Ketahanan Pangan dengan Superqurban Rumah Zakat

Assalamualaikum, jumpa lagi dengan info terbaru Rumah Zakat, yang kali ini mengambil tema "manfaat kurban anda bergerak nyata untuk Indonesia". Kurang lebih sekitar 23 hari kedepan kita akan merayakan idul Adha, negara kita ini mempunyai keunggulan potensi ibadah dari umat muslim dalam hal berqurban, dimana dapat memberikan kontribusi kebaikan dengan meningkatkan asupan gizi pada masyarakat.

Emma-Ketahanan Pangan dengan Superqurban Rumah Zakat
Dokpri Emma 

Saat ini masyarakat juga dapat berkontribusi pada saat terjadinya krisis ataupun juga rawan pangan, serta juga dapat berkontribusi dalam membantu masyarakat yang terkena musibah dan bencana. Nah salah satu potensi yang luar biasa ini adalah melalui ibadah qurban, dan tentu rumah zakat ingin menghadirkan lebih banyak lagi manfaat-manfaat yang dapat diberikan ataupun dihadirkan oleh para pemberi qurban. 

Alasan diatas tadi menjadi latar belakang rumah zakat mengambil tema qurban tahun ini, dengan menitik beratkan bahwa qurban Anda bermanfaat dan manfaat qurban anda bergerak nyata untuk Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Bapak presiden Jokowi, hal ini terkait dengan kondisi pangan di dunia maupun juga di Indonesia. Beliau mengatakan "krisis pangan ini ada di mana-mana dan terdapat sekitar 345 juta orang di dunia terancam kelaparan" dan tentu ini menjadi salah satu tantangan bagi kita semua agar manfaat qurban kita dapat menjadi solusi terkait dengan kondisi yang disampaikan oleh Bapak presiden.

Emma-Ketahanan Pangan dengan Superqurban Rumah Zakat
Presiden Jokowi dok by fenni

Belajar dari Kisah Nabi Yusuf Sebagai Solusi Ketahanan Pangan

Lalu bagaimana mengahadapi krisis pangan ini? salah satu cara adalah kita dapat belajar dari kisah Nabi Yusuf alaihissalam, dimana beliau menyampaikan ataupun mengajarkan kepada kita bagaimana menghadapi saat krisis pangan. Caranya adalah dengan mengoptimalkan produksi pangan, pengaturan managemen ekonomi, mitigasi bencana hingga prediksi cuaca.

Saat ini kita memasuki musim kemarau yang lebih panjang dibanding dengan tahun sebelumnya, yang tentunya juga berdampak kepada kondisi ketahanan pangan di Indonesia dan sebagai antisipasi dalam menghadapi musim kemarau yang panjang di tahun 2023 ini. Rumah Zakat bersama dengan mitranya mengelola dan mendistribusikan Superqurban jutaan ton daging sapi dari sumber-sumber qurban ke beberapa target lokasi rawan pangan, dan inilah alasannya.

1. Indonesia terletak diantara 2 lempeng tektonik dimana menjadikan negara kita rawan bencana, maka pendistribusian daging qurban di pusatkan kepada daerah rawan bencana, contohnya seperti Cianjur ataupun juga ke titik-titik bencana lainnya.

2. Pada daerah rawan panas, Indonesia ini memang luar biasa alamnya ada sebagian daerah yang rawan panas tapi sebagian lainnya dengan curah hujan tinggi. Hal ini juga menjadi concern Rumah Zakat untuk menyalurkan qurban.

3. Bagaimana mendistribusikan daging qurban dari kota-kota besar yang mengalami surplus daging kurban, kepada desa atau daerah yang minim untuk menerima daging qurban.

4. Menyalurkan pada penerima manfaat di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) di Indonesia, rumah zakat pun menjangkau serta mendistribusikan hewan kurban atau daging kurban ini kepada masyarakat yang tinggal di wilayah 3T tersebut.

Emma-Ketahanan Pangan dengan Superqurban Rumah Zakat
Narasumber beserta produk kemasan daging qurban dok by fenni 

Tahapan Rumah Zakat mengelola daging Qurban

Jadi ini adalah program lanjutan yang saling berkaitan dari program pemberdayaan lainnya oleh Rumah Zakat, yaitu program desaku Berqurban dimana rumah zakat membantu masyarakat untuk menjalani prosesnya. Adapun tahapan yang dilakukan oleh Rumah Zakat dalam mengelola daging qurban antara lain:

1. Tentunya mempersiapkan hewan qurban yang baik dengan mengikuti standar ketentuan Syariah yang dapat kita lihat dari sisi kesehatan hewan itu sendiri.

2. Hewan qurban itu disembelih sesuai dengan waktu hari raya idul Adha dan hari itu dipotong tentunya sesuai dengan syariah dan juga mengikuti aturan-aturan dalam pemotongan hewan.

3. Selanjutnya adalah pengolahan daging qurban, Rumah Zakat juga mempunyai program-program pemberdayaan daging qurban yang di olah dalam bentuk kemasan yang lebih praktis untuk dapat segera dinikmati oleh para penerima manfaat dalam bentuk makanan siap makan. Adapun sajian itu berupa kornet, rendang dan yang terbaru adalah kari sapi.

Emma-Ketahanan Pangan dengan Superqurban Rumah Zakat
Kemasan daging Superqurban dok by emma 

Untuk pendistribusiannya melibatkan para relawan, tahun 2023 ini Rumah Zakat menargetkan minimalnya sekitar 15.000 pemberi qurban yang ikut berpartisi melalui program aplikasi qurban Rumah Zakat, Harapannya adalah dari partisipan tadi ada 200.000 hingga 300.000 penerima manfaat yang dapat merasakan daging qurban. Program qurban Rumah Zakat insyaallah dapat mendistribusikannya pada provinsi-provinsi yang ada di Indonesia melalui jejaring kantor cabang Rumah Zakat dan melalui jejaring mitra penyalurannya.

Rumah Zakat dengan dukungan pemerintah bersinergi dalam membantu saudara-saudara kita di negara-negara lain juga dalam bentuk kemasan seperti, kornet, rendang dan insya Allah kita yang hadir tahun ini adalah kari sapi sesuai dengan harapan rumah zakat tahun ini yaitu manfaat kurban anda bergerak nyata untuk Indonesia.

Alasan Koh Dennis Lim berqurban di Rumah Zakat 

Setelah mengalami pemikiran panjang yang maju mundur, akhirnya Koh Dennis Lim sebagai duta qurban Rumah Zakat mantap mengikuti qurban pada tahun 2017 untuk pertama kalinya. Lanjut Koh Dennis mengatakan bahwa "Iya betul kadarullah memang tidak sedikit lembaga yang mengajak untuk program kurban lainnya tapi akhirnya saya berlabuh pada Rumah zakat" adapun alasan memilih rumah zakat ialah:

1. Daging qurbannya itu diolah menjadi bentuk-bentuk yang lebih manfaat sehingga dengan mudah tersebar menjangkau ke daerah pelosok dan dengan mudahnya mengatasi segala keterbatasan. 

2. Biasanya hewan qurban setelah disembelih ditempat, kalau didistribusikan dalam bentuk daging mentah yang dikemas dengan plastik kemudian dibawa ketempat yang jauh kemungkinan sampai dilokasi yang dituju diperkirakan sudah tidak layak untuk dikonsumsi dan terobosan rumah zakat akan kebermanfaatannya ini menyentuh hati Koh Dennis Lim.

3. Mengangkat perekonomian para peternak di daerah hingga akhirnya mereka punya penghasilan dan dapat ikut beramal sholeh dengan turut mengembangkan hewan ternak menjadi lebih baik.

4. Edukasi untuk seluruh umat muslim termasuk kaum millenial agar turut berqurban sejak dini tanpa harus menunggu dan membuang-buang waktu karena banyaknya alasan yang timbul.

5. Dokumentasi data rumah zakat jelas, lengkap dan transparan, aplikasi tersebut dapat memfasilitasi dan inovasi semua program-program baik lainnya.

Emma-Ketahanan Pangan dengan Superqurban Rumah Zakat
Koh Dennis Lim, duta qurban Rumah Zakat dok, by emma 

Cara Berqurban via aplikasi Rumah Zakat 

Jika sudah berniat untuk berqurban dengan ikhlas karena Allah taala, maka semua jalan akan dimudahkan seperti ikut qurban di Rumah zakat yang cukup dengan klik di www.rumahzakat.org lalu kita lanjut dengan mengklik fitur desaku Berqurban lanjut tahapan layaknya kita berbelanja di e-commerce. Apabila si pemberi qurban menginginkan 1/3 haknya maka cukup dengan mengklik di aplikasi dan mencantumkan alamat maka daging qurban bentuk kemasan tadi siap untuk dikirimkan. 

Pemanfaatan teknologi yang digunakan saat ini, membuat daging qurban dalam kemasan lebih praktis dan higienis, sedangkan untuk daya tahannya adalah 2 tahun untuk kemasan rendang dan 3 tahun untuk kemasan kornet. Kemasan daging qurban seperti ini praktis, mudah untuk pendistribusian dan turut andil menjaga ketahanan pangan nasional dengan begini manfaat qurban kita bergerak nyata untuk Indonesia terasa manfaatnya.
















13 komentar

Maria G Soemitro mengatakan…
Sangat bermanfaat ya program Rumah Zakat ini

Masih banyak saudara-saudara kita di kawasan terpencil yang jarang mengonsumsi protein hewani

Dengan adanya program daging kurban Rumah Zakat, mereka bisa merasakan daging seperti masyarakat perkotaan
Imawan mengatakan…
Iya tidak terasa sebentar lagi kita akan merayakan Idul Adha ya, dan pada momen ini menjadi kesempatan bagi kita yang mampu untuk berkurban, dan sekarang berkurban makin mudah seperti bisa lewat Rumah Zakat ini yang nanti penyalurannya kurbannya bisa sampai ke daerah 3T, jadi sangat membantu masyarakat pelosok yang mungkin jarang makan daging ya.
sumiyati sapriasih mengatakan…
Hmm ... sekarang ada cara lebih mudah ya ... untuk berkurban tanpa repot, Yuk kita berkurban ke Rumah Zakat lebih praktis.
Bayu Fitri mengatakan…
Dengan hadirnya Superqurban bisa menjadi pilihan bagi masyarakat dalam memilih cara berkurban ya kak. Apalgi jangkauan kurbannya kalau melalui Superqurban bisa lebih luas
www.kisahsejati.com mengatakan…
Sekarang berkurban jadi dipermudah ya.Bisa melalui aplikasi. Untuk kita yang memiliki rejeki lebih mari diniatin untuk berkurban.

Salam: Dennise Sihombing
Fenni Bungsu mengatakan…
Daging qurban yang sudah dikemas apik di Superqurban jadinya memudahkan untuk didistribusikan kepada penerima manfaat. Keren ini idenya
Dian Restu Agustina mengatakan…
Hadirnya Superqurban Rumah Zakat bisa jad solusi saat beribadah qurban. Lebih meluas pastinya manfaat karena daging qurban dikemas dengan praktis dan higienis dan tahan sampai 2 atau 3 tahun.
Ayah Ugi mengatakan…
Inovasi program dari rumah zakat selalu menjadi solusi,dan memberikan kemudahan bagi semua orang dalam menunaikan ibadah,slaah satunya qurban
Dee_Arif mengatakan…
Superqurban memudahkan masyarakat untuk berqurban sekaligus menyebarkan daging kurban secara merata ya mbak
lendyagasshi mengatakan…
Salah satu yang terbaik, Rumah Zakat ini mampu mejawab kebutuhan umat.
gak hanya untuk jangka pendek tapi juga kebermanfaatannya jangka panjang. Karena pengolahan daging kurban yang baik dan amanah.
Barakallahu fiikum, RZ.
Santi Suhermina mengatakan…
Hari raya qurban menjadi salah satu moment yang paling ditunggu muslim di dunia. Untuk berqurban sekarang sudah semakin mudah aja. Dengan inovasi kek gini bikn idul adha jadi lebih bermakna buat saudara 2 kita di luar sana
Ainun mengatakan…
sekarang untuk berkurban juga makin praktis ya mbak, bisa melalui Rumah Zakat.
Kita bisa berbagi kebahagiaan dengan sodara-sodara yang lain yang membutuhkan
sylvianayy mengatakan…
wah bisa jadi pilihan mudah dan praktis nih buat teman-teman yang mau berkurban dengan mudah dan insyaallah amanah ya...
Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *