5 Alasan Mengapa Buku Bekal Tumbuh Anak

 5 Alasan Mengapa Buku Bekal Tumbuh Anak di mulai sejak 1000 Hari pertama, mulai dari dalam kandungan hingga anak mencapai usia balita adalah hal yang sangat menentukan bagi seorang anak.


Let's read indonesia, Reading bugs, read aloud, 5 Alasan Mengapa Buku Bekal Tumbuh Anak, buku anak,


Itulah mengapa harus di isi dengan hal-hal yang baik, ketika anak masih di dalam rahim, Kita sebagai calon seorang ibu harus mengisinya dengan memperkenalkan bacaan yang sarat akan makna disinilah pentingnya 5 Alasan Mengapa Buku Bekal Tumbuh Anak.


Ketika anak masih dalam kandungan Ada banyak bacaan yang bisa Kita berikan seperti kitab suci, selain menerangkan isi dari ayat di dalamnya juga bisa menceritakan sejarah inilah yang menjadi 5 Alasan Mengapa Buku Bekal Tumbuh Anak.


5 Alasan Mengapa Buku Bekal Tumbuh Anak


Sebenarnya ada banyak Alasan Mengapa Buku Bekal Tumbuh Anak, bukan hanya sebagai tempat mencari informasi yang Kita butuhkan, juga bisa sebagai ladang amal jariah untuk penulisnya. Nah untuk kali ini Saya akan memberikan rangkuman yang menjadi 5 Alasan Mengapa Buku Bekal Tumbuh Anak, apa saja alasannya ? yuk bersama Kita kupas apa saja yang menjadi alasannya.


1. Agama, dalam sejarah agama Islam di mulai dengan kata Iqro' atau baca, ini terjadi untuk kali pertama Malaikat Jibril sebagai pengantar wahyu bertemu dengan Nabi Muhammad SAW ini adalah tonggak dasar bahwa ilmu di mulai dengan membaca buku.


2. Membaca dapat membuka wawasan Kita tentang hal apapun termasuk secara global terbesarnya yaitu kehidupan baik dunia maupun akhirat kelak.


3. Buku dapat menjadi sarana pengungkapan rasa, baik untuk penulisnya maupun pembacanya. 


4. Dalam Buku juga terdapat pengajaran secara implisit tentang kemasyarakatan, menjaga kelestarian dan bersahabat dengan Alam semesta.


5. Buku adalah aksara yang dapat menyatukan antara orang tua dan anaknya. Ketika seorang calon orang tua yang berkomunikasi dengan anak yang ada di kandungan dengan membacakan sebuah kisah maka terjadi interaksi, janin mendengarkan apa yang orang tuanya sampaikan dan bonding ini menjadi jembatan terangkainya hubungan antara orang tua dan anak.


5 Alasan Mengapa Buku Bekal Tumbuh Anak


Di jaman yang sudah hampir digital semua ini membaca bukanlah sebuah hal yang susah lagi dimana Kita harus membeli di toko buku atau meminjam di perpustakaan, buku sudah tidak hanya tumpukan kertas berisi tulisan dengan aneka ilmu di dalamnya, sekarang buku sudah mengalami evolusi menjadi buku digital seperti Let's Read Indonesia.


Belum lama Saya mengikuti acara zoom webinar Let's Read Indonesia online gathering bersama Blogger Perempuan Network dengan Tema Buku : Bekal Anak Bertumbuh, temanya ini begitu dalam bahwa hanya dengan sebuah buku banyak hikmah yang dapat di petik.


5 Alasan Mengapa Buku Bekal Tumbuh Anak


Seperti yang di sampaikan oleh ibu Roosie Setiawan selaku Founder Reading bugs yang juga founder Komunitas Read Aloud, yang di latar belakangi atas keprihatinan dengan adanya sebuah buku yang bagus akan tetapi tidak semua orang dapat membaca dan mengetahui tentang buku bagus tersebut.


Di aplikasi Let's Read Indonesia siapa pun dapat menulis di platform yang sudah di sediakan, sedangkan untuk pembaca bila menyukai sebuah buku digital ini maka dapat mengunduh bahkan mencetak buku tersebut untuk pribadi maupun untuk di bagikan pada orang lain bila di perlukan tapi ingat tidak boleh di perjual belikan ya soalnya ada hak cipta yang di lindungi oleh undang-undang.


Dampak yang terjadi ketika kita membacakan sebuah buku pada anak hikmahnya banyak sekali ini semua di mulai hanya dari "mendengar' yang tentunya di support oleh buku-buku digital dari aplikasi Let's Read Indonesia.


Seperti dikatakan oleh Kak Elsa Narasumber yang mewakili dari Aplikasi perpustakaan digital the Asia Foundation, banyak buku-buku bagus yang dapat di baca termasuk buku untuk anak-anak dengan kisah menarik tentunya.

5 Alasan Mengapa Buku Bekal Tumbuh Anak


Buku digital Let's Read Indonesia ini bila di bacakan dengan intonasi yang sesuai, akan mengajak anak-anak untuk banyak bertanya, hmm unik kan? dan tentunya dengan kisah dan gambar yang menarik di sesuaikan dengan usia anak, tanpa di sadari anak sudah banyak mendapatkan banyak kosakata.


Nah dari uraian Saya di atas jelaslah bahwa memang buku adalah gudangnya ilmu, dengan membaca anak tidak hanya pintar dengan kosakata yang banyak akan tetapi juga membentuk karakter anak agar lebih kritis, pandai menempatkan sesuatu pada tempatnya, percaya diri dan yang utama adalah baik untuk kehidupan Sosialnya kelak di kemudian hari.


Sekarang tunggu apalagi Ayo Kita kobarkan semangat membaca buku pada keluarga Kecil Kita terutama anak-anak Kita sendiri, terima kasih sudah membaca blog Saya semoga manfaat dan wassalam.














Komentar

Raja Lubis mengatakan…
Sepakat sih. Kebiasaan membaca harus dimulai sedini mungkin. Nah, di zaman anak-anak yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget, Let's Read bisa jadi salah satu solusi.
Fenni Bungsu mengatakan…
Dengan membaca buku ragam pengetahuan dapat diserap. Apalagi kegiatan membaca adalah bekal tumbuh anak yang bisa didapatkan juga melalui bacaan di let's read
Cicajoli mengatakan…
Semua ada dibuka ya mba, dan dengan membaca buku dapat membuka wawasan kita. Dengan adanya Let's Read Indonesia yang berbasis digital, sudah mengikuti perkembangan zaman now :))
ginanelwan mengatakan…
aplikasi lets read dapat membantu anak-anak untuk mencintai belajar dan membaca. Dipadukan dengan cara yang fun dan gak boring
Okti Li mengatakan…
Saya akui sudah sekali sekarang menanamkan semangat membaca buku terhadap anak-anak. Mereka lebih suka pegang gadget. Adanya aplikasi let's read, bisa jadi salah satu daya tarik nih biar anak menyukainya dulu...
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Buku adalah salah satu sarana belajar supaya anak cerdas. membangkitkan minat baca pentimg sejak dini supaya mereka siap membuka jendela dunia
Linda Nur Muhaimin mengatakan…
Aku suka bacakan cerita2 dari aplikasi Let's Read ini untuk anakku, senang banget dia dan makin ekspresif memang klo dibacakan dengan nyaring.
Shafira Adlina mengatakan…
benar banget mbak buku adalah alat mempererat prang tua dan anak juga. meski masih bayi, anak tuh akan ngerti kok. membaca jadi kebiasaan baik dan membuka jendela dunia.
Andiyani Achmad mengatakan…
dari buku inilah anak-anak bisa mengembangkan fungsi kognitif dan motoriknya juga, tumbuh kembangnya makin optimal terutama dalam hal literasi
Latifah Kusuma mengatakan…
Setuju banget, orang tua harus menanamkan kebiasaan baca buku sejak anak masih kecil. Keberadaan aplikasi Let's Read ini membantu banget ya mbak. Semoga anak-anak makin semangat belajarnya
Marita Ningtyas mengatakan…
Setuju banget. Sejak punya anak jadi rajin koleksi buku. Karena cita-cita dari kecil dulu pengen banget punya rumah yang ada perpustakaannya. Alhamdulillah kesampaian setelah punya anak. Nah, kalau pas pergi ke luar rumah dan lupa bawa buku bacaan, Let's Read bisa jadi andalan :)
Nita Juwithafina mengatakan…
Aplikasi yang bagus untuk menjembatani anak supaya suka membaca juga melalui gadget. jadi membaca bisa melalui mana saja
Marfa Umi mengatakan…
Buku itu menurutku sangat bagus untuk dikenalkan ke anak sejak dini, apalagi dengan gempuran digital seperti sekarang. Nah pendekatannya ini kita yang harus memberikan kebiasaan contoh yang baik terlebih dahulu, dan juga bisa dnegan read aloud agar fokus anak langsung pada kegiatan itu
Asih Mufisya mengatakan…
Setuju Mbak, memperkenalkan buku dan manfaatnya memang perlu dilakukan sejak dini. Supaya nantinya anak juga makin cinta dan terbiasa dengan buku.
Susi Susindra mengatakan…
Manfaat buku dan membaca buku memang sangat luar biasa. Saya suka bacain buku ke anak meski ia belum terlalu memperhatikan. Namun saya beberapa kali dapat kejutan kosakata baru...
Pida Alandrian mengatakan…
Setujuu mba, mengenalkan anak untuk bacaan banyak manfaatnya juga ya.
Biar wawasannya terbiasa dengan hal-hal baru juga kan..
Ainhy Edelweiss mengatakan…
Manfaat buku buat anak sangat baca, untuk ini sedini mngkin mengenalkan anak membaca buku. Hadirnya app Lets read in jd solusi agar anak gak main gadget tnpa manfaat

Postingan populer dari blog ini

7 strategi menghindari resiko mata kering

Serunya Back to school with home credit Indonesia

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi

[ blog review ] Film anak Indonesia terbaru "koki-koki cilik"

Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan