, qkibat yang ditimbulkan. Influenza ini. Terlebih buat mereka yang menyandang diabetes. Alhamdulillah sekarang sudah ada vaksinasinya. Semoga nanti semakin banyak yg merasakan manfaat vaksinasi influenza ini ya kak

Postingan populer dari blog ini

7 strategi menghindari resiko mata kering

Serunya Back to school with home credit Indonesia

[ blog review ] Film anak Indonesia terbaru "koki-koki cilik"

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi