Tujuh Detik Saja bergerak nyata bersama Rumah Zakat

Assalamualaikum hai apa kabarnya? Sebentar lagi Ramadhan tiba, sudah membuat rencana-rencana apa saja nih dalam mengejar pahala? hmm pasti sudah banyak dong. Nah saya mau bagiin informasi menarik yang tentunya patut untuk disimak.

Emma-Tujuh detik saja bergerak Nyata bersama Rumah Zakat
Design canva by Emma 

Menginjak usia 25 Tahun, Rumah Zakat meluncurkan gerakan Ramadhan Kejar Pahala #BergerakNyata untuk Indonesia, dengan target membahagiakan 1 juta penerima manfaat mulai dari Aceh hingga Papua. Ramadhan Kejar Pahala #BergerakNyata untuk Indonesia merupakan program istimewa yang dilaksanakan oleh Rumah Zakat selama momentum Ramadhan, dengan variasi menu program diantaranya adalah, Berbagi Ifthar, Infak Sembako Keluarga, Syiar Qur’an, Sedekah Takjil, Sajadah baru untuk Masjid, dan Ramadhan membebaskan Hutang.

Pada tahun 2022 yang lalu, bersama donatur dan para mitra, Rumah Zakat memberdayakan 1,5 juta penerima manfaat, dan sebanyak 19,5% penerima manfaat dari program ekonomi Rumah Zakat denga target keluar dari garis kemiskinan, dan mengalami peningkatan kesejahteraan. Di tahun 2023, Rumah Zakat memasang target minimal 15% penerima manfaat keluar dari garis kemiskinan.

Dalam rangka untuk menyambut bulan suci Ramadhan, Rumah Zakat membuat Gerakan Bersih-bersih 1000 Masjid di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah membuat masjid menjadi nyaman saat digunakan untuk beribadah di bulan Ramadhan. Selain membersihkan masjid, rumah zakat pun menyalurkan karpet masjid dan juga Al Qur’an yang merupakan amanah dari para donatur, ungkap CEO Rumah Zakat Irvan Nugraha.

Emma-Tujuh detik saja bergerak Nyata bersama Rumah Zakat
Image by Salman Al farisi 


Aplikasi 2.0 Rumah Zakat telah diluncurkan 

Jelang bulan suci Ramadhan, Rumah Zakat meluncurkan App 2.0 yang bertujuan agar dengan aplikasi ini, para donatur dapat melakukan lacak zakat, memperoleh laporan zakat, menghitung zakat dengan kalkulator zakat, hingga kemudahan menunaikan zakat dan beragam program baik Ramadhan ini. Saat ini Rumah Zakat App sudah dapat diunduh di Google Play dan AppStore pada smartphone yang kita miliki.

Narsum menunjukan aplikasi 2.0 Rumah Zakat, dok emma

App Rumah Zakat untuk pertama kalinya dirilis bulan Desember 2022 lalu, dan alhamdulillah kini sudah memiliki 5000 pengguna aktif. Aplikasi ini hadir sebagai bentuk transparansi zakat dari para donatur dengan harapan mereka bisa mengetahui laporan dana zakat, infak, sedekah yang diamanahkan kepada Rumah Zakat. Spesial di bulan Ramadhan ini, terdapat menu donasi khusus Ramadhan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.


Launching Lagu religi yang berjudul Tujuh Detik Saja

Bulan puasa tahun ini Rumah Zakat berkolaborasi dengan musisi Dwiki Dharmawan dan mubaligh Ustaz Erick Yusuf telah meluncurkan lagu religi terbaru yang bertajuk Tujuh Detik Saja. Single ini menceritakan tentang penyesalan seorang hamba yang telah mati karena menyianyiakan waktu saat hidup di dunia. 

Kolaborasi musik ini bertujuan mengedukasi masyarakat khususnya umat muslim untuk mengoptimalisasikan keutamaan ramadan sebagai momen mengejar pahala sebanyak-banyaknya. Salah satunya adalah dengan berbagi dan #BergerakNyata di Bulan Ramadhan. Single ini merupakan single religi pertama dengan format FMA (Fractional Music Asset) dan dapat diakses melalui http:// netra.live/ dan juga pada 30 Platform DSP utama.

Hasil pendapatan dari kolaborasi lagu religi ini nantinya rumah zakat akan mendapat pembagian 40% yang nantinya akan dibagikan kembali kepada seluruh penerima manfaat yang berhak mendapatkannya.

Banyak sudah program-program bergerak nyata dari rumah zakat yang telah dilakukan, menunaikan amanah kepada yang berhak untuk mendapatkan pun telah dikerjakan. Saat bulan yang penuh Rahmat semesta alam menyapa umatnya untuk lebih banyak beribadah. 

Emma-Tujuh detik saja bergerak Nyata bersama Rumah Zakat
Fadhil Netralive, dokpri emma 

Pada kesempatan preskon kemarin, Fadhil selaku perwakilan dari netra live mengatakan bahwa senang membantu dan ikut mendorong program bergerak nyata dengan tujuan agar para penikmat musik saat mendengarkan lagu religi ini dan juga tergerak untuk berzakat. Kolaborasi seperti ini adalah pertama kalinya bukan hanya bagi Netra live akan tetapi juga bagi musisi Dwiki Dharmawan dan rumah zakat.

Pada kesempatan yang sama musisi Dwiki Dharmawan mengatakan bahwa menyambut Ramadhan dengan melakukan kolaborasi dalam menggarap aransemen lagu Tujuh detik saja ini, adalah suatu ajakan kebaikan yang harus di apresiasi karena bertepatan dengan suasana menjelang ramadhan ini.

Sedangkan Ustadz Erick Yusuf yang pencipta dan sekaligus yang menyanyikan lagu Tujuh detik saja mengungkapkan bahwa, lagu ini berisi ajakan agar selama kita hidup banyak berbuat kebaikan dan bergerak nyata dalam mengejar pahala Ramadhan dengan cara membayar zakat yang tentunya berguna bagi sesama kita yang sangat membutuhkan.

Emma-Tujuh detik saja bergerak Nyata bersama Rumah Zakat
Performance Ustadz Erick Yusuf dan Dwiki Dharmawan 

Lirik lagu dengan menggunakan doa nabi Adam As yang terdapat dalam Alquran surat Al A'raf ayat 23 ini, telah banyak digunakan oleh musisi sebelumnya seperti lagu dari Almarhum Uje. Betapa dalamnya doa yang berisi penyesalan dan harapan seorang hamba pada sang Pencipta alam semesta, dan inilah isi doanya "Robbana Zholamna anfusanaa wa ilam taghfirlanaa watarhamnaa lanakunanna minal khashirin"

yang artinya :

Ya Tuhan kami, Kami telah zholim pada diri sendiri. Bila engkau tidak mengampuni dosa-dosa kami dan tidak merahmati kami maka kami termasuk orang-orang yang merugi.


Dalam doa Nabi Adam As ini terselip makna yang dalam bahwa Nabi Adam menyesali perbuatan zholimnya pada diri sendiri karena telah melanggar larangan Allah. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa Nabi Adam As melanggar perintah itu karena bisikan Syaithan. Banyak pelajaran yang bisa kita petik dari kejadian tersebut. Diantaranya adalah bila ada permasalahan hidup yang teramat sulit kita hadapi maka "Jangan" pernah menyalahkan orang lain.


Semua permasalahan timbul karena perbuatan kita sendiri yang telah lalai atau khilaf. Maka hanya dengan memohon ampun, bertobat dan melakukan amal ibadah pada Allah SWT lah kuncinya agar kita terlepas dari semua permasalahan buruk dalam hidup kita. Amal ibadah adalah teman sejatinya kita nanti setelah mati, Nah untuk itu kita manfaatkan waktu yang masih ada dengan menebar banyak kebaikan. kuy lah bersama kita menyambut Ramadhan kejar pahala sebanyak-banyaknya dengan bergerak Nyata bersama Rumah Zakat! Billahi Taufik wal Hidayah wassalamu'alaikum warahmatullahi wa Barakatuh.





Komentar

Farida Pane mengatakan…
Penasaran pengin tahu lirik lengkapnya. Sebenarmya tujuh detik itu bisa digunakan untuk apa, ya?
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Menarik banget nih aplikasi rumahzakatnya. Kita jadi nggak perlu ke luar rumah lagi buat bayar zakat. Bisa dilakukan dari rumah plus kita tahu penyaluran nya gimana...
Keke Naima mengatakan…
Alhamdulillah ada Gerakan bersih-Bersih Masjid yang digagas Rumah Zakat. Memang Masjid biasanya lebih ramai di bulan suci ini. Tentu masjid yang nyaman membuat jamaah betah
www.kisahsejati.com mengatakan…
Lagu yang bermakna ya,memberikan spirit untuk pendengar.Selagi masih ada rejeki marilah kita berzakat untuk mereka yang membutuhkan.
Salam: Dennise Sihombing
Maria G Soemitro mengatakan…
Sangat bersyukur dengan keberadaan Rumah Zakat karena kita bisa menitipkan zakat infak sedekah dan wakaf pada lembaga yang amanah menyalurkan nya
Fenni Bungsu mengatakan…
Single dari ustad Erick jadi reminder diri dan senantiasa bisa mendawamkan juga doa Nabi Adam as ini. Sukses untuk Rumah Zakat dan kolaborasinya
Ayah Ugi mengatakan…
Menunaikan zakat, infak, swdekah akan makin mudah dengan adanya aplikasi ini ya, Kak. Keren inivasi Rumah Zakat dari waktu ke waktu makin terlihat
Aprillia Ekasari mengatakan…
Senang dapat kesempatan ketemu ustad Erick jadi tahu tentang makna doa Nabi Adam. Bagus banget syair Tujuh Detik Saja mengingatkan kita kalau ada kesempatan berbuat kebaikan sebaiknya jangan ditunda yaa.
Annie Nugraha mengatakan…
25 tahun tentunya bukan waktu yang singkat untuk terus berbenah diri dan berimprovisasi dalam beramal baik. Buktinya Rumah Zakat selalu hadir dengan program-program yang beragam dan mengikuti kebutuhan jaman. Luar biasa dan patut diacungi jempol. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi yang bisa digunakan sebagai sarana pengawasan. Para donatur jadi merasakan aman dan bisa menitipkan kepercayaan.
Ririn Wandes mengatakan…
Jadi pengen juga dengarkan lagu religi yang baru dilaunching nih. Kita pastinya semua ingin memaksimalkan ibadah selama bulan suci ramadan. Btw keren banget ya tetap membagikan hasil pendapatannya untuk kebaikan.
Dee_Arif mengatakan…
Inspiratif banget rumah zakat ini ya mbak
Mengajari kita bahwa berbuat baik itu mudah
Cukup 7 detik sudah bisa berbuat baik
nurul rahma mengatakan…
programnya rumah zakat memang terbaiikk
sangat inspiratif utk kita yaak
Khoirur Rohmah mengatakan…
Dwiki Dharmawan namanya tidak asing nih mbak, pnasaran lagu berjudul 7 detik ini deh,

Bagus nih gerakan bersih bersih masjid nya akan banyak berguna dan dirasakan manfaatnya pasti

Sekarang mau berbagi pun jadi lebih mudah ya mbak.. zaman teknologi sudah canggih, mau zakat pun bisa melalui aplikasi rumah zakat. Keren!
Mporatne mengatakan…
Lagu merupakan cara menyentuh hati biar taubat. Keren kolaborasi bersama ust Erick dan Dwiki Darmawan plus rumah zakat.
Reza Fahlevi mengatakan…
rumah zakat memang lembaga pengelolaan zakat yang inovatif dan amanah banget. pak sandiaga uno aja kalo aku ga salah mempercayakan gaji bulanan sebagai menterinya ke rumah zakat buat kemaslahan umat.
Irawati Hamid mengatakan…
ternyata berbuat naik itu gak susah yaa, Mba, cukup 7 detik aja kita udah bisa berbuat baik pada sesama. Keren nih rumah zakat
GE MAULANI mengatakan…
Keren banget ya kak Rumah Zakat ini, mengajak untuk senantiasa berbuat kebaikan. Mau zakat juga gampang banget apalagi udah meluncurkan aplikasi rumah zakat 2.0 nya. Lagunya juga cakep

Postingan populer dari blog ini

Serunya Back to school with home credit Indonesia

Magang 2012, Autisme pada Anak Bukanlah Sebuah Penyakit.

Krim Racik Zap Jaga Kecantikan Wajah

6 trik sukses gaya hidup sehat bersama Telkom Indonesia

[ blog review ] Film anak Indonesia terbaru "koki-koki cilik"