Kupas Tuntas IDN creative Jalankan digital Campaign

Dunia digital merebak naik sejak pandemi covid-19 menyapa tanah air, banyak orang yang beralih ke dunia digital karena hal ini. Untuk meminimalisir penyebaran virus ini, maka pemerintah bertindak cepat dengan cara mengalihkan pekerjaan yang dilakukan di kantor menjadi bekerja dari rumah. Tentunya berbeda cara dan rasa saat beraktivitas menyelesaikan tugas secara langsung dengan penyelesaian tugas melalui gadged.

Emma-Kupas Tuntas IDN creative Jalankan digital Campaign
Source by IDN creative 

Sisi lain hadirnya musibah itu menjadikan perubahan besar perilaku di masyarakat, mulai dari melakukan pekerjaan, mengupdate berita melalui situs online maupun pemenuhan kebutuhan harian, semua dilakukan dengan internet. Inilah salah satu penyebab digital marketing semakin banyak diminati oleh para pelaku usaha. Campaign-campaign dilakukan dengan menggunakan konten-konten yang menarik hingga bermunculan ide-ide kreatif yang menarik minat konsumen.

Saat ini pandemi sudah mereda banyak perusahaan-perusahaan yang sudah mulai kembali beraktivitas seperti sedia kala, lalu bagaimana dengan tantangan campaign-campaign digital agar tetap sukses seperti ketika pandemi melanda, mari bersama kita Kupas Tuntas IDN Creative Jalankan digital Campaign yang tetap dapat memuaskan brand maupun konsumen.

Tentunya hal ini tidaklah mudah, tapi IDN Creative memberikan langkah-langkah tepat digital multi yang mencerahkan kita semua. Adapun triknya adalah sebagai berikut:

- Mengikuti Arus, sebagai salah satu agensi bisnis yang menggunakan digital multi platform IDN Creative, dalam hal ini kita mengupayakan memiliki fleksibilitas dalam bekerja yang berfokus menawarkan one stop solution untuk pemenuhan kebutuhan advertiser dan brand. Rancangan dan eksekusinya adalah pada brand storytelling dan data-driven strategy supaya dapat memberikan hasil campaign yang lebih optimal.

Pimpinan IDN Creative yaitu ibu Maria Novena Rarahita mengupayakan memastikan bahwa setiap campaign yang dilakukan IDN Creative bisa mencapai objektif klien yang juga menyasar pada konsumen hingga tepat sasaran dan tercukupi kebutuhannya. 

Hal senada juga diungkapkan oleh ibu Naomi Silitonga selaku Campaign Manager IDN Creative menjelaskan bahwa bekerja sama dan berkomunikasi dengan berbagai pihak serta menjaga komitmen pada timeline project adalah merupakan soft skill yang dibutuhkan agar kampanye berjalan dengan baik. Melihat situasi saat ini maka fleksibilitas dalam bekerja dibutuhkan tentunya tetap memperhatikan SOP yang telah ada dan berpikiran positif.

Sedangkan untuk isi konten Naomi menekankan pada relevansinya agar tetap up to date dengan kondisi saat ini, supaya dapat keberhasilan dalam setiap kampanyenya dan tembus diterima oleh audiens dari brand. Tentunya dengan mengoptimalkan kesesuaian tone, gaya bahasa dan segi kreatif yang digunakan oleh platform IDN media manapun.

EmmaKupas Tuntas IDN creative Jalankan digital Campaign-
Source by IDN creative 

- Sigap dalam menanggapi momentum. Terjadinya perubahan tren digital campaign yang telah vakum selama kurang lebih 2 tahun, lalu saat ini munculah event offline dimana brand berlomba-lomba mengadakan event atau berupaya mensponsori event tersebut, hal ini berdampak bagi media placement seperti event coverage artikel.

Selaku Copy Editor IDN Creative Cynthia Dewi Kirana menjelaskan bahwa, tim-nya lebih banyak menghadiri event offline seperti konser, launching product, talk show dan sebagainya membawa tantangan tersendiri karena dengan demikian maka harus berpacu membuat konten artikel dengan cepat agar tidak terlewat momentumnya hingga membuat koordinasi dilakukan dengan cara tepat dan cepat.

- Tunjukkan keunikan dalam campaign agar menarik minat konsumen. Perubahan situasi dari pemberlakuan kebijakan pemerintah akibat pandemi ke keadaan seperti saat ini, maka Copy Editor IDN Creative Anastasia Desire menjelaskan bahwa, sebagai marketers IDN Creative harus menyesuaikan dengan keadaan sekarang. Masyarakat membutuhkan penyegaran konten yaitu 2 topik konten penting yang isinya mengandung entertainment dan jokes. Itulah mengapa semakin unik konten semakin menarik minat konsumen yang penasaran untuk membeli produk brand bahkan dapat membagi postingan di akun media sosial mereka.

- Selalu memposisikan diri kita sebagai konsumen dalam memutuskan pilihan campaign. Dalam kesempatan yang sama Campaign Manager IDN Creative Lamtiar Sihombing mengatakan bahwa design konten campaign dibuat menarik dan relevan, agar sesuai dengan keadaan saat ini mencoba memposisikan diri sebagai konsumen. 

Emma-Kupas Tuntas IDN creative Jalankan digital Campaign
Source by IDN creative 

Cermat dalam mengetahui perubahan target sasaran terhadap kondisi yang berubah pasca pandemi, dapat membantu konsumen menentukan konten efektif dan memilih platform yang tepat. Hal ini terjadi karena disebabkan persaingan yang ketat, disinilah pentingnya strategi kolaborasi antara suksesnya format digital saat pandemi dengan event offline yang kembali marak, agar digital marketing mendapat cakupan campaign yang lebih luas ungkap Lamtiar Sihombing.

Komentar

Suci mengatakan…
Dua tahun pandemi mengubah kebiasaan, mungkin butuh 2 tahun juga untuk mengembalikan kebiasaan seperti semula. Atau malah meneruskan kebiasaan baru. Yang pasti kalau yang baik-baik layak diteruskan dan didukung. Apalagi untuk perkembangan diri... keren IDN
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Bener banget tuh, akan lebih mudah memahami kemauan konsumen jika kita meletakan diri sebagai konsumen.
Dengan demikian, kita bisa bikin campaign yang benar-benar bisa diterima buat para konsumen.
Keren deh IDN Creative ini
Maria G Soemitro mengatakan…
Ikut bangga dengan pencapaian dan kreativitas IDN Creative

Karena seluruh personil, dan tentu saja pemimpinnya kawula muda semua
Aisyah Dian mengatakan…
pasca pandemi kemarin IDN Creative banyak membuat beberapa perubahan ya kak, tentu saja untuk mengikuti perubahan gaya hidup masyarakat yang sudah terbiasa gara-gara pandemi kemarin
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Kayaknya bisa dipraktekkan juga untuk blog, ya. Bagaimana membuat tulisan yang menarik dan segar bagi pembaca. Apalagi sekarang semakin banyak yang membaca artikel digital
Nia K. Haryanto mengatakan…
Keren nih IDN, semakin hari semakin kreatif. Tapi memang ya, di zaman kayak sekarang, kreatif, terutama dalam hal digital campaign, kudu banget dilakuin. Kalo enggak, bisa ketinggalan. Saingan semakin banyak, sementara konsumen semakin selektif.
Annie Nugraha mengatakan…
Selalu suka dengan kata KREATIF. Mulai dari lahirnya, prosesnya hingga hasilnya. Mengadakan apapun yang berhubungan dengan dunia kreatif biasanya akan memberikan efek baik pada kejiwaan kita.
Fenni Bungsu mengatakan…
Digital marketing ini memang bermanfaat ya buat memasarkan produk. Maka trik dari IDN ini bisa kita terapkan juga, seperti di blog
Ila Rizky mengatakan…
Keren banget IDN mba. Buat tiap campaign digital marketing pasti ada kebutuhan yang berbeda dari para klien ya. Jadi harus disesuaikan dengan target marketnya juga. Ya, sama kayak jualan di dunia nyata, kita jualan pasti mau untung, jadi harus sesuaikan strateginya
Okti Li mengatakan…
Menunjukkan keunikan kita dalam sebuah campaign bisa jadi hal menarik bagi dewan juri. Meski kita standar siapa tahu hal itu yang jadi nilai lebih ya ...
Banyak ilmu baru nih gabung dengan IDN Creative
Mporatne mengatakan…
Makanya perlu banget kalender google jadi tahu ada apa yang seminggu ke depan biar bisa bikin konten kreatif
Dee_Arif mengatakan…
Di era digital seperti ini, digital campaign punya peran penting ya mbak
Apa yang dilakukan oleh IDN Media ini sangat inspiratif ya
Nanik nara mengatakan…
IDN media emang selalu menangkap peluang ya. maraknya digital marketing pun telah diantisipasi dengan lini IDN Creative.

Baca tips-tips di sini, kayaknya bisa ditiru juga lho buat bikin tulisan di blog, sehingga artikel kita selalu di lirik google di mesin pencari
Annisa Tang mengatakan…
Keren IDN ini. Sesuai namanya-lah ya? IDN Creative, semakin kreatif, terus berinovasi mengikuti perkembangan jaman.
andyhardiyanti mengatakan…
Salut ih sama sepak terjangnya IDN Creative. Semoga bisa senantiasa menciptakan ekosistem digital yang baik kedepannya. Kian kreatif dan memberikan banyak manfaat bagi netizen Indonesia, hingga dunia.
Goresan hati mengatakan…
IDN creative isinya orang orang kreatif dan pekerja keras. Pantas idenya selalu ada. Campaign digital yang dilakukan juga selalu sukses. Ternyata ini toh rahasianya. Semoga bisa nular ya kesuksesannya ke semua orang. Termasuk aku.
sylvianayy mengatakan…
Pandemi juga banyak positifnya ya, kerasa banget banyak orang meningkatkan soft skill dan digital skill untuk branding

Postingan populer dari blog ini

7 strategi menghindari resiko mata kering

Serunya Back to school with home credit Indonesia

[ blog review ] Film anak Indonesia terbaru "koki-koki cilik"

Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi