Bersama ramadhan kita menebar manfaat hebat

Dalam Islam, konsep ummat, atau komunitas Muslim, sering diibaratkan sebagai satu tubuh. Artinya ketika salah satu bagian tubuh sakit, maka bagian tubuh yang lain pun ikut merasakannya. Demikian pula dalam konteks ummat, hal ini berarti bahwa ketika ada anggota masyarakat yang menderita atau menghadapi tantangan, maka merupakan tanggung jawab orang lain untuk memberikan dukungan dan bantuan. Konsep ini menekankan pentingnya persatuan, empati, dan solidaritas di kalangan umat Islam.

Konflik yang terjadi di Palestina benar-benar mempengaruhi seluruh umat Islam di dunia, termasuk di Indonesia. Palestina memiliki makna dan tempat yang sangat penting dalam hati umat Muslim karena merupakan salah satu tempat suci dalam agama Islam, seperti Masjid Al-Aqsa dan Kota Tua Yerusalem. Konflik di Palestina sering membuat umat muslim merasa sedih, marah, dan prihatin karena melihat kekerasan dan penderitaan yang dialami oleh saudara mereka di sana.

Banyak umat Muslim di Indonesia dan di seluruh dunia yang berusaha membantu Palestina melalui berbagai cara, termasuk memberikan dukungan moral, bantuan kemanusiaan, atau menyuarakan hak asasi manusia dan keadilan di forum internasional. Solidaritas umat Muslim terhadap Palestina merupakan cermin dari konsep persaudaraan Islam yang mengajarkan untuk saling membantu dan berempati terhadap penderitaan sesama umat manusia.

Irvan Nugraha,CEO Rumah Zakat. dok.emma

Namun, penting juga untuk diingat bahwa pendapat dan pandangan terkait konflik ini dapat berbeda di antara masyarakat, dan kita harus menghormati perbedaan tersebut, serta mencari cara yang damai untuk mencapai penyelesaian yang adil dan berkelanjutan bagi semua pihak yang terlibat dalam konflik tersebut.

Sebentar lagi bulan suci Ramadhan segera tiba, dengan terus berlangsungnya konflik di Palestina ada baiknya kita membantu untuk meringankan kesulitan yang mereka hadapi. Himbauan yang sama juga telah dikatakan oleh ustadz Husein Gaza. 

Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu saudara-saudara muslim kita di Palestina, diantaranya adalah:

1. Donasi ke organisasi kemanusiaan

Banyak organisasi di Indonesia dan di seluruh dunia yang bersedia menerima donasi untuk membantu rakyat Palestina. Pastikan untuk memeriksa kepercayaan dan keberlanjutan organisasi tersebut sebelum memberikan sumbangan.

2. Bantuan makanan

Kita juga dapat mengumpulkan bantuan makanan seperti beras, tepung, gula, minyak, dan bahan makanan lainnya yang dapat dikirim ke Palestina melalui organisasi kemanusiaan yang terpercaya. Pastikan bahan makanan tersebut memenuhi kebutuhan gizi dan dapat bertahan lama.

3. Bantuan medis

Palestina juga membutuhkan bantuan medis, terutama obat-obatan dan peralatan medis. Anda dapat menyumbangkan dana untuk membeli obat-obatan dan peralatan medis, atau mendukung inisiatif kesehatan yang sedang berlangsung di wilayah tersebut.

4. Menggalang dana

Anda bisa mengorganisir penggalangan dana dengan melibatkan teman, keluarga, atau komunitas Anda. Penggalangan dana tersebut dapat digunakan untuk mendukung bantuan kemanusiaan yang ada atau dipergunakan untuk membangun infrastruktur dan memperbaiki kondisi kehidupan di Palestina.

Irvan Nugraha, Ferdi Hasan dan Husein Gaza dok.emma

Pastikan untuk bekerja sama dengan organisasi kemanusiaan yang dapat memastikan bantuan tersebut sampai kepada mereka yang membutuhkan. Ingatlah bahwa penting bagi kita untuk terus memperhatikan dan membantu Palestina tidak hanya di bulan Ramadhan, tetapi juga sepanjang tahun.

Rumah Zakat merupakan salah satu organisasi kemanusiaan terpercaya di Indonesia yang dapat di pertimbangkan untuk mengirimkan bantuan ke Palestina. Rumah Zakat memiliki pengalaman dalam memberikan bantuan kemanusiaan dan telah bekerja sama dengan berbagai mitra di Palestina untuk mendistribusikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Untuk lebih jelasnya kita dapat mengunjungi situs resmi Rumah Zakat untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai program bantuan mereka untuk Palestina. Di situs tersebut, dapat di ketahui cara berdonasi, jenis-jenis program bantuan, dan melihat laporan-laporan mereka tentang penggunaan dana donasi.

Hal ini senada dengan yang diucapkan oleh Ferdi Hasan bahwa "Rumah Zakat terpercaya dan transparan dalam penggunaan donasi yang diberikan. Selain itu, kita juga dapat mencari informasi lebih lanjut dan membaca ulasan dari orang-orang atau sumber-sumber yang dapat dipercaya". Nah, Ramadhan ini Rumah Zakat Targetkan Bantu 350 ribu Penerima Manfaat di Indonesia dan Palestina

Rumah Zakat meluncurkan gerakan Ramadhan Kita #ManfaatHebat untuk Indonesia dan Palestina, Selasa (27/2/2024) yang bertujuan untuk berbagi kebahagiaan kepada masyarakat yang membutuhkan baik di Indonesia maupun Palestina. Ramadhan tahun ini Rumah Zakat menargetkan untuk mengajak umat muslim untuk membantu 350ribu penerima manfaat baik di Indonesia mapun Palestina melalui beragam program istimewa.

Adapun program spesial Ramadhan tahun ini antara lain Adapun delapan program tersebut antara lain, Berbagi Buka Puasa, Berbagi Sahur, Bingkisan Lebaran Keluarga, Kado Lebaran yatim, Syiar Qur’an, Masjid Berseri, Ramadhan Bebas Hutang, serta Ramadhan untuk Palestina. “Ramadhan tahun lalu, bersama 45.811 donatur, 230 mitra komunitas, dan 97 mitra korporat, kita berbagi kepada 244.477 penerima manfaat dari Aceh hingga Papua. Tahun ini kami menargetkan pertumbuhan penerima manfaat sebesar 43%,” ungkap CEO Rumah Zakat Irvan Nugraha.

Poto bersama seluruh narasumber dan mitra Rumah Zakat, dok.emma


Bantuan Ramadhan untuk warga Palestina

Rumah Zakat terus berkomitmen untuk membantu warga Gaza yang saat ini tengah berada di tragedi kemanusiaan sejak 7 Oktober 2024. Hingga 26 Februari 2024, bersama mitra kolaborasi, Rumah zakat sudah menyalurkan bantuan berupa 51.500 Paket Makanan Siap Saji, 1.515 Paket Obat-obatan, 19.250.000 Liter Air Bersih, 3.640 Paket Superqurban, 700 Paket Pakaian Musim Dingin, 2 Titik Desalinasi Air Laut, 3 Unit Truk Logistik, 20 Unit Tenda, 207 Hygiene Kita, 2.532 Food Basket, 1.180 Paket Sayuran, 1.150 Aksi Siaga Sehat, dan 8 Unit Toilet Darurat.

Untuk di bulan Ramadhan ini terdapat 5 program Rumah Zakat untuk Palestina antara lain: 

ifthar, food basket, bread for Palestine, vegetable package, dan juga eid gift. Kami menargetkan ada 100ribu warga Palestina yang menjadi penerima manfaat. Mohon doa dan juga dukungannya sehingga kita bisa memberikan Ramadhan terbaik untuk saudara kita di Palestina,” tutur Irvan anugerah CEO Rumah Zakat.

Melalui upaya dan dukungan yang tak kenal lelah, Rumah zakat telah memberikan harapan dan kehidupan yang lebih baik bagi mereka yang membutuhkan. Dalam situasi yang sulit ini, setiap bantuan dan kepedulian sangat berarti. Semoga aksi ini terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi rakyat Palestina.

17 komentar

Masya Allah, sebentar lagi ramadan tiba, semoga masih dikasih umur bertemu dengan bulan penuh berkah tersebut.
Btw, salut banget dengan rumah zakat yang sudah bersiap dengan kegiatannya khususnya untuk warga Palestina, semoga berkah dan lancar, aamiin
Haryadi Yansyah mengatakan…
Melihat susahnya warga Palestina terutama Gaza mendapatkan bantuan, bikin miris. Dan, ini momentumnya pas ya, mendekati Ramadan dan jika Rumah Zakat dapat bejuang meneruskan bantuan dari Indonesia ke warga Gaza, rasanya ikut bahagia, serasa dapat meringankan sedikit beban mereka :(
Fenni Bungsu mengatakan…
Semangat berbagi yuk di bulan Ramadhan ini, terlebih bantuannya untuk Indonesia dan Palestina.
Dan semoga target yang diharapkan bisa tercapai kepada para penerima manfaat.
YSalma mengatakan…
Semoga semakin banyak yang mengalirkan sebagian rezekinya ke Rumah Zakat sehingga bisa mencapai muslim Plaestine di Gaza pada Ramadhan tahun ini.
Rafahlevi mengatakan…
rumah zakat memnag tempat paling amanah buat berbagi termasuk saudra di Palestina. dan yang aku suka program-program rumah zakat itu banyak dan memberdayakan umat. mantap sih.
Adi mengatakan…
Cepet banget ya kak abis ini udah Ramadhan lagi. Yuk ikuti tips dari Kak Emma yang keren ini. Sukses untuk semua yang akan menjalankan puasa.
Maria G Soemitro mengatakan…
Rumah Zakat sungguh solutif ya?

Kita bisa segera menyalurkan bantuan (sekecil apa pun) melalui Rumah Zakat, daripada hanya ikut bersedih dan ribut di media sosial

Senengnya lagi Rumah Zakat selalu memberi laporan, sekecil apa pun uang yang kita titipkan
Suci mengatakan…
Masyallaah...
Alhamdulillah masih ada yang peduli dengan warga Gaza
Rumah Zakat, Insyaallah panjang umur agar selalu bisa menebarkan manfaat untuk sesama. Aamiin
Annie Nugraha mengatakan…
Mendadak terbayang warga Palestina yang sedang dalam ketakutan, keterbatasan, dan kekurangan. Mau makan dan minum aja susah. Bagaimana ya mereka melewati ramadhan tahun ini. Ya Allah gak terbayangkan.

Barusan baca berita, Israel menjatuhkan bom di atas antrian penduduk Palestina yang sedang mengambil makanan. Ya Allah biadabnya mereka. Sampai nangis aku barusan.
lendyagasshi mengatakan…
Ya Allah.. semoga Allah redakan peperangan ini dan Allah muliakan saudara-saudara kita di Palestina.
Ikut sedih dan berduka ketika menonton berita mengenai kondisi saudara-saudara kita disana.

Semoga Rumah Zakat menjadi wadah yang amanah menyalurkan bantuan dan bisa memberikan manfaat untuk warga Palestina.
Nanik nara mengatakan…
Ramadhan semakin dekat, di negara kita yang harga sembako makin naik tuh belum ada apa-apanya ya mbak, dibandingkan dengan penderitaan saudara-saudara kita di Palestina.
Turut mendukung 5 program dari rumah zakat di bulan Ramadhan ini untuk warga Palestina
GE MAULANI mengatakan…
Keren banget rumah Zakat targetnya di Ramadan kali ini menyalurkan 350.000 bantuan atau paket makanan untuk warga Indonesia maupun Palestina ya. Semoga konflik di Palestina segera selesai dan saudara-saudara di Palestina sana bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan tenang kedepannya. Semoga juga rumah Zakat semakin banyak donaturnya.
Potrehraddin mengatakan…
Masyaallah Rumah Zakat keren banget ya. Semoga selalu amanah, sukses dan selalu bermanfaat untuk umat.
alienda mengatakan…
Ya Allah, Masya Allah. Semoga dukungan Rumah Zakat menjadi pelipur bagi warga Palestina di Bulan Ramadhan ini
Matius Teguh Nugroho mengatakan…
Sama juga dengan ajaran Kristiani, mbak. Bahwa "jemaat" adalah satu tubuh. Jika satu bagian terluka, semua akan merasakan sakitnya.

Nah, ini cara yang cerdas untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina. Support program ini!
Zakia Widayanti mengatakan…
Selain bantuan dana, membagikan tulisan kaya gini juga salah satu membantu saudara kita di Palestina si mba. Semoga makin banyak orang yang tergerak hatinya untuk membantu.
sylvianayy mengatakan…
masyaAllah doa terbaik buat orang-orang yang berdonasi untuk Palestine dan mendukung kemerdekaan palestine. semoga kita semua diberikan kesempatan untuk membela tanah palestine dengan cara apapun untuk kebaikan mereka aamiin
Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *