Hutan Jaga Bumi dari perubahan iklim

Perubahan iklim adalah perubahan jangka panjang dalam pola cuaca di seluruh dunia yang meliputi peningkatan suhu rata-rata global dan perubahan dalam pola hujan, angin, dan cuaca lainnya. Perubahan iklim disebabkan oleh aktivitas manusia seperti penggunaan bahan bakar fosil, deforestasi, dan pelepasan gas rumah kaca ke atmosfer.

Dilain sisi Hutan memiliki peran penting dalam mengatasi perubahan iklim. Selain sebagai sumber oksigen, hutan juga dapat menyerap karbon dioksida dari atmosfer, membantu mengurangi emisi gas rumah kaca, dan mencegah erosi tanah. Namun, ketika hutan ditebang atau terbakar, banyak karbon yang terikat dalam pohon dan tanah akan dilepaskan ke atmosfer, menyebabkan perubahan iklim semakin parah.

Deforestasi atau penurunan luas hutan di seluruh dunia saat ini adalah bagian dari penyebab perubahan iklim. Kebakaran hutan saat ini juga sering terjadi selama musim kemarau yang lebih panjang dan cuaca yang lebih panas. Kebakaran hutan juga akan memperburuk kenaikan suhu global dengan meningkatkan jumlah asap dan gas rumah kaca yang dilepaskan ke atmosfer.

Emma-Hutan Jaga Bumi dari perubahan iklim
Image forest, dokpri emma 

Fakta perubahan iklim

Perubahan iklim adalah sebuah fakta yang diterima secara luas di seluruh dunia dan berikut adalah beberapa fakta tentang perubahan iklim:

1. Temperatur Bumi meningkat, selama abad terakhir, rata-rata suhu Global meningkat 0,8 ° C dan diprediksi akan terus meningkat.

2. Penyebab perubahan iklim utama adalah aktivitas manusia, peningkatan emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida, metana, dan lainnya disebabkan oleh aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil dan deforestasi.

3. Perubahan iklim mempengaruhi banyak aspek kehidupan, termasuk pola cuaca, tingkat suhu dan curah hujan dan juga berdampak pada sumber daya alam dan lingkungan hidup serta aktivitas manusia.

4. Tindakan harus diambil untuk mengatasi perubahan iklim, perlu adanya perhatian dan kesadaran secara global untuk menangani perubahan iklim, termasuk meningkatkan operasi energi terbarukan dan mengurangi konsumsi bahan bakar fosil.

5. Kita dapat mengambil tindakan untuk mengatasi perubahan iklim dan beberapa tindakan yang dapat diambil adalah pengurangan dalam penggunaan energi, pemanfaatan dan menanam pepohonan, dan memanfaatkan transportasi ramah lingkungan intinya #TeamUpForImpact

Kesadaran tentang perubahan iklim penting bagi setiap orang karena dampaknya akan berpengaruh pada kehidupan kita dan generasi selanjutnya #MudaMudiBumi

Dampak perubahan iklim

Perubahan iklim dapat berdampak pada beragam aspek kehidupan manusia dan lingkungan. Berikut adalah beberapa dampak perubahan iklim:

1. Kenaikan permukaan air laut, akibat pemanasan global dapat menyebabkan banjir dan kerusakan pada pesisir dan wilayah yang berada di bawah permukaan laut.

2. Perubahan iklim dapat menyebabkan cuaca yang lebih ekstrem, dari banjir, kekeringan, badai, hingga gelombang panas yang menghantam bumi.

3. Dampak lain perubahan iklim dapat mengganggu ekosistem dan menyebabkan kepunahan atau migrasi paksa hewan dan tumbuhan.

4. Perubahan iklim pun dapat menyebabkan dampak kesehatan seperti meningkatnya risiko penyebaran penyakit, dan meningkatnya polusi udara dan air.

5. Selain itu dampak perubahan iklim dapat mengganggu produksi pangan dan menyebabkan kelangkaan pangan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil tindakan untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Ini dapat dilakukan dengan memperhatikan gaya hidup yang ramah lingkungan, mempromosikan energi terbarukan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memelihara lingkungan hidup.

Emma-Hutan Jaga Bumi dari perubahan iklim
Duduk santai dibawah rindangnya pohon, dokpri emma 

Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat diambil untuk mengurangi dampak perubahan iklim:

1. Gunakan sumber daya energi terbarukan 

Alihkan penggunaan energi dari bahan bakar fosil ke sumber energi yang terbarukan, seperti energi matahari, angin dan air, hal ini dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca. Selain itu, investasi dalam teknologi energi terbarukan dapat menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi

2. Kurangi emisi gas rumah kaca

Kurangi penggunaan bahan bakar fosil dalam kendaraan dan transportasi, dan gunakan listrik yang dihasilkan dari sumber energi terbarukan.

3. Mengurangi pembangkitan sampah

Pilih untuk membeli dan menggunakan produk yang mudah didaur ulang, kurangi penggunaan satu-satunya penggunaan plastik, dan tingkatkan praktik penggunaan kompos di rumah.

4. Mengolah limbah dan sampah secara benar

Pastikan mengolah limbah dan sampah baik di rumah maupun di tempat umum dapat membantu mengurangi emisi. Seperti dengan memilah sampah, gunakan baterai pulsa handphone yang hemat, atau mendaur ulang kertas atau botol plastik.

5. Mengubah gaya hidup

Misalnya, kurangi konsumsi produk berkemasan plastik dan makanan yang harus diangkut jarak jauh. Selain itu, dapat mengurangi penggunaan air dan listrik dengan memperbaiki keran bocor dan memilih peralatan rumah tangga yang hemat energi.

6. Meningkatkan kesadaran dan mendukung inisiatif lingkungan

Dukung usaha lokal dan mitra bisnis yang berkomitmen pada praktik ramah lingkungan, dan berpartisipasi dalam proyek-proyek dan gerakan sukarela yang mendukung pengurangan emisi gas rumah kaca.

7. Mengurangi pembalakan hutan

Kita dapat mengurangi penggunaan kayu dan produk turunannya, dan mempromosikan penggunaan bahan alternatif, seperti model bisnis kayu yang berkelanjutan, atau memilih produk berefek jerafat hutan.

8. Meningkatkan transportasi publik

Dengan meningkatkan sistem transportasi publik, seperti jalur bus rapid transit (BRT), kereta api, atau sepeda listrik, dan mengurangi penggunaan mobil pribadi, kita dapat mengurangi atau menghindari emisi gas rumah kaca dari kendaraan.

Dengan mengambil tindakan-tindakan ini, kita dapat memperbaiki dampak perubahan iklim pada bumi dan lingkungan, serta menciptakan dunia yang lebih baik untuk generasi selanjutnya. Berikut ini beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim:

Penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan. Kami dapat mempromosikan perilaku hidup yang ramah lingkungan, seperti pengurangan konsumsi energi dan penggunaan produk yang ramah lingkungan. Selain itu, menunjukkan dukungan pada produk dan layanan yang berkelanjutan dapat menghasilkan perubahan yang lebih besar.

Emma-Hutan Jaga Bumi dari perubahan iklim
Image forest, dokpri emma 

Demikianlah, dalam hal ini, saya ingin mengambil kesempatan untuk mengajak semua orang #BersamaBergerakBerdaya melakukan tindakan nyata dalam mengatasi perubahan iklim. Tidak ada yang terlalu kecil atau sederhana dalam memberikan kontribusi pada lingkungan, dan tindakan apa pun yang kita ambil dapat membuat perbedaan. 

Bumi kita senantiasa memberikan kehidupan dengan segala keindahan dan kekayaannya. Sebagai makhluk hidup, tanggung jawab kita adalah untuk menjaga bumi ini, menjaga lingkungan hidup kita dan menciptakan bumi yang lebih sehat dan lestari bagi generasi mendatang.Ingatlah apapun tindakan yang kita lakukan pada bumi, maka akan berbalik pada diri kita sendiri.  

Mari kita bersama-sama memperbaiki cara hidup kita, mempromosikan kesadaran lingkungan, dan bekerja keras untuk melindungi bumi kita yang tercinta. Kita hanya punya satu bumi, jadikanlah kita orang-orang yang berhenti merusak, memulihkan kerusakan dan menjaga keberlanjutannya hanya #UntukmuBumiku Yuk share mimpi kamu terhadap penanganan isu perubahan iklim dan perlindungan hutan, jangan lupa tulis di kolom komentar ya, see you.









Komentar

Susi Susindra mengatakan…
Dampak perubahan iklim makin lama makin "menggigit" bahkan bisa sangat berbahaya bagi manusla. Saya termasuk yang melakukan 8 tindakan penting di atas.
Semangat berbagi dan semoga semakin banyak yang mengikuti aksi kita
lendyagasshi mengatakan…
Hutan dengan pohon-pohon yang tinggi saat ini semakin langka ditemuin. Rasanya jadi super happy kalo bisa main ke hutan. Karena manfaatnya sangat besar untuk bumi dan kseimbangan alam. Dengan langkah kecil kita, semoga sedikit demi sedikit bisa memperbaiki alam yang mulai tidak baik-baik aja.
Aprillia Ekasari mengatakan…
Efek perubahan iklim sangat terasa ya sekarang. Hujan yang biasanya bulan segini turun sekarang gak turun2. Sebagai bagian dari masyarakat emang gak boleh abai kudu ikut mikirin dan kasi kontribusi ya buat menjaga lingkungan supaya gak rusak makin parah.
OutBox mengatakan…
Hutan bukan hanya tempat pohon tumbuh, tapi penjaga bumi dari perubahan iklim.
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Aku setuju kak kalau hutan menjadi salah satu penangkal perubahan iklim. Hutan kan penghasil oksigen dan penyaring emisi, jadi semakin banyak hutan maka semakin besar pula potensi penurunan emisi. Semoga hutan kita bisa diusahakan meluas dan lebih banyak orang peduli kelestariannya
Fenni Bungsu mengatakan…
Jaga hutan biar tetap hijau dan upaya agar tidak lagi terjadi karhutla bisa nih sebagai langkah untuk meminimalisir kerusakan hutan. Karena kalo hutannya terganggu dampaknya ke perubahan iklim juga ya
arintastory.com mengatakan…
Di kosku temenku yang lama karena gak banyak pohon jadi panas, setelah dia pindah ke kosan yang baru yang ada tamannya dan pohon2 rindang kok jadi seger

Bayangkan betapa berartinya pohon2 di hutan kita yang mampu menjaga alam dari laju perubahan iklim
bu guru mengatakan…
Merubah gaya hidup ini paling bisa dilakuin sama pribadi masing masing ya kak. Harus dimulai biar anak cucu kita nanti masih bisa menikmati keindahan bumi dan kekayaannya.

Postingan populer dari blog ini

7 strategi menghindari resiko mata kering

Serunya Back to school with home credit Indonesia

[ blog review ] Film anak Indonesia terbaru "koki-koki cilik"

Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent untuk Tenaga kesehatan dan kelompok Rentan

11 Tahun KEB, Berjejak dan Berbagi