Manfaat dan Keunggulan Mengolah ikan Fillet

Buibuk untuk memasak ikan, pasti banyak kendalanya deh, karena apa? Ikan cenderung banyak duri atau tulang yang bikin repot saat membersihkan, juga ketika saat di makan, lha kalau pas ke gigit tulangnya jadi gak nikmat makannya iya kaan?


Nah salah satu alternatif pilihan adalah dengan menggunakan ikan fillet yang bersih dari duri/tulang ikan, dimana nantinya membuat kita jadi lebih mudah baik untuk mengolahnya dengan tambahan sedikit bahan lain maupun ketika telah menjadi makanan lezat yang nikmat untuk di santap.


Ikan fillet, makan, manfaat ikan, keunggulan ikan fillet
Dokumen by Emma


APA SAJA KANDUNGAN DAN MANFAAT IKAN


Ikan adalah salah satu sumber pangan yang mempunyai harga terjangkau dengan rasa khas gurih yang lezat untuk pendamping nasi, pengolahannya pun banyak seperti olahan secara langsung yaitu di goreng, bakar, tim atau pepes. Olahan untuk di awetkan seperti menjadi ikan asin atau asap.


Pastinya hampir setiap kita mengetahui kandungan baik dari makan ikan untuk kesehatan kita seperti Omega, rendah lemak, kalium, kalsium, vitamin dan lain sebagainya ini baik untuk menutrisi otak, tulang dan gigi kita. Terkhusus untuk ibu hamil kandungan ikan membuat anak menjadi cerdas dan memiliki penglihatan yang baik.


Sedangkan Manfaat makan ikan baik sekali di konsumsi oleh anak dan orang tua. Pada anak-anak yang sedang bertumbuh mengkonsumsi ikan menjadikan anak aktif dan cepat tanggap. Untuk ini maka baik pemerintah maupun dokter banyak menyarankan agar kita banyak makan olahan dari ikan.


Mengolah atau makan ikan yang banyak duri atau tulang menjadikan kita malas untuk mengkonsumsi ikan terutama anak-anak disinilah di butuhkan effort kita dalam menyajikan makanan sehat yang kaya akan gizi. Dalam hal ini bunda dapat memilih ikan yang sudah di fillet atau ikan sudah bersih dari kulit kasar dan keras serta tidak berduri atau bebas dari tulang ikan.


KEUNGGULAN MENGGUNAKAN IKAN FILLET

Pastinya ada kekurangan dan kelebihan dalam mengolah ikan fillet ya buibuk kekurangannya adalah karena sudah di bersihkan membuat tidak lengkapnya ikan dalam kemasan akan tetapi banyak juga keunggulannya antara lain:


1. Praktis tinggal buka plastik kemasan dan langsung olah.

2. Tidak repot membersihkan 

3. Ikan segar dengan rasa gurih yang tidak perlu terlalu banyak menggunakan bumbu.

4. Efisiensi waktu.

5. Dapat di masak kapanpun.


Manfaat, cara mengolah ikan fillet, keunggulan ikan fillet
Dokumen by Emma


Dengan menggunakan ikan fillet ini saya ingin berbagi resep masakan mudah dan praktis yang pasti disukai keluarga saya tentunya, untuk itu saya memilih ikan fillet Tilapia adapun menu kali ini yaitu "Oseng Pedas ikan Tilapia Petai" seperti apa bahan dan cara memasaknya yuk kita lanjut.


Bahan:

400gr ikan fillet potong sesuai selera lalu beri garam 

2 papan petai


Bumbu yang di iris

9 cabe merah ukuran sedang

5 cabe rawit orange (jika suka lebih pedas dapat di tambah ya)

4 siung bawang putih

6 siung bawang merah

1 ruas jari lengkuas

2 lembar daun salam

1 batang serai di geprek

2 sdm kecap manis

Minyak goreng secukupnya

1/2 sdt garam


Cara memasak

Goreng ikan sebentar saja atau sampai kekuningan (jangan sampai kering agar rasa ikan tetap juicy) lalu sisihkan.


Siapkan wajan lalu beri secukupnya minyak goreng untuk menumis bawang merah, bawang putih. Setelah harum masukan cabe merah + cabe rawitnya ya, ketika semua agak layu masukan salam, serai, lengkuas, garam, kecap serta petai aduk merata.


Kemudian masukan ikan aduk kembali dengan lembut hingga tercampur dengan baik, setelah itu matikan kompor dan Oseng Pedas Tilapia Petai siap di sajikan. Dimakan dengan nasi hangat hmm nikmat sekali lho! Resep praktis ini di coba yuk.

Komentar

Okti Li mengatakan…
Kemudahan dalam mengolah nya bikin saya tuh selalu suka sama fillet, baik ayam maupun ikan. Terima bersih ga harus ribet dengan tulang belulang heheh
Deeva Collection mengatakan…
Wah, dengan fillet ikan kita sebagai ornag tua tidak perku was-was anak-anak menelan duri saat makan ikan. Pastinya anak-anak akan jadi lebih sennag lagi makan ikan kakau fillet.
Maria G Soemitro mengatakan…
saya juga memilih ikan fillet

karena tau manfaat ikan untuk anak anak tapi takut mereka gak sengaja makan duri

karena itu biasanya saya beli fillet ikan untuk digoreng tepung
I'm Blogger mengatakan…
Kesukaan keluarga jika mengkonsumsi ikan, kandungan gizi bagus. Konsumsi ikan fillet belum sepertinya akan mencoba jika ada kesempatan
Ria Rochma mengatakan…
Iya ya, betul nih kalau memasak fillet ikan tuh praktis. Soalnya kita nggak perlu takut duri yang tertelan saat makan atau duri yang tertinggal di atas piring.
Nanik nara mengatakan…
Gampang ya cara masak Oseng Pedas ikan Tilapia Petai ini, lihat tampilannya aja udah kebayang bakal ngabisin nasi 2 piring.

Saya belum pernah beli ikan filet dalam kemasan mbak, biasa beli ikan di pasar, terus minta di filet sekalian sama penjualnya
Dee_Arif mengatakan…
Ikan adalah bahan makanan kaya protein ya mbak
KLO fillet gini makin mudah but diolah y
Yanti Ani mengatakan…
Belum pernah nyobain ikan fillet, tapi setelah baca review mbak jadi pengen soalnya praktis banget ya tinggal dikasih bumbu sedikit dan goreng deh
Irawati Hamid mengatakan…
di tempatku, masih belum ada yang jual ikan fillet, kami di sini biasanya beli ikan dalam bentuk utuh (satu ekor)
Ida Raihan mengatakan…
Ikan filet memang sangat praktis untuk diolah. Saya biasanya suka dimasak tepungin dikit, goreng terus disiram dengan saus telur, atau diasem pedas.
Irra Octaviany mengatakan…
Ikan fillet tuh paling gampang diolahnya, aku juga suka mengolah ikan fillet, anakku juga suka karena ga ada durinya.
Tian Lustiana mengatakan…
Saya lebih suka masak ikan fillet karena sudah bersih dan gampang diolah, dibkin apa saja enak

Postingan populer dari blog ini

7 strategi menghindari resiko mata kering

Serunya Back to school with home credit Indonesia

[ blog review ] Film anak Indonesia terbaru "koki-koki cilik"

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi

Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan