Gelaran Terbaru Berlima Entrepreneur

Setiap kali saya melihat event fashion show dengan rancangan dari perempuan Indonesia membuat hati kagum dan bangga. Karena bagi seorang wanita bekerja, spesial untuk yang sudah berkeluarga pastinya tidaklah mudah untuk berbagi waktu antara karir dan keluarga, apalagi sebagai perancang busana yang membutuhkan kreativitas dan ketelatenan yang tinggi untuk menghasilkan sebuah mahakarya.

Gelaran Terbaru Berlima Entrepreneur
Pic by Emma 


Belum lama bertempat di daerah Kemang, Jakarta Selatan diadakan event fashion show persembahan dari Berlima entrepreneur yang mengangkat tema salah satu provinsi di tanah air yaitu ulos dari suku Batak Sumatera Utara. 


Ulos adalah berupa kain selendang yang di letakkan pada bahu sebagai pelengkap pakaian khas dari tanah Batak yang harus di gunakan pada acara-acara adat yang sakral. Motif dan warna dari kain ulos ini mempunyai pakem dan arti tersendiri sehingga untuk pemakaiannya harus di sesuaikan ya.


Dalam acara fashion show persembahan Berlima entrepreneur ini, kain ulos di padu padankan dengan gaya busana jaman now yang membuat tampilan si pemakainya menjadi terlihat berbeda dan cantik.


SEKELUMIT TENTANG BERLIMA ENTREPRENEUR 


BERLIMA dengan tagline 'ekonomi kreatif di tangan perempuan berkarya' membawa misi pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi kreatif berbasis teknologi dan komunitas. 

BERLIMA sebagai komunitas mengajak Perempuan Indonesia bebas berekspresi dan berwawasan Luas. Orientasi kewirausahaan perempuan (wanita) dipengaruhi oleh tujuan, motif, identitas perempuan dan karakteristik personal (Mokalu, 2016) dan Perempuan merupakan sumber daya yang mempunyai peran penting untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi karena perempuan mempunyai karakteristik yang memiliki motivasi tinggi dalam meningkatkan produktifitas dan kemandirian.

Gelaran Terbaru Berlima Entrepreneur
Pic by Emma 


BERLIMA yang terdiri dari Martha Simanjuntak selaku founder dari Berlima, IWITA Kreatif Inovasi dan juga Aplikasi Jahit Baju, lalu member lainnya adalah, Fitri Wigati Mumpuni, Yulie Anita Bangun, Kia Wael dan Yulia Warman. Bisa di simpulkan mereka adalah lima perempuan yang memiliki profil yang berbeda-beda, berkomitmen untuk mendukung karya-karya perempuan Indonesia melalui gelaran kegiatan untuk pemberdayaan perempuan berbasis teknologi dan komunitas.

Puncak acara gelaran kegiatan mini show sebelumnya dengan mengusung tema “Inspiring Indonesian Look 2022”, Designer dari BERLIMA  menghadirkan karya-karyanya serta menghadirkan perempuan-perempuan inspiratif Indonesia yang akan menerima Award Inspiring Woman for Leadership dan Entrepreneurship. Tentu saja kegiatan ini sesuai dengan tema yang diusung, yaitu bagaimana perempuan Indonesia menjadi inspirasi melalui karya, prestasi dan kepemimpinannya sebagai representative wajah bisnis Indonesia.


Di event tersebut terdapat Agenda acara antara lain : 

✅Talkshow

✅Fashion Show

✅Lelang Baju Designer (Charity), 

✅Pembicara Tamu dari Perempuan Berkebaya Indonesia yang di wakili oleh ibu Nirmala Chandra, 

✅Professional Lawyer dan Business Owner oleh ibu Ina Rahman, 

✅Launching Jahit Baju Apps, Bazaar Kreatif, Women Award for Leadership and Entrepreneurship dan 

✅Acara hiburan lainnya.


Di iringi musik khas dari Suku Batak Sumatera Utara yaitu Gondang maka para model melenggak-lenggok mengenakan busana rancangan designer Martha Simanjuntak dan Yulia Warman.

Kutipan karya dari Martha Simanjuntak dari brand Chathaulos menghadirkan gaya fashion terupdate dengan design Baju Ethnic yang merupakan kombinasi Ulos dan jenis kain lainnya dengan tema “Ethnic with K.I.S.S (Keep It Simple Self).

Ulos sadum dengan warna-warna cerah menjadi pilihan karena memiliki motivasi yang kuat dalam  bersuka cita dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, dipadukan dengan jenis kain lainnya corak etnik ulos tidak lagi terkesan kuno. Di tangan desainer Martha Simanjuntak, baju etnik terlihat jauh lebih modern, mewah, dan berkelas. 

Outerwear Ulos Kombinasi, dapat dijadikan sebagai dress atau baju terusan maupun luaran dari mini dress menciptakan tampilan yang memberikan kesan chic dan keren dalam segala suasana. Bergaya ethnic, nyaman dipakak, simple, bebas dan tidak membosankan.

Martha Simanjuntak juga menerapkan konsep Zero Waste Fashion dalam design-designnya dimana sisa potongan bahan dirancang menjadi pakaian sejak awal proses. Penerapan zero waste fashion untuk meminimalisir limbah produksi busana. Tidak hanya dalam bentuk pakaian jadi namun juga dalam bentuk kreatifitas lain seperti belt (Tali Pinggang dan Obi), topi, kalung dan fashion bag seperti yang anda lihat saat ini atau bisa berkunjung ke stand bazar chathaulos yang terletak di lantai 2. 

Tren busana etnik lahir dengan sendirinya seiring dengan perubahan masyarakat yang banyak menggunakan busana tradisional namun bisa dipakai dalam berbagai kesempatan, baik formal maupun casual. 

Gelaran Terbaru Berlima Entrepreneur
Design pic Emma  by canva


Dan inilah kutipan karya dari Yulia warman yang bertema : Stay Simple Stay Classy 

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI , Julia warman mengeluarkan koleksi Classy By Julia Warman dengan menggabungkan icon-icon khas Indonesia ke dalam baju rancangannya yang bergaya modest. Dimana Modest Fashion itu sendiri merupakan Gaya Busana yang tidak mengekspos lekuk tubuh, tertutup tapi tetap modis.

Jika melihat Detail pada motif kain Baju dan Celana Rancangan Julia Warman ini yang  Terinspirasi dari nilai nilai kehidupan Julia Warman menggunakan warna Hitam dan Putih sebagai tema Brand Classy By Julia Warman maka kita bisa melihat icon-icon Khas Indonesia diantaranya:

• Flower Of Indonesia Terdiri dari bunga Bangkai Raksasa , Melati , Anggrek

• Spice Of Indonesia : Buah Pala , Bunga lawang , Lada , Cengkeh

• Bird Of Indonesia : Burung Cendrawasih , Enggang Rangkong , Jalak Bali , Elang Jawa .

• Icon Of Indonesia : Monas , Candi Borobudur , Pura Ulun Danu , Jam Gadang .

• Art Of Indonesia seperti : Wayang , Keris , Gamelan , Angklung , Jaranan , Reog .

Kutipan wawancara dengan Nirmala Chandra perwakilan dari Perempuan Berkebaya Indonesia yang menjadi salah satu tamu VIP di acara tersebut. "Saya bangga dengan acara ini karena mengangkat kreativitas perempuan dan harus di support, jadi kegiatan ini sangat membantu terutama di sektor perekonomian" 

Lanjut beliau mengatakan "Harapan saya acara fashion show ini suatu upaya yang luar biasa karena mengangkat budaya daerah semoga kedepannya lebih semangat lagi untuk mengangkat pelaku ekonomi yang lain dan ini sangat bagus karena untuk Indonesia".

Acara yang menginspirasi ini pastinya membuat kita kaum perempuan bangga melihatnya, karena tidaklah mudah untuk berkreasi dengan cita rasa ethnic dan modern. Mari bersama kita bangun dan menunjukkan talenta yang kita miliki hingga membuat perekonomian keluarga maupun bangsa bergerak maju. 

Dengan berakhirnya acara fashion show persembahan Berlima entrepreneur ini di harapkan kedepannya tercipta karya-karya yang lebih baik lagi dengan skala yang lebih besar lagi tentunya dengan harga yang terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, di tunggu ya karya selanjutnya wahai Berlima. see u






Komentar

Haryadi Yansyah mengatakan…
Pegelaran busana yang lebih fokus mengangkat kekayaan budaya selalu memberikan nilai lebih. Nggak hanya unjuk gigi dalam kebolehan membuat produk fashion tapi juga turun menyebarkan khasanah lokal dan tidak menutup kemungkinan dapat mendunia. Berlima ini keren amat goalnya ya.
Suci mengatakan…
Saya termasuk yang paling suka nonton fashion show. Klo ngga ada kerjaan saya suka iseng nonton fashiom show di yutub. Terlebih kalau yang dipergaakan pakaian daerah atau desain yang unik2.

Berlima ini nama yang udah pernah saya dengar sebelumnya. Mereka rajin ya bikin event fsahion show dan busana yang dipamerkan itu unik. Keren deh permpuan2 ini menginspirasi sekali
Fenni Bungsu mengatakan…
Semoga kegiatan dari BERLIMA terus berkelanjutan,
karena senangnya saling mendukung sesama perempuan untuk sama-sama maju dan berkembang
Shanty febrianti mengatakan…
Wah.. Keren banget nih berlima bisa jadi inspirasi buat kaum wanita dalam menjalankan bisnis sehingga sukses.

Sukses selalu berlima
Titis Ayuningsih mengatakan…
Kemasan acaranya bagus, selain fashion show ada juga kegiatan amal. Kreativitas perempuan Indonesia harus didukung terus!
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Sekarang style pakaian dengan ciri khas Indonesia semakin cakep. Bisa mengikuti tren fashion. Plus stylenya Indonesia banget
Cindi mengatakan…
Saya juga selalu kagum dengan karya-karya yang digawangi oleh para perempuan inspiratif seperti ini. Jadi semangat untuk terus bergerak produktif gitu rasanya...
Sandra Hamidah mengatakan…
Berlima ini inspirasi banget ya apalagi mengangkat keistimewaan Indonesia, sebuah karya yang cantik dan menarik
Maria G Soemitro mengatakan…
Berlima sering bikin pagelaran ya?

Perempuan entrepreneur emang harus berkonsolidasi dan kompak agar saling melengkapi dan menyemangati agar terus maju dan menginspirasi perempuan lain
Blog berita mengatakan…
Mereka memang inspirasi untuk usaha dan ekonomi, perlu sharing kiat suksesnya dan dampingan usaha
R Palupi mengatakan…
Sepertinya seru ya mbak bisa memyaksikan fashion show secara langsung. Seumur hidup aku belum pernah sama sekali.
www.kisahsejati.com mengatakan…
Wow pasti seru ya eventnya kak ada 5 wanita enterpreneur yang hadir dalam sebuah event fashion.Sebagai wanita Batak turut berbangga dengan kehadiran ulos yang didesain menarik.Tidak hanya baju tetapi bisa dibuat tas juga
Salam:Dennise Sihombing
Utie Adnu mengatakan…
Keren ya bersahabat berlima akhrnya lahir sebuah karya design bajunya juga bagus2 semoha laris manis bahka n rancangan bisa mendunia
Lia Yuliani mengatakan…
Berlima ini berarti ada 5 orang perempuan yang berpartisipasi Di dalam event ini ya. Mereka perempuan yang berdaya dan bisa menginspirasi. Di event fashion mengangkat ulos menjadi fashion yang Keren. Bagus juga buat memperkenalkan Kain khas Indonesia.
Lia_Lathifa mengatakan…
Agenda acaranya padat dan bagus semua ya, benar-benar komplit mengenalkan design baju sesuai tema Sumatra Utara, Batak dan Ulos
Meykke Santoso mengatakan…
wah diprakarsai oleh wanita wanita hebat ya Mba..seru bangett dan sarat engan kebudayaan Indonesia yang memang canti cantik..
Irawati Hamid mengatakan…
keren nih berlima

wanita kalo udah berkarya memang gak bisa dianggap remeh yaa. Sukses terus yaa berlima