Dengan 7 Tips Rumahan, Sukses Pendidikan CaLisTung

Pendidikan Calistung atau Baca Tulis dan Hitung pada anak tidaklah mudah, tidak hanya dengan menitipkan anak di sekolah pada guru lalu anak bisa pintar begitu saja. Dalam dunia pendidikan di sekolah, orang tua dan guru harus besinergi. Pada prinsipnya Setiap anak berbeda kemampuan, oleh karena itu maka ada baiknya orang tua memberi bekal pada anaknya sebelum memasuki dunia belajar mengajar secara formal.

Tumbuh kembang Setiap anak berbeda karena ada beberapa anak yang malas atau bahkan tidak mau di ajari oleh orang tuanya. Akan tetapi tidak sedikit anak yang tidak menolak untuk di ajari oleh orang tuanya sendiri seperti anakku😊 semua tergantung bonding antara anak dan orang tuanya.

Photo aku bersama di Simba
Dokpri Emma x TK Simba

Benar ini adalah pengalaman pribadi saya dalam memberikan Pendidikan prasekolah calistung pada anakku. Awalnya saya adalah seorang guru TK swasta mandiri di Jakarta. Dulu Ada beberapa wali muridku yang mengatakan bahwa anaknya telat jalan, telat bicara bahkan sampai telat untuk berfikir, buat saya ini merupakan kasus yang mengasyikan untuk saya jalani karena didalamnya terdapat proses untuk pemecahannya.

Usia anak prasekolah 0-7 tahun adalah masa Golden Age, usia penting untuk di isi dengan hal-hal baik. Bila kita hendak mengajar anak maka dengan berbicara sopan, baik, ceria dan lemah lembut. Kalau anak bad mood maka ajak bercerita, ngobrol atau bernyanyi lagu anak, setelah suasana kondusif baru calistung pun di mulai.

Milik pribadi emma, Lego & puzzle lantai
Dokpri emma

# Usia anak 1-3 Tahun (secara verbal) ajari anak dengan bantuan gambar ( buah-buahan, Panca Indera tubuh, hewan, abjad A - Z ), main tebak-tebakan atau bernyanyi seperti lagu 2 mata saya, 1,2,3,4,5,6,7,8 siapa rajin ke sekolah cari ilmu sampai dapat dst, lagu pelangi-pelangi, a,b,c sampai z lakukan ini Setiap hari secara random selama 30menit sampai 1 jam. untuk motoriknya gunakan alat Bantu sederhana seperti bermain Lego warna-warni atau puzzle lantai warna berbeda, susun secara acak pada lantai rumah. ini bisa kita gunakan pada anak dengan menyuruh lompat/berjalan ke warna kuning, hijau, merah dst lakukan dengan bahagia😊.

Perlakuan pengulangan hal diatas sangat penting  dilakukan pada anak usia 1- 3 tahun maka hasil yang di dapat
1. berhasil hafal a - z
2. hafal warna
3. hafal bentuk atau gambar
Photo pribadi emma
Contoh gambar mewarnai

usia 3 & 4 tahun 


Pada usia 3 tahun tetap berikan verbal pengulangan warna, a,b,c sampai z dan angka sesekali ajari merobek dan meremas kertas,  belajar memegang crayon untuk mewarnai dengan gambar yang simpel seperti buah jeruk atau apel. Lalu Kita gunakan buku tulis untuk mengetes kemampuan anak dengan cara kita menulis pada buku A - Z atau angka 1-10 sama seperti di atas lakukan pengulangan ini secara random.

memasuki usia 4 tahun  tetap berikan pengulangan verbal dan mewarnai dengan gambar agak sedikit besar. gunakan buku tulis. Untuk membaca dapat ortu menulis 1 kata contohnya kata kembar bobo, cucu, dede, gigi dst. Kemudian mulai ajari anak pegang pensil secara lembut dan benar lalu ortu berikan garis garis putus pada buku seperti garis lurus, vertikal atau horizontal dan garis miring lakukan random selama 1 bulan atau sampai anak dirasa sudah fasih.

Hari berikutnya tetap dengan garis putus-putus ganti dengan garis menyilang seperti X atau lingkaran atau bentuk gelombang. setelah anak fasih lanjut dengan garis terputus membentuk abjad dan angka. untuk melihat hasil, tes anak Pada buku dengan memberi instruksi bentuk atau gambar garis putus-putus lalu kasih angka 1 - 5 agar anak mengikuti instruksi. jika anak berhasil mengikuti maka kita sudah berhasil di tahapan ini.

Contoh gambar tarik garis
 Contoh gambar tarik garis sederhana

Sebagai orang tua kita wajib membekali anak dengan ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu sosial yang akan di terapkan secara bermasyarakat kelak. Guru adalah pengajar disekolah akan tetapi Pendidikan anak dengan jumlah jam terbanyak adalah di rumah.




Kesimpulan

Dari penjabaran di atas maka saya tarik kesimpulan bahwa:

1. Kepada calon ibu atau bumil juga ayahnya,  usahakan ketika sedang mengelus perut janin diajak untuk bicara, ini baik untuk menstimulasi otak anak yang di kandung, agar calon anak mengenal dan merasakan kasih sayang orang tuanya.

2. Usia anak 6 bulan - 3 tahun ajak bicara dengan mengenalkan mama papanya dan orang sekitar, mengenal panca indera dengan sentuhan seperti ini hidung, tangan dst.

3. Karena Setiap anak punya kemampuan yang berbeda maka perlakuan pada anak pun berbeda tapi tetap dengan halus, baik dan penuh kasih sayang.

4. Sebelum belajar maka tanyakan pada anak, belajar seru apa kita hari ini? jika suatu saat anak tidak mood untuk belajar maka jangan pernah memaksa anak untuk belajar, coba beri pengertian dengan memberi contoh di sekitar kita.

5. Yang paling penting jangan pakai lama jadi belajar cukup 30 menit sampai 1 jam belajar, selain efektif anak pun  tidak bosan.

6. Beri reward setiap anak melakukan kebaikan ataupun kepintaran selain anak merasa dihargai hal ini dapat merangsang anak untuk lebih kreatif.

7. Ketika belajar usahakan orang tua lebih mengerti kesukaan dan ketidak sukaan anak dan lakukan materi belajar secara di ulang-ulang dan sambil bermain bahagia ☺.















Senang bisa berbagi semoga manfaat. Ditunggu ya lanjutan blog ini untuk usia anak 5-6 tahun😃

Komentar

Mugniar mengatakan…
Wah masya Allah, pengalaman memang harus dituliskan supaya banyak orang yang bisa mengambil manfaatnya, Mbak. In syaa Allah bisa jadi amal jariyah
blogger parenting mengatakan…
Saya lagi berjuang nih Mba mengajari anak cowok belajar membaca. Kenapa ya Mba, anak cowok itu sedikit lama belajar membacanya? Apa harus pake metode yang berbeda ketika mengajarkan anak laki membaca?
Mechta mengatakan…
Wah bagus sekali materi ini. Izin simpan utk bahan ajarkan Calistung pada ponakanku umur 5 th ya mba.. Terima kasih..
Emma Malika mengatakan…
Aamiinn, Insya Allah mbak saya akan bagikan apa yang mungkin orang belum punyai
Emma Malika mengatakan…
Anakku keduanya laki2, coba ajak ngobrol mbak eye to eye atau lihat ketika hatinya lagi bahagia.
Emma Malika mengatakan…
Boleh, aku juga mau nulis blog tentang mengajar anak usia 5-6 tahun. Di tunggu ya mbak😀
Sesuapnasi mengatakan…
Materi menarik ini untuk merangsang anak mau dan cepat belajar dan menghitung yah, bisa digunakan untuk merangsang anak agar senang dan have fun saat belajar....
Malihadafi mengatakan…
Metode pembelajaran melalui bermain adalah metode belajar yang paling tepat digunakan ya dan sama ini aku terapkan utk anakku buat mengasah motorik halusnya
Tetty Hermawati mengatakan…
makasih mba, kebetulan aku mau nyekolahin anakku paud d rumah, mudah2an aku bisa sabar dan telaten nih d rumah
Kanianingsih mengatakan…
Mksh tipnya mba. Lg ngajarin si kecil nama anggota keluarga nih. Udah ngerti mana ayah, ibu, kk, tapi belum semua bisa dipanggil
Emma Malika mengatakan…
Iya yang penting anaknya fun dulu baru belajar deh.
Emma Malika mengatakan…
Iya, waduh tos kita nih 😀
Emma Malika mengatakan…
Iya semoga berhasil dan be creative ya mbak😃
Emma Malika mengatakan…
Kasih waktu mbak, karena itu hal yang baru buat dia😃
lendyagasshi mengatakan…
Senang bisa mendampingi anak-anak dalam tumbuh kembang.
Dan kalau tau ilmunya begini, jadi terasa lebih mudah dan sesuai pertumbuhan yang dialami.
Emma Malika mengatakan…
Iya mbak. Penerapannya tidak sulit, lakukan setiap hari cukup 30 menit atau maksimal 1 jam dengan ceria dan bahagia.
Nyi Penengah mengatakan…
Mba Emma terimakasih ilmu ya mba, aku catet buat ntar kalau aku jadi ibu heheheh belajar sejak dini biar nantinya mateng ya kan.
Siti Nurjanah mengatakan…
Wah, tipsnya mantap nih untuk diterapkan. Ilmu parenting yang bermanfaat banget bagjbpara orang tua, sehingga lebih memahami pengajaran apa yg tepat untuk diterapkan pada anak usia dini
Seftinaqurnia mengatakan…
wah anakku uda mau 4 tahun nie harus sudah mulai pengenalan huruf dan angka
Emma Malika mengatakan…
Iya makasih insyaAllah manfaat dan disegerakan jadi ibu aamiinnn😃
Emma Malika mengatakan…
Iya aamiinn
Emma Malika mengatakan…
Iya belajarnya sambil main yaa
Semenjak diterapkan belajar di rumah sejak Maret 2020, saya jadi menjadwal belajar anakku diluar jadwal sekolah online dia. Dari sini jadi bisa ngerasain banget jadi ibu guru saat mengajar anak-anak di sekolah. Kalau aku selalu bikin selang-seling belajarnya, biar dia gak bosen sama Calistung.
Dee_Arif mengatakan…
Info yg bermanfaat mbak, kebetulan anakku umir 4 th..
Bisa dicontoh tipsnya
Nia K. Haryanto mengatakan…
Wah, bagus banget nih tipsnya. Terbukti efektif memang. Anakku kurang lebih juga diberi tips seperti ini. Sekarang usia 5 tahun lebih, sudah bisa calistung. Padahal sebenernya gak pernah diajarin. Cuma diajak main aja. Anak-anak memang unik ya.
Diah Alsa mengatakan…
saya banget nih Mbak, lagi belajar keras ajarin anak membaca, dia malah kalau berhitung bisa cepat, tapi membaca nih masih PR. dia tahu huruf tapi dihafal, gak dikenali gitu, masih ada beberapa huruf yang terbalik M, disebut W, sebaliknya W jadi M, dan bbrapa huruf lainnya.
Yanti Alif mengatakan…
Tulisannya bagus banget mba sangat memberi inspirasi buat ibu2 yang lagi ngajarin anaknyaa membaca dan berhitung keren mba emma
Meilia Wuryantati mengatakan…
Bagus kak..inspiri nih. Terimakasih tipsnya. Aku sendiri ngalamin kalau anak belajar lama bukannya ngerti malah bosan yang akhirnya jadi ngambek deh heheheh
Anisa Deasty Malela mengatakan…
Sangat menginspirasi, terutama bagi saya yang kesulitan mengajar anak calistung,, padahal Azzam sudah masuk usia 6 tahun. Tapi susah banget menumbuhkan minat baca dan tulis nya
lendyagasshi mengatakan…
Ada materiyang untuk usia Sekolah Dasar gak, kak?
Anakku usia 7 dan 9 tahun.
Haturnuhun.
Emma Malika mengatakan…
Aku penerapan materi Tk aja teh, jadi usia 4-6 tahun siap calistung dan siap masuk SD.
Sebenarnya sih Kalau SD itu tinggal melanjutkan dari pembiasaan/pengulangan aja ya
Antung apriana mengatakan…
Wah makasih banget sharingnya, mbak. Pas banget umur anakku sekarang 3 tahun dan aku sudah mulai kepikiran ngenalin dia sama huruf dan angka
Irra Octaviany mengatakan…
Tipsnya ini lagi aku terapkan untuk anakku. Aku gak terlalu memaksakan anak untuk belajar diusianya yang masih kecil, tapi ternyata kebiasaan-kebiasaan mainnya dia yang udah aku kenalkan sama hewan, abjad, warna jadi salah satu cara belajar calistung. Bermain sambil (gak sengaja) belajar jadinya.
Joko Yugiyanto mengatakan…
Bisa di coba ini, selama ini saya lebih pengen anak belajar secara natural tanpa ada komando seperti itu. Nanti saya info mamake buat baca ini artikel dan di praktekan juga
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Memang harus bertahap dan melalui cara yang menyenangkan ya kalau mengajari anak calistung tuh. Nggak usah ngotot dan harus ini itu hehehee... ntar yang ada anaknya malah takut kaaann... Cara-cara di atas nih oke banget untuk diterapkan.
Mei Daema mengatakan…
penjelasannya menambah kamus saya dalam hal belajar parenting mba, kebetulan saya dekat sekali dengan keponakan yang usianya 4 tahun, dia sangat aktif dan kecerdasannya melebihi usianya, karena mamanya guru dna bawa dia tiap hari ngajar, jadi mungkin dia sering mendengarkan dan mengikuti pelajaran anak-anak di atas usianya, jadi usia 4 tahun sudah sangat kritis saat bertanya. baca-baca artikel mba, mengingatkan saya dalam beberapa hal, anak-anak memang gak boleh dipaksa, keponakan saya juga kalau kelamaan belajar protes bosan dan saat diajak lagi dia malas-malasan
elva s mengatakan…
Penting banget ya kak,ajarkan anak CaLisTung sejak dini.
Bukan nya apa, kalau ajarin anak saat masuk TK akan lebih sulit lagi karena belum tau apa apa.

Kalau dibiasakan dilatih CaLisTung, mereka terbiasa belajar dan diharapkan saat sekolah TK sudah bisa.
Tapi,, pastinya disesuaikan sama mood anak juga ya kak.
Pernah adikku mengajari anaknya untuk belajar, mungkin lagi males ponakanku itu. Jadinya ogah ogahan gitu.
Menarik banget nih inovasi calistung biar adek-adek makin semangat buat belajar ya kak. Mereka gabisa utk dipaksa nanti cepat bosan dan tidak mau belajar. Keinget susahnya mengajarkan ponakan tapi seru sih prosesnya ketika mereka nurut hehe
Lindaleenk mengatakan…
tips yang bakal membantu banget buat para calon ayah dan ibu.
aku ga kebayang nanti kalau punya anak akan seperti apa :|
Farahdjafar mengatakan…
Bermanfaat banget informasinya jadi buat ibu2 yang baca blog ini akan paham mengenai anak minat nulis dan baca
diane mengatakan…
wah sip noh.. step2 ngajarin calistungnya sprtinya lebih mudah dan menarik.. Tapi emang kudu telaten dan harus tetap menyenangkan suasananya ya
Meilia Wuryantati mengatakan…
Bener banget kak. Terimakasih tipsnya. Artikel bermanfaat banget. Aku juga memberikan reward untuk Anakku agar lebih giat dalam belajar nya